Tempatnya Ilmu Internet

Ciri – Ciri dan Cara Mengetahui Baterai Laptop Rusak atau Tidak

Baterai laptop merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah laptop. Fungsi dari baterai tentu sebagai penyimpan daya listrik, tujuannya agar laptop dapat dipakai meski tidak ada suplai listrik dari charger. Dengan baterai laptop tentu penggunaan laptop semakin praktis karena tidak perlu mencari stopkontak untuk menghidupkan laptop dalam durasi tertentu. Mengingat fungsi dari baterai yang cukup fatal, maka ketika ada masalah seputar baterai, semisal baterai yang cepet ngedrop, laptop cepet mati, apa ciri ciri  dan cara mengetahui baterai laptop rusak atau tidak ? bagaimana untuk mengatasi masalah baterai laptop yang rusak.

Baterai sendiri memiliki jenis dan tipe yang menyesuaikan dengan laptop yang dibuat. Hal ini juga membuat membuat penggunaan baterai dalam hal ini penggunaan dan pengisian daya rutin berbeda – beda meski dilakukan setiap hari. Hal ini terkadang tidak diwaspadai oleh pengguna dan membuat daya baterai makin lama makin berkurang hingga mengalami kerusakan.

Secara umum, baterai laptop memiliki kualitas baik hanya sampai 6 bulan sejak pemakaian pertama. Setelah 6 bulan biasanya baterai akan menurun kualitas dalam hal ini daya yang ditampung. Hal ini juga memberi alasan mengapa produsen laptop hanya memberi garansi selama 6 bulan karena alasan tersebut. Namun jika setelah 6 bulan baterai baru mengalami kerusakan, tentu ini akan merugikan para pembeli yang menggunakannya.

Bila dilihat secara umum, anda bisa melihat bagaimana ciri dari baterai laptop yang rusak. Selain itu anda juga bisa mengetahui beberapa gejala kerusakan baterai laptop. Meski gejala tiap baterai itu berbeda-beda, namun  biasanya kerusakan baterai terjadi tanpa pemberitahuan. Untuk itu agar anda memahami ciri-ciri dan mengetahui baterai laptop rusak atau tidak, anda patut menyimak ulasan dari kami.

Ciri-ciri baterai laptop yang mulai rusak

cara mengetahui baterai laptop rusak atau tidak

Anda bisa memahami beberapa ciri – ciri dari baterai laptop yang rusak. Memahami ciri – ciri hal ini akan membuat anda mudah dalam mengetahui baterai laptop tersebut rusak atau tidak. Kami telah merangkumnya dalam poin berikut.

  1. Perubahan Bentuk Fisik Baterai

    Secara umum anda bisa melihat perubaan fisik pada baterai laptop untuk mengetahui apakah baterai laptop rusak atau tidak. Namun untuk baterai laptop peluang mengetahui ciri ini sangat kecil meski ada beberapa kasus bahwa baterai laptop juga bisa mengalami penggelembungan seperti yang terjadi pada baterai handphone.
    Untuk melihat kondisi fisik dari baterai, tentunya perlu ahli untuk melakukan pemeriksaan ini. Anda tentu harus memeriksakan pada service center laptop apakah benar baterai mengalami penggelembungan. Biasanya ada baterai yang masih bisa diperbaiki maupun tidak sama sekali. Penyebab dari perubahan bentuk fisik baterai hingga berujung kerusakan adalah penggunaan yang tidak tepat, misalnya laptop dipakai saat dicharge sampai penuh namun charger lupa untuk dicabut.

  2. Perubahan Daya Simpan

    Ini adalah salah satu ciri paling umum mengenai apakah baterai laptop sudah mulai rusak atau tidak. Normalnya baterai akan dapat digunakan pada waktu tertentu dan dicharge dengan waktu tertentu dalam hitungan jam. Namun bila terjadi kerusakan, baterai  hanya bisa digunakan selama beberapa menit dan juga dicharge secara cepat ke level 100 % dalam beberapa menit pula.
    Kondisi di atas terjadi jelas karena penurunan daya baterai. Hal ini sangat berpengaruh apabila dipakai terus menerus. Terkadang ada beberapa kasus yang laptop tiba – tiba mati karena baterai habis tanpa pemberitahuan.

  3. Pengisian yang tidak sempurna

    Hal ini juga berhubungan langsung dengan daya baterai yang berkurang. Baterai yang mengalami kerusakan  biasanya hanya mampu dicharge kurang dari 100 %. Ada juga beberapa kasus yang hanya bisa dicharge kurang dari 50 % saja. Terkadang masalah ini bisa diatasi dengan cabut pasang baterai, namun biasanya tidak berpengaruh. Hal ini juga berpengaruh kepada penggunaan daya baterai yang kurang maksimal seperti penjelasan poin 2.

  4. Baterai Tidak Mau Charging

Ciri ini terjadi begitu saja dan menandakan kondisi baterai benar – benar mengalami kerusakan total dari baterai laptop. Laptop yang dilepas baterainya dengan kondisi ini biasanya langsung mati meskipun pada indikator menyatakan baterai full atau sudah dicharge dalam waktu lama.

  1. Indikator Yang Tidak Normal

    Ciri ini bisa dilihat dari indikator baterai dari sistem informasi windows. Biasanya akan muncul ikon baterai dengan lambang merah (silang) untuk indikatornya. Jika indikator dilihat detailnya biasanya akan muncul tulisan “battery not detected” atau “replacing your battery”. Hal ini juga berlaku jika baterai tidak bisa dicharge, windows akan mengeluarkan pemberitahuan “not charging” pada laptop.

ciri ciri mengetahui baterai laptop rusak atau tidak

Keterangan :

Tidak semua indikator di atas tidak menunjukkan bahwa baterai laptop rusak sepenuhnya. Hal lain bisa terjadi sehingga baterai seolah – olah rusak padahal bukan itu masalahnya. Misalnya saja terjadi kerusakan di mainboard, sehingga membuat baterai sama sekali tidak terdeteksi dan muncul notifikasi dari laptop yang menandakan hal tersebut. Selain itu windows yang error juga bisa menjadi salah satu penyebab dari baterai yang seolah – olah rusak padahal kenyataan tidak.

Lihat juga :

Cara Mengetahui Baterai Laptop Rusak (Dengan Command Prompt)

Sebenarnya dengan memahami ciri – ciri baterai laptop rusak di atas, anda sudah dapat mengetahui baterai laptop rusak atau tidak. Namun ada baiknya anda mengetahui cara yang pasti untuk cek baterai laptop anda apakah rusak atau tidak. Kami menyediakan cara yang sederhana menggunakan command prompt untuk masalah ini, langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Buka command prompt dari windows, jalankan sebagai administrator. Anda bisa membuka lewat start menu atau melalui run (Windows + R)
  2. Pada Command Prompt, ketikkan perintah powercfg energy lalu tekan Enter. Anda perlu menunggu proses cek kondisi baterai laptop sekitar 60 detik. Jika sudah selesai, akan muncul hasil berikut :

cara mengetahui baterai laptop rusak atau tidak

  1. Pada hasi proses terdapat tulisan “See C:\MRHANDS\energy-report.html for more details”. Informasi ini berarti proses telah selesai dan tersimpan di file tersebut. Anda lalu hanya perlu membukanya secara langsung.

Untuk contoh pengecekan baterai laptop rusak atau tidak dengan CMD adalah seperti berikut :

  • Battery: Battery Information
  • Battery ID  : 6035SMPDELL Y61CV22
  • Manufacturer  :SMP
  • Serial Number  : 6035
  • Chemistry  : LION
  • Long Term  : 1
  • Design Capacity  : 66600
  • Last Full Charge  : 41825

Penjelasan :

Berdasarkan hasil di atas, bisa dipastikan  kualitas baterai anda menurun dan waspada untuk kerusakan mendatang. Hal ini karena pada angka Design Capacity dan Last Full Charge memiliki perbedaan yang mencolok.

Bila kondisi baterai masih baik biasanya antara kedua nilai tersebut sama atau mendekati. Namun dengan cara ini sudah cukup menurut kami untuk anda mengetahui apakah baterai laptop rusak atau tidak.

Demikian tulisan dari kami mengenai ciri-ciri dan cara mengetahui baterai laptop rusak atau tidak. Semoga dengan tulisan ini bermanfaat bagi anda untuk lebih tahu mengenai ciri-ciri kerusakan pada baterai laptop. Sekian.

Leave A Reply

Your email address will not be published.