Senin, Juli 4, 2022
BerandaWirausahaIde Bisnis Kreatif yang Cocok Buat Anak Muda

Ide Bisnis Kreatif yang Cocok Buat Anak Muda

Bisnis menjadi sesuatu yang menarik minat bagi sebagian besar orang, sebab dengan berbisnislah seseorang bisa mnggapai sukses, meskipun tidak satu – satunya jalan untuk menggapai kesuksesan. Nah buat kaula muda yang kreatif perlu nih rasanya untuk memulai bisnis kreatif.

Sesuai dengan temanya, namanya kreatif ya bisnis ini sangat cocok buat anak muda yang kreatif, yang mempunyai skil dan pengetahuan di bidang tertentu. Apapun skilnya kalau di tekuni, pasti akan menghasilkan.

Perlu diketahui, tidak sedikit anak muda baik di Indonesia maupun dunia bisa sukses dengan bermodal ide atau gagasan, dan sangat minim akan modal, jadi buat kalian yang berpola pikir untuk memulai bisnis harus membutuhkan modal yang besar, ayoo lihat contoh anak – anak muda seperti pendiri facebook, pendiri bukalapak, pendiri gojek, pendiri tokopedia, pendiri traveloka. Mereka memulai usahanya dengan modal yang sangat minim, akan tetapi dengan gagasan ide yang kreatif dan brilian.

Ide Bisnis Kreatif yang Cocok Buat Anak Muda

Lalu ide bisnis kreatif apa sajakah yang bisa kalian jajal untuk memulainya? yuk simak referensi ide bisnis dibawah ini.

1. Youtuber

ide bisnis kreatif menjadi youtuber

Bagi kalian yang mempunyai keahlian mengedit video, plus keahlian lain yang bisa dipublikasikan di youtube membuat peluang kalian bisa sukses dari youtube terbuka lebar.

Dengan youtube kalian bisa mengeksplore kemampuan, semisal; buat kalian yang suka traveling bisa membuat vlog seputar perjalanan travelling, yang suka humor bisa menciptakan humor-humar yang unik lalu dibuat channel, yang suka kuliner bisa membuat vlog seputar dunia makanan, masak memasak, dan masih banyak lagi hobi dan bakat kalian yang bisa kalian salurkan melalui kanal youtube.

Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali anak muda yang sukses dengan menjadi youtuber, termasuk para artis dan publik figur juga ikutan membuat vlog di youtube.

Sekarang ini jutaan bahkan ratusan juta orang yang sudah menjadi bagian dari youtube, bagi kalian anak muda yang ingin sukses juga bisalah mencoba keberuntungan dengan memanfaatkan hobi dan bakat kalian melalui saluran vlog yang kalian ciptakan.

2. Bikin Jersey

bikin jersey futsal

Eits jangan salah, usaha bikin jersey futsal ataupun jersey volly, sepakbola, basket dan jenis olahraga lainnya mempunyai income yang lumayan lho!. Terlebih buat kalian yang sekarang masih menjadi mahasiswa, punya komunitas banyak, dan lagi butuh uang jajan tambahan, usaha jenis ini bisa kalian coba geluti.

Meskipun pasar ceruknya tidak terlalu banyak, hanya menarget anak muda yang suka / hobi olahraga, tapi justru inilah seninya sebab tidak semua orang bisa menjalankan model bisnis yang beginian.

Terlebih buat orang tua yang sudah mapan dengan bisnis konveksinya semisal, tentu kurang berminat berbisnis dilini ini, selain itu bisnis model ini membutuhkan update model yang kekinian dan anak muda banget, jadi pelaku bisnisnya ya cocoknya buat anak muda juga 😀

Ngomongin olahraga, beberapa minggu lalu bulan mei 2022 barusan pentas olahraga tingkat Asia Tenggara atau biasa disebut Sea games telah selesai digelar di Vietnam, Tim Basket dan Volly Ball Tim Putra Indonesia keluar sebagai Juara 1 (Emas), sedangkan cabang Futsal Tim Putra Indonesia menyabet Juara II (Perak), dan masih banyak cabang olahraga lainnya yang didapatkan kontingen Indonesia.

Berkaca dari momen tersebut, tentu membuat olahraga – olahraga yang utamanya admin sebutkan tadi membuat peminatnya dikalangan masyarakat umum meningkat, hal inilah yang membuat peluang bisnis membikin jersey menjadi menarik.

3. Jasa Desain Grafis

jasa desain grafis

Ide bisnis kreatif lainnya ialah jasa desain grafis, sekarang ini jika kalian mempunyai keahlian desain grafis bisa menjualnya di marketplace semacam bukalapak, tokopedia, maupun shopee.

Selain itu kalian juga bisa menjualnya di situs-situs yang memang khusus menjual karya seni digital, maupun lelang karya desain. semisal ; sribu, projects, fastwork,  fiver, envato elements, freepik.

Selain itu kalian juga bisa menjual karya sendiri melalui website pribadi, forum – forum, sosial media dan juga wadah lainnya. Yang pada intinya, kalian bisa menjual karya desain diberbagai media.

4. Influencer

menjadi influencer

Ide bisnis lainnya yang tidak bisa dianggap enteng ialah influencer, syarat yang umum kalian miliki sebelum terjun dibidang ini ialah kalian sudah mempunyai banyak pengikut di jejaring sosial. Karena secara umum definisi influencer ialah seseorang yang mempunyai banyak follower, yang mana bisa mempengaruhi menyebarkan informasi kepada khayalak umum.

Bahkan sekarang ini banyak perusahaan – perusahaan yang mengendors “memesan” melalui influencer ketika mengenalkan produk baru atau detail produknya, ke kyayalak umum.

Untuk itu buat kalian yang sudah mempunyai banyak follower di sosial media, entah itu; tiktok, instagram, facebook, twitter, ataupun dimedia lainnya bisa niih buat mencoba mengambil tawaran endorsmen dari produk – produk yang masuk.

Kesimpulan

Selain ide bisnis kreatif yang admin sebutkan diatas, model bisnis seperti; jual aksesories unik, bisnis daur ulang, cemilan unik, jasa pembuatan website, jasa pembuatan aplikasi untuk mendukung usaha, dan masih banyak ide bisnis kreatif yang bisa kalian kembangkan sesuai dengan ide / gagasan kreatif dan juga keahlian yang kalian miliki.

Hasanaji
Hasanajihttps://ilmuonline.net
Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular