Senin, Juli 4, 2022
BerandaTips & TutorialLaptop Lemot? Yuk Selidiki Faktor Penyebabnya

Laptop Lemot? Yuk Selidiki Faktor Penyebabnya

Fungsi laptop yang kompleks dalam kehidupan di era sekarang ini membuat perannya sangatlah fital. Kendala seperti laptop lemot, sering ngeblank, dan masalah sejenisnya tentu akan menghambat aktivitas kalian ketika menggunakannya.

Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan laptop lemot dan sering ngelag sendiri, nah maka dari itu admin disini akan mencoba menjelaskan beberapa faktor yang menyebabkan laptop kalian menjadi lemot.

Faktor yang Menyebabkan Laptop Lemot

Seacara umum ada banyak faktor yang menyebabkan kinerja laptop menjadi lemot dan sering hang, nah beberapa faktor tersebut adalah sebagai berikut:

  • Kapasitas RAM yang Kecil

Masalah ini sering dialami para pengguna awam, RAM yang kecil mengakibatkan tidak mampu menjalankan aplikasi – aplikasi terbaru yang dirancang untuk perangkat laptop dengan spesifikasi tinggi, semisal kalian memiliki laptop dengan RAM 2GB, tapi menginstall corel draw versi 22, adobe premier, blender, dan sejenisnya tentu tidak akan mampu menjalankannya, dan jika terpaksa kalian jalankan pasti laptop akan sangat lemot atau hang.

Maka dari itu perlu laptop RAM besar supaya kinerja laptop bisa maksimal, terlebih buat kalian yang suka aplikasi – aplikasi editing foto, video, game dan sejenisnya akan sangat membutuhkan hal itu.

  • Hardisk Penuh

Hardisk yang penuh atau mendekati penuh juga membuat kinerja laptop jadi lambat, admin sarankan untuk hardisk maksimal penggunaan 75% dari kapasitas yang ada.

  • Terlalu Banyak Aplikasi

Aplikasi yang terlalu banyak, terutama aplikasi aplikasi dengan space yang besar juga sangat mempengaruhi kinerja laptop, terlebih bila laptop yang kalian miliki tidak memiliki spesifikasi laptop yang mumpuni, sebaiknya installah aplikasi yang memang benar-benar dibutuhkan.

  • Terinveksi Virus / Malware

malware laptop

Sering mendownload film-film serta aplikasi nuled dari internet sangatlah beresiko terinveksi virus/malware, maka dari itu ketika kalian mendownload itu bisa lebih hati – hati dengan memilih situs tertentu yang kalian percayai aman.

  • Usia Perangkat Laptop yang Sudah Usang

Faktor lain yang bisa membuat kinerja laptop lemot ialah usia perangkat laptop yang memang sudah usang, sama dengan elektronik lainnya laptop juga mempunyai range waktu tertentu untuk bisa beroperasi lancar.

Solusi untuk Masalah Laptop Lemot

Berikut solusi yang bisa kalian praktekkan sendiri jika ingin laptop kalian tidak lemot lagi.

  • Lakukan upgrade kapasitas RAM (semisal sebelumnya 2GB, menjadi 4GB atau lebih besar)
  • Mengganti tipe penyimpanan HDD menjadi SDD (supaya performa laptop lebih cepat)
  • Hapus Aplikasi yang tidak perlu, terutama aplikasi – aplikasi yang terlalu sering aktif berjalan di background sistem operasi di laptop kalian, dan juga aplikasi yang memakan space hardisk dan memori laptop.
  • Disabled atau non aktifkan aplikasi – aplikasi yang otomatis jalan ketika laptop di nyalakan (startup programs), padahal aplikasi tersebut belum tentu kalian pergunakan.
  • Lakukan full scaning system secara rutin dan berkala, untuk menemukan file-file yang teridentifikasi virus ataupun malware.
  • Gunakan aplikasi – aplikasi yang tidak memberatkan kinerja laptop, aplikasi sejenis adobe, corel, editing video biasanya membutuhkan space yang besar. Akan tetapi jika kalian terpaksa ingin menggunakannya di spesifikasi laptop kalian yang tidak terlalu bagus, gunakan yang seri lama karena biasanya yang seri lamanya tidak terlalu membutuhkan space yang besar.
  • Hindari penggunaan antivirus yang berlebihan (ganda), bukannya baik hal ini justru akan memberatkan kinerja laptop kalian.
  • Uninstall sistem operasi, cara lainnya yang bisa kalian lakukan ialah dengan memperbaharui sistem operasinya. Hal ini berguna sekali jika kalian tidak ingin repot mendeteksi satu per satu masalah yang menjadi penyebabnya, dengan menguninstall OS maka junk, spam, pengaturan aplikasi yang salah, sampah – sampah yang ada di sistem sebelumnya akan hilang dan akan tergantikan dengan sistem operasi yang baru.

Demikian penjelasan singkat yang bisa admin infokan buat kalian ya, semoga penjelasan diatas bisa dimengerti dan bisa menjadi solusi buat kalian yang mengalaminya.

Hasanaji
Hasanajihttps://ilmuonline.net
Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular