Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Pengertian Access Point Dan Fungsinya

pengertian access point

Di zaman modern seperti sekarang ini, internet menjadi kebutuhan penting. Hampir semua orang membutuhkan internet. Entah itu untuk bekerja, hiburan atau mencari informasi. Internet bisa digunakan pada laptop, komputer, tablet, smartphone dan lainnya. Penyedia layanan internet pun semakin banyak. Ketika kita bermain internet di taman, café, atau tempat umum lainnya, pasti menggunakan jaringan wifi. Sebuah jaringan wifi ada operator yang mengaturnya. Oleh karena itu kita akan membahas tentang pengertian access point dan fungsinya.

Pengertian Access Point

Access point adalah perangkat jaringan komputer yang dapat menghubungkan peranti nirkabel dengan jaringan lokal menggunakan bluetooth, wifi, wireless dan lainnya. Penggunaan access point memakai perangkat keras seperti hub, router atau switch. Perangkat keras ini akan dihubungkan dengan peranti nirbakel dan jaringan lokal, yang telah dibuat administrator.

Pada perangkat access point, terdapat transceiver dan antena. Kedua alat itu digunakan untuk penyebar dan penerima sinyal. Antena dan transceiver akan dihubungkan dengan peranti yang sudah terhubung dengan access point. Untuk bisa terhubung, harus memasukkan password pada perangkat lunaknya. Password dibuat oleh pembuat access point atau administrator jaringan.

pengertian access point

Fungsi Access Point

Jika anda sudah memahami tentang pengertian access point, anda juga harus tahu tentang fungsi dari access point. Fungsi utamanya untuk perantara lalu lintas darat perangkat dengan jaringan lokal. Perangkat disini bisa smartphone, laptop, komputer dan lainnya. Sedangkan jaringan lokal antara lain wireless, wifi dan lainnya. Tapi fungsi access point tak hanya sebagai perantara, masih banyak lainnya antara lain:

  • Menyebar sinyal internet melalui gelombang radio ke perangkat lain, yang sudah terhubung dengan access point
  • Menghubungkan antar jaringan lokal, yang memakai kabel atau tanpa kabel. Seperti wireless, wifi dan bluetooth
  • Alat yang digunakan untuk mengatur IP address secara otomatis dengan perangkat yang telah terhubung access point. Fungsi access point ini sama dengan fungsi dynamic host configuration protocol (DHCP)
  • Mengamankan fitur keamanan wap dan wep. Dikenal juga dengan shared key autenthication atau password yang digunakan untuk akses wifi
  • Mengatur akses suatu perangkat, berdasarkan mac address yang menjadi identifikasi dari network card perangkat.

Cara Kerja Access Point

Access point menjadi penghubung perangkat nirkabel dengan jaringan lokal. Selain itu juga melakukan enkripsi data, pengontrolan akses, manajemen jaringan dan toleransi kesalahan. Pada saat perangkat client mengakses jaringan lewat access point, access point langsung memilih untuk mengijinkan atau tidak menginjinkan perangkat terhubung dengan jaringan. Disinilah fitur kontrol akses akan digunakan. Sehingga fitur keamanan bekerja dengan baik.

Access point mengenkripsi sandi, mencoba mencocokkan password dan bila cocok access point akan langsung mengijinkannya. Acces point juga akan memberikan alamat IP pada perangkat tersebut. Bila sudah terkoneksi dengan access point, browser langsung menampilkan halaman permintaan password. Supaya anda bisa terhubung dengan jaringan internet tersebut. Access point memberikan alamat Ip dan membuat perangkat mampu berkomunikasi dengan perangkat lain.

Harga Access Point Tp-link

Untuk mengatur akses point, anda membutuhkan router. Salah satu yang paling popular adalah access point Tp-link. Berikut beberapa merk yang bisa anda gunakan. Dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing/

  • TP-Link wireless N Access Point (EAP110)

Acces point ini harganya sekitar Rp 495.000. dengan spesifikasi wireless N, single band, 802.11b/g/n, up to 300 Mbps, 2,4 Ghz, 1 x 10/100 mbps dan RJ45 port

  • TP-Link outdoor wireless access point (CPE510)

Harga wireless access point ini cukup mahal, mencapai Rp 805.000. tapi sesuai dengan fitur dan kualitas yang diberikan. Tipe single band 5 Ghz, up to 300 Mbps, 802.11a/n. ethernet port, 10/100 mbps dan PoE support

  • TP-Link Wireless-N Access Point (TL-WA701ND)

Seri access point ini harganya sekitar Rp 241.500. Spesifikasinya up tp 150 mbps, 802.11b/g/n, 10/100 mbps.

Selain access point diatas, masih banyak jenis lain yang bisa anda gunakan. Setiap provider memiliki seri yang berbeda-beda. Sekian artikel tentang pengertian access point dan fungsinya, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *