Senin, Juli 4, 2022
BerandaEdukasiEdukasi UmumHal yang Perlu di Perhatikan Sebelum Impor Barang

Hal yang Perlu di Perhatikan Sebelum Impor Barang

Impor barang merupakan aktivitas mendatangkan barang dari luar negeri, kebalikan dengan ekspor barang yang merupakan aktivitas menjual barang Indonesia ke luar negeri. Meskipun pengennya kita melakukan ekspor barang sebanyak-banyaknya, tapi kenyataanya memang ada beberapa jenis barang yang mengharuskan impor, karena jika tidak malah membuat harga barang tersebut terlampai tinggi di dalam negeri.

Ada beberapa jenis barang yang sering di impor oleh Indonesia, baik disektor migas maupun non-migas. migas sendiri berupa minyak mentah dan gas alam, yang mayoritas digunakan untuk menyokong sektor transportasi dan industri.

Adapun impor Indonesia di sektor non-migas seperti ; produk pangan (gandum, kedelai, daging sapi, bawang merah, bawang putih, gula, susu), mesin, elektornik, bahan kimia organik, bahan farmasi, perlengkapan elektrik, dll.

Hal yang Perlu di Perhatikan Sebelum Impor Barang

Berikut ini beberapa hal yang mungkin perlu kalian perhatikan sebelum melakukan transaksi impor barang dari luar negeri secara umum.

  • Memilih Jenis Barang yang Akan di Impor

Hal pertama dan yang paling utama yang bisa kalian lakukan sebelum impor barang ya tidak lain dan tidak bukan memilih jenis barang yang akan kalian impor.

barang impor produk peternakan dan pertanian

Apakah tertarik impor barang produk pertanian seperti; kedelai, gandum, bawang. Atau produk peternakan seperti; daging sapi, susu sapi, atau produk lain semacam barang – barang elektronik?

Pastikan barang kalian pilih mempunyai nilai jual yang lebih tinggi, ataupun mempunyai kualitas yang lebih baik dibanding barang yang mayoritas ada dipasaran Indonesia.

  • Pelajari Kebijakan Ekspor-Impor dari Negara Asal dan Indonesia

Setiap negara mempunyai aturan ataupun kebijakan mengenai ekspor – impor, nah kalian perlu tau nih mana saja produk yang diperbolehkan untuk di ekspor (dari negara asal) dan juga aturan impor (di Indonesia) supaya transaksi kalian nantinya tidak menemui kendala.

Selain itu kalian juga pelajari juga bea cukai dari jenis barang yang kalian ingin datangkan dari luar negeri. Untuk kepastiannya kalian bisa menanyakan dan mengurusnya dikantor bea cukai terlebih dulu.

Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis barang yang tidak diperkenankan masuk Indonesia, yang diantaranya seperti ; pakaian bekas, limbah berbahaya, bahan kimia dengan kadar tertentu, dan beberapa jenis barang lainnya. Untuk lebih jelasnya kalian bisa mencari info di website atau kantor bea cukai Indonesia.

  • Tata Cara Pembayarannya

Ada banyak cara pembayaran yang bisa kalian lakukan, namun secara umum ada 2 jenis, yang diantaranya sebagai berikut:

Documentary Credit-LC, contohnya seperti :

  1. Sight LC
  2. Usance
  3. Red Clause

Non LC, contohnya seperti :

  1. Cash in Advance Payment
  2. Open Account
  3. Documentary Collection

Nantinya kalian bisa sepakat dengan buyer, mau menggunakan metode pembayaran seperti apa dan menggunakan mata uang apa ketika transaksi nantinya.

  • Tentukan Jadwal Pengiriman Barang

Selain beberapa faktor diatas, jadwal pengiriman barang impor menjadi salah satu yang krusial nantinya, sebab kalian harus paham nih barang kira-kira membutuhkan berapa lama barang akan sampai ke tangan kalian. Hal ini menjadi penting, sebab barang dikirim pasti melalui proses perjalanan dari pelabuhan penjual sampai ke pelabuhan tujuan, berapa lama proses di kantor Bea dan Cukai, hingga barang sampai tujuan.

Jangan sampai barang yang kalian impor tidak sampai-sampai, padahal kalian sangat membutuhkannya untuk segera dilepas di pasaran Indonesia misalnya.

waktu pengiriman barang impor

  • Memilih Jasa Pengiriman Barang yang Menguntungkan

Meskipun kalian belum melakukan proses transaksi impor dalam hal ini, akan tetapi kalian perlu mempertimbangkan hal ini lebih detail, sebab ongkos kirim dari luar negeri tentu mempunyai nominal yang tidaklah sedikit. Setelah sampai di Indonesia barang apakah masih menguntungkan atau tidak itu perlu kalian pertimbangkan.

Meskipun sekarang ini ada banyak sekali jasa pengiriman barang yang bisa kalian andalkan ketika impor barang, meskipun kalian melakukan impor dari negera seperti; Impor Amerika, Eropa, China, maupun di negara belahan dunia lainnya tetap bisa melayaninya.

Bagi kalian yang berencana ingin mengirim barang dari Amerika, bisa mencoba kilo.id yang sudah berpengalaman dalam proses pengiriman barang, terutama barang impor dari luar negeri.

Kualitas Barang

Hal lain yang perlu kalian perhatikan ialah kualitas dari barang itu sendiri, percuma jika harganya dibawah pasar Indonesia, tapi kualitasnya juga sangat tidak bagus, tentu juga tidak akan bisa bersaing dengan produk yang ada.

Jadi mengecek kualitas produk sebelum benar – benar melakukan proses impor barang ialah hal yang wajib kalian perhatikan, supaya usaha bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Kesimpulan

Untuk melakukan proses impor barang tidaklah semudah kalian melakukan proses jual beli di toko online dalam negeri, sebab ada; aturan atau regulasi disetiap negara, ongkos keluar masuk (pajak) barang, dan juga ongkos kirim yang itu semua itu bisa kalian pelajari terlebih dahulu, supaya produk yang kalian impor nantinya tidak mengalami kendala ketika masuk di Indonesia.

Hasanaji
Hasanajihttps://ilmuonline.net
Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular