Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Online, SMS, Bank, Aplikasi Terbaru!

cara cek saldo bpjs lewat aplikasi hp

Sebelum Jamsostek merubah nama menjadi BPJS ketenagakerjaan atau kepanjangan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Dibawah ini cukup efektif untuk mengetahui cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan melalui online / internet, SMS, Aplikasi, Bank. Namun nampakanya sekarang ini cara tersebut sudah tidak berlaku dan beberapa link terkait sudah tidak tersedia, maka dari itu saya sebagai penulis akan meberikan update informasi cara mengecek saldo BPJS melalui online dan perangkat mobile/hp anda.

Bagi pengguna BPJS sekarang ini anda tidak perlu report-report datang ke kantor BPJSTK untuk mengecek saldo BPJS anda, karena sekarang saldo BPJS ketenagakerjaan bisa anda cek melalui online/internet dan juga saldo bisa di cek melalui sms. Hal ini merupakan upaya pengembangan BPJSTK dalam memperbaiki  pelayanan konsumen. Dengan adanya fasilitas untuk mengecek saldo BPJS melalui online/internet dan juga melalui SMS setidaknya anda sedikit terbantu jika ingin mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang anda punya/miliki.

Mengenai BPJSTK itu sendiri saya kira tidak perlu saya jelaskan, mengingat hampir semua element pekerja yang ada di Indonesia menggunakan BPJSTK untuk asuransi kesehatan/masa tua yang biasanya sudah di sediakan oleh pemerintah ataupun perusahaan. Yang perlu anda tahu sekarang ini anda bisa mengecek saldo BPJS via online dan SMS untuk mengetahui berapa simpanan saldo BPJSTK anda.

Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Terbaru

Untuk lebih lengkapnya mengenai cara mengecek saldo BPJS melalui online, aplikasi, atm bank dan SMS, anda bisa menyimak penjelasan lebih detailnya berikut ini :

1. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan via Online 

Untuk mengecek saldo BPJSTK melalui internet atau online dengan fitur terbaru BPJSTKU, anda bisa mengaksesnya melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan, adapun untuk detail caranya seperti berikut ini :

  • Sebelumnya, siapkanlah kartu BPJSTK atau Nomor KPJ Anda
  • Selanjutnya kunjungi website resmi BPJS di https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/, atau bisa juga dari https://bpjsketenagakerjaan.go.id/ lalu pilih menu Layanan Peserta, klik tombol MASUK pada bagian Tenaga Kerja seperti gambar dibawah ini

cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan via online

 

  • Lalu masukkan user ID / email dan PIN bagi anda yang sebelumnya sudah pernah mendaftar, namun jika anda baru (belum pernah mendaftar), maka Anda diharuskan untuk mendaftar lebih dulu. Caranya, klik tulisan Registrasi pada menu Tenaga Kerja (jika anda berstatus tenaga kerja); Ketika mendaftar, pilihlah jenis keanggotaan “Tenaga Kerja”; Isi form yang ada dengan lengkap dan benar; Pilih Setuju pada ‘ketentuan penggunaan layanan web BPJS’; Bila data Anda sudah lengkap dan benar, klik ‘Daftarkan’ atau SUBMIT DATA, seperti yg terlihat di bawah ini

cara cek saldo bpjs ketenagakerjaan

  • Disini seringnya ada yg belum tahu Nomor KPJ BPJS itu yang mana ? yang di maksud nomor KPJ yaitu nomor seri yang terdapat pada kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan kamu, yang biasanya di awali dengan huruf 100xxxxx (klo punya saya terdiri dari 11 digit).
  • Setelah semuanya selesai dan mendaftar, Tunggu email konfirmasi/ Pesan SMS dr HP untuk aktifasi akun, jika sudah menerima silahkan masukkan kode aktifasi di alamat yg sudah tersedia lalu klik tombol “Kirim” agar User Id dan PIN anda bisa digunakan, cek Inbox email anda, dan bila sudah aktif Anda bisa langsung melakukan pengecekan saldo BPJS via online dengan terlebih dahulu Login menggunakan user ID beserta pin Anda
  • Setelah masuk dimenu member BPJSTKU, anda akan disuguhkan 4 menu utama yang meliputi ; Rincian Saldo JHT, Cek Saldo JHT, Klaim Saldo JHT dan Simulasi JHT. Karena disini anda ingin mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan maka pilihlah pilihan nomor 1 atu 2 yakni ;  Rincian Saldo JHT atau Cek Saldo JHT. Seperti tampilan saldo BPJS dibawah ini.

cek saldo bpjs online terbaru

Update terbaru cara mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan ini cakupannya meliputi ; cek saldo JHT, info program BPJS, Informasi kantor cabang BPJS, Informasi program JHT, Informasi program JKM, dan info seputar BPJS lainnya.

2. Cara Cek Saldo BPJS Melalui Aplikasi di HP Android / Mobile

  1. Untuk mengecek saldo BPJS Melalui HP, anda bisa mendownload aplikasinya disini.
  2. Setelah mendownload, silahkan install aplikasi BPJS di perangkat mobile/HP android anda
  3. jika sudah terinstall, selanjutnya anda tinggal setting aplikasi sesuai dengan akun BPJS ketnagakerjaan Anda

3. Cara Cek Saldo BPJS Melalui SMS

Cara lain untuk mengecek saldo BPJS ialah dengan SMS. Namun, sayangnya fitur ini hanya bisa dinikmati bagi pelanggan Telkomsel dan Indosat untuk saat ini. Cara cek saldo BPJS via SMS sangat mudah, berikut caranya :

  • Ketik DAFTAR kirimkan SMS ke 2757
  • Maka anda akan menerima SMS balasan. Terdiri dari menu seperti cek saldo, ganti hp, ganti PIN sampai status BPU.
  • Bila ingin mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan, kamu cukup mengirimkan SMS di nomor yang sama dengan mengetikkan sesuai format. Yaitu: SALDO(spasi)NOMOR PESERTA
  • Tunggu beberapa saat dan jika format yang anda berikan benar maka akan menerima SMS balasan berupa informasi nilai upah kamu, tanggal terakhir iuran dan berapa saldo BPJS yang anda miliki.

4. Cara Cek Saldo BPJS Melalui ATM BNI

Khusus bagi pengguna bank BNI, berbahagialah karena nampaknya BPJS Ketenagakerjaan bekerja sama dengan bank BNI. Anda bisa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan hanya dengan ATM BNI bagi anda yang sudah mempunyai kartu ATM BNI mungkin bisa dicoba niiih.

Cara cek saldo BPJS lewat ATM BNI sangat mudah, anda tinggal masukkan kartu ATM BNI dimesin ATM BNI, kemudian pilih Menu Lainnya >> lalu pilih Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan.

5. Cara Cek Saldo BPJS Melalui SMS

Cara terakhir untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan anda ialah melalui kantor cabang BPJS terdekat di kota anda. Cara ini mungkin sedikit ribet dan membuang waktu Anda. Namun jika ke empat cara yang sudah penulis jelaskan tadi tidak ada yang berhasil. Atau anda kurang paham, mungkin bisa menggunakan cara ini.

Demikian tadi cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan terbaru, baik itu melalui website, sms, aplikasi maupun melalui bank. Semoga bermanfaat ya buat kalian para pekerja Indonesia.

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

61 Replies to “Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Online, SMS, Bank,…”

    1. sudah beberapa kali di coba knp gabisa
      minta kode verifikasi sms ga muncul muncul sms nya
      sedangkan no hp nya udah di kirim
      bagaimana ini
      salam

  1. Sy jg cb cek saldo pnya ayah via sms. Tp jg tdk ada blsan. Percuma donk jd g efektif & efisien. Soalnya jarak kantor jamsostek dr rumah ckp jauh

    1. @Vivi : sekarang kayaknya jamsostek sudah meninggalkan metodhe cek saldo jamsostek via SMS sist, dan sebagai gantinya BPJS Ketenagakerjaan / dulunya jamsostek menciptakan aplikasi berbasis android yg salah satu fungsinya untuk cek saldo BPJS via HP android..

      1. bagaimana cara pendaftaran dan pengecekan saldo jamsostek.. mohon penjelasan secara detail

    1. @neli w : maaf sis, cara tersebut kayaknya sudah di tinggalkan sama jamsostek dan sebagai gantinya BPJS Ketenagakerjaan atau dulunya jamsostek pake aplikasi berbasis android, untuk penjelasannya sudah sy jelaskan pada artikel diatas.
      semoga bisa dipahami

      1. Saya dah instal aplikasi’y susah banget registrasi’y pake alamat gmail. Di tunggu pin’y belum masuk jg ke alamt gmail saya.. Gmna ya sis?

    2. Kehabisan pulsa kali ngeladenin orang senusantara.. hehehe

      Lihat di websitenya saja lebih mudah..

  2. Sya ko cek sebelum dicairkan dapet 2.8 ngeceknya biasa lwat android . Tapi ko pas di cair pengecekan hanya 2.1 yah??

    1. Itu berarti EKTP yg anda masukkan berbeda dengan EKTP yang anda pergunakan ketika mendaftar BPJS pertama kali, solusinya cek kembali NIK EKTP anda

    1. @Edah Meidah : Jika anda mendaftar BPJS melalui perusahaan, anda bisa mengajukkanya di bagian HRD perusahaan atau yang mengurusi BPJS Anda, namun jika anda mendaftar melalui jalur perseorangan bisa datang langsung ke kantor BPJS terdekat

      1. Maaf mas mau tanya utk merubah data di jamsostek itu sementara saya udah ga bekerja lagi gmn ya ? Apa bisa langsung ke jamsostek ?

  3. registrasi berhasil,udah login juga tapi saldo jht nya gak muncul..
    apa yg terjadi ???

  4. Saya mau cek saldo jamsostek untuk pendaftaran tahun 2012 cara nya bagaimana, dikarenakan perusahaan sy yg lama sudah tutup, dan mohon informasikan kapan bisa kami ambil dana yang ada dijamsostek tersebut.

  5. Jamsostek saya sejak 12-2008 di perusahaan A dan saya pindah kerja di perusahaan B mulai awal 2011 dan saya inisiatif utk meneruskan jamsostek tsb. Namun pada kenyataannya di thn 2012 saya mendapatkan slip jamsostek + Rp.00.000 hanya di perusahaan B dan di perusahaan A nominal nya tdk ada ? Sbnrnya yg salah di perusahaan A tdk menyetorkan Iuran jamsostek / pihak jamsostek tdk menggabungkan ?
    Masalahnya perusahaan A tdk pernah memberikan Slip jamsostek.
    Gimana solusinya ya ?

    1. @yudhi : Seharusnya jika perusahaan awal membayarkan premi sesuai peraturan maka saldonya tetep ada, namun jika permasalahanya di perusahaan anda terakhir ternyata “TIDAK MENGGUNAKAN DATA Jamsostek yg lama/melanjutkan yg sudah ada” ya saldonya bisa saja kembali kosong, solusinya ya cobak anda tanyakan yg mengurus BPJS di perusahaan baru, apakah dia melanjutkan BPJS anda atau membuat baru ? atau anda mungkin bisa menanyakan langsung di CS BPJS

  6. saya sudah 1 bulan tidak kerja, kemudian saya cek saldo JHT saya via online, bisa masuk tapi saya klik JHT-nya kosong tidak ada tampilan padahal internet lancar

  7. Sy udh d t pin sesuai yg di minta tp gk bsa di cek knp ya? Udh di isi data sesuai nmr krtu jamsostek,nmr, ktp, tgl lahir, nama ibu kandung tp jwb nya tdk sesuai dengan ektp, pd hal udh di tulis sesuai yg ad, mint bantuany gmn cara klo mslh seperti ini, terimakasih

  8. Saya mau tanya saya bekerja terakhir antara th 2005 sampai 2006,saya sudah tdk bekerja lg,saya mau lihat saldo jamsostek saya kok katanya kjp saya tdk aktif lg,kenapa ya?

    1. @wiany : itu karena posisi jamsostek kamu ndak aktif, dan setahu sy dulu klo udah 5 taun ndak aktif saldo bisa di ambil (itu klo peraturannya ndak berubah lho ya, taun 2015 isunya hrus nunggu 10tahun)
      utk lebih jelasnya cobak ditanyakan langsung ke pihak kantor jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan terdekat

  9. Saya msk jamsostek tahun 2008, dan kartu saya msh jamsostek, sdangkan yg skg kan sdh brubah jd BPJS, apa kah punya saya bisa dipake untuk pengambilan jamsostek nanti jika saya keluar kerja?

  10. maaf saya mau tanya gini ibu saya kan sudah meninggal thn 2009 sewaktu sya kcil nah ibu saya mempunyai jamsostek lebih dari 1 klao gitu gmna ya?

  11. kok saya buka di informasi saldo kok gak tampil saldo nya ya mas? itu gimana >? apa ada yang salah ?

    1. @gundala : cara negeceknya sudah sesuai cara diatas ?
      cek juga koneksi internetnya, krn klo koneksi lemot biasanya data tidak akan tampil sempurna

  12. Saya melanjutkan jamsostek di kantor baru,, tapi kenapa saldo saya dikantor la tidak terakumulasi,, trs ini gimana statusnya dong saldo lama saya

    1. @Ina : bisa jadi jamsostek baru anda statuse tidak melanjutkan dr jamsostek lama anda, solusinya cobak di tanyakan di kantor BPJS terdekat mbak

  13. sya cek pake online ga bisa juga,sy dah melakukan semua perihal diatas no ktp ,nama ibu kandung juga sudah ttp setelah diminta verifikasi selanjutnya sy lupa angkanya ehh,angus semuanya,diminta kembali ga bisa….ternyata masih repot juga ya sistemnya…sama seperti perihal kelas kamar,dapet kelas kamar 1 pasti dapetnya 2,,yg 2 pasti dapetnya 3

    1. @Juandi : dimaklumi saja Pak, memang sistemnya tergolong baru.
      Bagi saya yg terpenting Saldo tunjangan hari tua kita ndak hangus aja di sistem internal BPJS, tooh tiap awal tahun kita masih dikasih print out saldo tunjangan hari tua kita kan..
      Mungkin kedepannya akan lebih baik lagi “harapannya”

  14. ass kk…
    kk saya maw nanya, saya dulu bekerja terahir thn 2011 , 1thn lebih kurang di perusahaan suwasta jadi , sekarang saya baru masuk lagi bekerja di perusahaan yg beda di daftr kan oleh perusahaan bpjs kan,,
    APA data yg saya masukan utk bpjs sekarang apa bisa di sambung kan ke jamsostek yg sudah lama kk..
    makasih kk 🙂

    1. @rolly : Waalaikumsalam, jawabannya BISA.
      Saya sendiri juga gitu, tinggal meneruskan dr akun BPJS yg lama jadi Tunjangan Hari Tua saldonya tinggal meneruskan yg akun lama.
      Yg terpenting disini anda komunikasikan dengan HRD/yg ngurus BPJS di perusahaan yg baru, bahwa anda sudah pernah punya BPJS sebelumnya dan tinggal menyerahkan detail keanggotaan BPJS yg lama kpd HRD/yg ngurus BPJS ditempat bekerja skrang

  15. Sy sdh cek saldo jht diaplilasi bpjs mobile,tp stlh bsoknya mau ngecek lg tampilan yg mumcul “no (kpj) telah terdaftar di no 0812xxxxx,silahkan cek saldo dg menggunakn hp anda”
    Klo sperti itu gmn,trus cra ngeceknya lg bgmn?

    1. @zuqry : lha berarti anda ngeceke harus menggunakan nomor yg disebutkan tadi..
      apa anda ganti nomor atau mempunyai nomor hp lebih dari satu?

  16. Udah download udah login giliran cek saldo ko nunggu sms verifikasi lama bgt ya ga muncul2 gimana ya min bisa tolong d bantu jelaskan

  17. Saya bekerja selama hampir 3 tahun di perusahaan lama, dan meneruskan bpjs yg dulunya jamsostek di perusahaan baru, kemarin pas ada info saldo cetakan disana no KPJ nya betul masih yg dulu, tahun bulan gabungnya juga sama, tapi kenapa saldonya cuma ada yg di perusahaan baru saja, saya bingung mohon informasinya, dan satu lagi saya belum punya e ktp, ktp saya masih jadul tapi masih berlaku, saat saya cek saldo di online muncul nya bahwa E ktp anda tidak sesuai, padahal saya dulu daftar memakai ktp yg sama hanya saja memang belum punya e ktp. Mohon penjelasannya..

  18. Kenapa y sekarang saya ga bisa saldo bpjs tk,setelah ganti no hp padahal kan saya pake email,trus gimana caranya supaya bisa cek by email lagi.thanx

  19. Teman saya kan minta tolong kesaya untuk cek saldo bpjs pake no hp saya ,otomatis kan dia terdaftar pake no hp saya terus pas dia mau coba cek pake no hp dia nggak bisa karena no dia sudah terdaftar pakai no hp saya.tolong kasih solusinya.

  20. Bagaimana cara merubah no.hp di data bpjs, soalnya hp saya yang dulu hilang dan saya tidak begitu ingat no.hp saya yang dulu. Mohon penjelasanya

  21. Saya sudah e klaim bpjstk dan sudah acc pada hari selasa kmrin,tinggal tunggu transferan,
    Kmrin sore saya cek saldo bpjstk masih ada saldo dan barusan sudah tidak ada saldonya, saya pikir sudah di transfer tapi setelah saya cek ternyata blum masuk rekening saya, mohon penjellasannya min…

  22. saya mau tanya klo d bpjs nama saya beda dari achmad defi kok bisa menjadi m.depi tuk no nik ktp sama mohon petunjuk untuk bisa mncairkan dana bpjs ktenaga kerjaan

  23. Sy sdh cek saldo jht diaplilasi bpjs mobile,tp stlh bsoknya mau ngecek lg tampilan yg mumcul “no (kpj) telah terdaftar di no 0812xxxxx,silahkan cek saldo dg menggunakn hp anda” tapi no hp saya sudah tidak aktif lgi
    Klo sperti itu gmn,trus cra ngeceknya lg bgmn? tolong kasih tau solusinya

  24. Ass. Pak hasanaji sy sdh ajukan pencairan bpjs dan sdh berjaln 11 hari kerja dan sy sedang tunggu pencairanya yg akan di transfer ke rek bri sy. 2 hari lalu sy cek saldo di bpjs onlaine masih ada saldonya. Tpi Kmrn sy coba cek saldo via onlaine lagi dana kenapa 0 ya. Sy cek rek jg sampai sekarang blm ada transferan. Itu gmn ya pak tlg minta petunjukny

    1. @febri : Waalaikumsalam, sekarang udah keluar apa belum?
      Kalau masih belum, cobak dikonfirmasi ke kantor BPJS tempat anda klaim

      1. saya blm punya e ktp.. saya daftar pake nik ktp yg saya daftarin ke bpjs dulu.. tp pas registrasi.. tertulis nmr e ktp anda tidak terdaftar.. padahal udah sama dgn yg tertulis di kartu bpjs nya

  25. Saya sudah pernah ngecek saldo november 2015. Tapi sekarang waktu mau ngecek lagi waktu login dibilang PIN anda tidak sesuai. Padahal PIN yang saya pakai PIN yang dikirim ke email saya dulu, (saya copy paste langsung dari email). Saya coba reset katanya PIN sudah dikirim keemail saya. Tapi saya cek Nggak ada email masuk. Gimana solusinya nih min.

    1. @Ina Masriani : Sebagian besar memang seperti itu, nampaknya sistem yang ada di BPJS masih banyak sekali bug/error yang harus diperbaiki..
      Kita sebagai pelanggan ya berharap aja ada perbaikan yg nyata untuk melihat saldo BPJS secara online

  26. kenap ko masuk ke alamat e-klaim bpjs ketenagakerjaan tidak muncul format e-klim malah muncul format cek saldo bpjs? apakah untuk pendaftaran bpjs online sudah ditutup

    1. @Umy : Klo hanya pindah tempat hanya rumahnya saja sedang KTPnya masih sama ya bisa sist, namun bila KTPnya alamate beda seharuse juga bisa namun mungkin ada tambahan surat keterangan, utk lebih jelasnya bisa ditanyakan di kantor BPJS ketenagakerjaan terdekat

  27. Pa saya udh coba daftar di smartphone tetapi.selalu.muncul nama dan nik tidak sesuai yg terdaftar di bpjs ketenagakerjaan. Saya bingung karena saya mempunyai 2 kpj namun udh disatuin ke pers.lama otomatis yg dipake kpj dipers.lama ko keteranganya gtu trus ya.ko saya daftar slalu muncul itu. Mohon penjelasanya bila muncul itu trus.

  28. Bagaimana cara untuk mengetahui nomor bpjs jaminan hari tua dan bpjs pensiun jika tak ada kartunya sama kita

Comments are closed.