Tempatnya Ilmu Internet

Cara Menghilangkan Background Putih di Coreldraw

Menghapus background pada gambar dengan photoshop mungkin sudah biasa, namun bagaimana cara menghilangkan background putih di Coreldraw ? Kamu tentu pernah melihat gambar yang tidak memiliki background bukan? Biasanya gambar yang tidak memiliki background ini berformat png. Bagi kamu yang sudah lama berkecimpung di dunia desain mungkin sudah sering berurusan dengan gambar berformat png ini. Akan tetapi bagi pemula mungkin belum terlalu familiar dengan gambar berformat png dan apa kegunaannya.

Gambar tanpa background atau yang biasanya berformat png biasanya sering digunakan dalam proses membuat desain tertentu. Misalnya ketika kamu sedang membuat desain tertentu seperti poster atau backdrop biasanya memerlukan elemen gambar lain yang bisa didapatkan dengan mendownload di internet. Karena akan dimasukkan kedalam desain yang kamu buat, maka gambar tersebut harus tidak memiliki background. Memang banyak situs penyedia gambar berformat png yang menyediakan banyak gambar untuk keperluan desain. Namun, tidak semua gambar yang kamu butuhkan sudah tidak berbackground. Biasanya juga ada yang memiliki background putih. Solusinya adalah kamu harus menghilangkan background putih tersebut agar bisa dimasukkan kedalam desain yang kamu buat.

Menghilangkan background putih ataupun warna lain pada gambar memang bukan hal asing bagi desainer. Biasanya proses menghilangkan background putih ini menggunakan photoshop karena software tersebut berbasis pixel. Tapi tidak usah khawatir sob, karena kita juga bisa loh menghilangkan background putih di coreldraw walaupun kita tahu bahwa coreldraw merupakan aplikasi desain berbasis vektor. Penasaran? Berikut penjelasan lengkap mengenai cara menghilangkan background putih di coreldraw.

CARA MENGHILANGKAN BACKGROUND PUTIH DI CORELDRAW

Berikut ini adalah cara menghilangkan background warna putih atau warna lain di coreldraw, yang bisa kalian praktekkan sendiri.

  • Pertama-tama siapkan dulu gambar yang akan dihilangkan background putihnya. Buka software corel seperti biasa dan buka lembar kerja baru.
  • Langkah berikutnya adalah masukkan gambar yang sudah kamu siapkan tadi dengan menu insert (Ctrl+ I) atau cukup drag saja ke lembar kerja.

cara menghilangkan background putih di coreldraw

  • Langkah berikutnya adalah mengubah gambar ke bitmap. Caranya klik pada menu bar Bitmaps > Convert to bitmap. Kemudian akan muncul dialog, sesuaikan dengan gambar berikut kemudian klik OK.

  • Selanjutnya klik Edit Bitmap pada bagian atas lembar kerja. Kemudian akan muncul lembar kerja pada Corel Photo Paint secara otomatis. Corel Photo Paint merupakan aplikasi bawaan Corel yang berbasis pixel, mirip seperti Adobe Photoshop.

  • Kemudian langkah berikutnya adalah dengan menghilangkan background putih. Caranya klik pada toolbox Magic Wand Mask kemudian kursor akan berbentuk magic wand. Klik pada background putih yang ingin kamu hilangkan. Kemudian klik Delete pada keyboard. Lalu klik save. Untuk melihat hasilnya, kamu bisa tutup Corel Photo Paint dan beralih ke Coreldraw.

  • Hasilnya kurang lebih akan seperti ini. Jika sebelumnya masih terdapat background putih, kini gambar tersebut sudah tidak memiliki background.

cara menghilangkan background di coreldraw

cara menghilangkan background putih di coreldraw

Lihat juga : Cara Mudah Membuat Denah Undangan di Coreldraw

Itulah tadi cara menghilangkan background putih di coreldraw. Mudah bukan? Jadi, tidak perlu khawatir jika kamu memang belum terlalu mahir dalam dunia desain. Kini kamu jadi tahu bahwa ternyata corel juga bisa digunakan untuk menghilangkan background putih. Sebenarnya bukan background putih saja yang bisa dihapus dengan tool Magic Wand Mask, akan tetapi warna lain juga bisa loh, asalkan warnanya jelas dan solid.

Demikian artikel mengenai cara menghilangkan background di coreldraw. Semoga artikel diatas dapat membantu kamu dalam membuat desain tertentu dan bermanfaat juga bagi orang lain. Terima kasih dan selamat belajar desain.

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.