Annesha Merupakan konstributor yang kini sedang menempuh pendidikan S1 di Universitas Jendral Soedirman Purwokerto. Sangat Tertarik dengan dunia Komputer & Desain Grafis.

Tutorial Menggabung dan Memotong Objek di Coreldraw

cara menggabung dan memotong objek di coreldraw

Teknik menggabungkan dan memotong objek memang sudah tak asing lagi di dunia desain, baik itu yang menggunakan aplikasi Photoshop maupun Coreldraw. Teknik menggabung dan memotong objek termasuk dalam salah satu teknik dasar desain yang wajib kamu kuasai. Memang terdengar sederhana jika hanya menggabungkan dan memotong objek, namun dari teknik sederhana tersebut kamu bisa membuat desain yang cukup kompleks. Bahkan desainer level pro selalu menggunakan teknik-teknik dasar tersebut untuk membuat desain yang menakjubkan.

Tutorial menggabung dan memotong objek di Coreldraw biasanya digunakan pada dua bangun datar atau lebih. Seperti yang kita tahu bahwa jenis bangun datar berjumlah terbatas. Jika kita ingin membuat bangun datar dengan bentuk yang tak biasa, tentunnya kita harus membuat sendiri bangun datar tersebut dengan sedikit modifikasi dari teknik menggabung hingga menjadi bentuk sesuai dengan yang kita inginkan. Teknik memotong objek juga sering digunakan untuk membuat objek yang sesuai dengan yang kita inginkan. Terkadang kita juga perlu membuang sisi tertentu dari bangun datar untuk membuat bangun datar baru. Begitulah dunia desain, dengan kreativitas semua bisa dimodifikasi dan bersifat fleksibel.

TUTORIAL MENGGABUNG DAN MEMOTONG OBJEK DI CORELDRAW

cara menggabung dan memotong objek di coreldraw

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang teknik dasar menggabung dan memotong objek di Coreldraw. Harapannya setelah membaca artikel ini, kamu jadi lebih mengerti tentang teknik-teknik dasar yang ada di Coreldraw dan terus berlatih hingga bisa. Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

  1. Pertama-tama buka aplikasi Coreldraw yang sudah terinstall di komputer milikmu. Versi yang saya gunakan adalah Corel X7. Kemudian buka lembar kerja seperti biasa.
  2. Langkah berikutnya adalah buatlah dua objek yang berbeda sesuka kamu. Disini saya mencontohkan dengan objek segitiga dan persegi panjang. Caranya cukup klik “Rectangle Tool” dan “Polygon Tool” pada toolbox, kemudian buat objek sesuai keinginanmu. Untuk memudahkan proses selanjutnya, beri warna yang berbeda pada kedua objek tersebut dengan klik pada palet warna di sebelah kanan atau atas lembar kerja.
  3. Buat kedua objek tersebut saling menumpuk seperti pada gambar dibawah ini. Kemudian blok kedua objek tersebut. secara otomatis akan muncul menu baru pada property bar atau sebelah atas lembar kerja. Berikut penjelasan dari menu baru tersebut.

tutorial menggabung dan memotong objek di coreldraw

Weld        : menggabungkan objek

Trim          : memotong objek yang berada di bawah

Intersect   : menghasilkan objek baru yang saling tumpang tindih

Simplify   : memotong objek yang berada di bawah (mirip dengan fungsi trim)

Front Minus Back : memotong objek yang berada diatas dan objek dibawahnya akan hilang

Back minus front : memotong objek yang berada dibawah dan objek diatasnya akan hilang

Create boundary : menghasilkan garis tepi pada objek.

Baca juga :

Dengan memahami fungsi dari menu diatas, kamu bisa menggabung dan memotong objek sesuai keinginan. Kira-kira jika diterapkan hasil akhirnya akan seperti pada gambar dibawah ini.

cara menggabung objek di coreldraw

Bagaimana? Mudah bukan untuk dipahami maupun dipraktikkan? Untuk meggabungkan dan memotong objek memang ada beberapa menu diatas yang bisa kamu pilih, tiap menu juga memiliki hasil yang berbeda, jadi pilih yang dirasa cocok dengan kebutuhanmu.

Annesha Merupakan konstributor yang kini sedang menempuh pendidikan S1 di Universitas Jendral Soedirman Purwokerto. Sangat Tertarik dengan dunia Komputer & Desain Grafis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *