Annesha Merupakan konstributor yang kini sedang menempuh pendidikan S1 di Universitas Jendral Soedirman Purwokerto. Sangat Tertarik dengan dunia Komputer & Desain Grafis.

Cara Mudah Membuat Denah Undangan di Coreldraw

cara membuat denah undangan di Coreldraw

Pernahkah kamu memperhatikan undangan yang pernah diterima, dan kepikiran cara membuatnya ? Cara membuat denah undangan di Coreldraw, bisa anda coba praktekkan sendiri sebagai praktek belajar desain grafis coreldraw. sebagai Biasanya pada bagian belakang undangan disisipi denah lokasi dimana acara berlangsung. Memang tidak semua undangan menyertakan denah didalamnya, namun jika ada denah lokasi tentu akan lebih memudahkan tamu untuk menemukan lokasi acara, terutama tamu dari jauh yang belum tahu persis daerah kamu tinggal.

Seperti yang kita tahu bahwa fungsi denah lokasi ini cukup penting loh sob. Dengan adanya denah tersebut akan memudahkan tamu yang belum tahu lokasi untuk dapat datang tepat waktu ke acara. Kebayang kan kalau nggak ada denah lokasi, pasti akan memakan waktu lebih lama untuk menemukan lokasi acara. Walaupun identik dengan undangan, denah lokasi sebenarnya memiliki manfaat yang lebih luas loh sob. Artinya,  bukan hanya undangan hajatan saja yang membutuhkan denah lokasi, tapi acara-acara penting lainnya juga sebenarnya memerlukan denah lokasi agar mudah mencari lokasi acara tersebut.

Jika memesan undangan di percetakan biasanya kita ditentukan pilihan akan melampirkan denah lokasi atau tidak. Jika ingin melampirkan, percetakan akan membuatkan denah lokasi sesuai dengan yang kamu tentukan. Namun, pembuatan denah ini biasanya akan memerlukan biaya tambahan. Jika kamu bisa membuat denah undangan di corel sendiri, kenapa harus mengeluarkan uang? Tapi tenang saja sob, kamu tidak harus menjadi ahli dalam desain jika ingin membuat denah lokasi ini.

CARA MEMBUAT DENAH UNDANGAN DI CORELDRAW

Yuk langsung saja, berikut adalah step by step cara membuat denah undangan di Coreldraw.

  • Langkah pertama adalah pastikan kamu sudah menggambar denah pada kertas terlebih dahulu agar memudahkan ketika mulai pengerjaan menggunakan coreldraw. Siapkan juga software Corel dan buka lembar kerja baru seperti biasa.
  • Kemudian kita mulai dengan membuat gambar jalan menggunakan Rectangle Tool. Buatlah gambar persegi panjang dan tentukan lebarnya. Disini saya menggunakan lebar 1 cm agar tampak serasi dan rapi.

cara mudah membuat denah undangan di Coreldraw

  • Jika semua jalan sudah tergambar maka akan seperti pada gambar dibawah ini.

cara buat denah undangan di Coreldraw

  • Agar terlihat lebih rapi, kita bisa membuat garis perpotongan menghilang sehingga semua persegi panjang seakan menyatu. Caranya blok semua persegi panjang, kemudian pilih Weld pada bagian atas lembar kerja. Hasilnya semua persegi panjang akan menyatu.

  • Langkah berikutnya adalah menambahkan simbol tempat yang akan dijadikan sebagai patokan. Simbol ini biasanya sudah terinstall otomatis di komputer. Cara memunculkannya cukup pilih Text > Insert Character pada menu bar. Kemudian akan muncul tab character di sebelah kanan lembar kerja.

  • Pilih jenis font Webding, kemudian klik dua kali untuk insert simbol. Secara otomatis simbol yang dimaksud sudah masuk dalam lembar kerja. Jangan lupa untuk menambahkan arah mata angin didalam denah.

  • Jika sudah, langkah berikutnya yaitu menambahkan keterangan pada setiap simbol seperti nama tempat, jalan, dan patokan.

  • Jika sudah, hasilnya akan seperti ini. Kamu juga bisa berkreasi dengan mengubah ketebalan jalan atau mengubah warnanya sesukamu.

cara membuat denah undangan di Coreldraw

Lihat juga : 

Bagaimana? Tidak sesulit seperti yang kamu bayangkan bukan? Dengan begitu, kini kamu sudah paham cara mudah membuat denah undangan di Coreldraw. Walaupun belum digunakan untuk membuat undangan sendiri, setidaknya kamu sudah bertambah ilmunya tentang desain ya sob.

Demikian artikel tentang cara membuat denah undangan di Coreldraw. Memang tidak terlalu sulit, tapi bisa menghemat budget jika kamu membuat undangan nantinya. Semoga bermanfaat.

Annesha Merupakan konstributor yang kini sedang menempuh pendidikan S1 di Universitas Jendral Soedirman Purwokerto. Sangat Tertarik dengan dunia Komputer & Desain Grafis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *