Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Cara Masuk BIOS Asus, Lenovo, dan Toshiba

Cara Masuk BIOS Asus, Lenovo, dan Toshiba

Pada setiap laptop atau komputer yang dibuat oleh pabrik, tentu menyertakan perangkat dasar dan perangkat lunak untuk menunjang penggunaan perangkat tersebut. Cara masuk bios laptop asus, lenovo, toshiba. Biasanya laptop yang anda beli sudah dilengkapi dengan sistem operasi dari Windows atau lainnya. Namun jika tidak ada sistem operasi, biasanya laptop tidak dapat digunakan. Namun dalam laptop masih bisa menyala dengan satu satu sistem yang kita kenal dengan nama BIOS.

BIOS sendiri merupakan sistem penting yang ada pada tiap laptop yang diciptakan. Tanpa  adanya BIOS bisa jadi laptop bisa mengalami kendala yang ada. Dapat dipastikan tiap merk laptop memiliki BIOS dengan ciri khas nya masing – masing. Saat ini perkembangan BIOS berkembang pesat dengan tujuan agar perangkat laptop dapat terkonfigurasi dengan baik. Namun sebagian orang tidak tahu bahwa BIOS itu penting, bahkan untuk membuka BIOS pun mereka tidak tahu. Padahal BIOS merupakan salah satu elemen penting di setiap laptop.

Pada tiap laptop, biasanya ada cara umum untuk bisa masuk ke dalam sistem BIOS. Cara yang paling umum adalah menekan tombol ESC atau DEL keyboard komputer sesaat setelah laptop baru saja dinyalakan. Biasanya dengan menekan tombol tersebut BIOS sudah dapat dioperasikan. Akan tetapi beda model dan merk laptop, beda pula cara membuka dan masuk ke dalam BIOS tersebut.

Atas hal tersebut, melalui tulisan ini akan memberikan pemehaman anda mengenai apa itu BIOS. Selain itu kami tentu menjelaskan bagaimana cara masuk BIOS khusus untuk laptop Lenovo, Asus, dan Toshiba.

Pengertian BIOS

Sebelum anda mengetahui beberapa cara masuk BIOS, anda lebih baik mengetahui apa itu BIOS. BIOS merupakan singkatan dari Basic Input/Output System yang merupakan suatu program dengan fungsi untuk melakukan konfigurasi dan pengaturan dari beberapa fungsi dari hardware yang terpasang di laptop atau komputer anda. Melalui BIOS, anda bisa mengetahui beberapa konfigurasi dasar dari laptop. Contohnya untuk  mengatur tanggal dan waktu, pengaturan HDD, pengaturan booting komputer, mengetahui informasi dasar dari laptop, keamanan laptop, dan lainnya.

BIOS akan muncul apabila anda menekan tombol masuk BIOS. Biasanya anda bisa masuk BIOS sebelum Sistem Operasi laptop berjalan. Hal ini agar BIOS dapat mengetahui pengaturan dan konfigurasi dasar dari hardware laptop. BIOS bisa mendeteksi kerusakan pada laptop anda. Jika laptop anda bermasalah laptop akan mengeluarkan bunyi tertentu sebelum OS muncul dan laptop akan mengarahkan anda masuk ke BIOS.

BIOS sendiri memiliki beberapa variasi dan jenis tergantung pabrikan tempat memproduksi laptop atau komputer. Contoh BIOS yang sering digunakan saat ini adalah BIOS keluaran dari American Megatrends, BIOS InsydeH20, dan BIOS Phoenix. Beberapa BIOS di atas merupakan BIOS yang umum dan banyak digunakan pada tiap laptop yang dijual dan beredar di indonesia.

Cara Masuk BIOS Asus, Lenovo, dan Toshiba

Selain untuk konfigurasi awal laptop, anda bisa masuk BIOS untuk keperluan lainnya. Misalnya untukk melakukan override-booting melalui USB dalam rangka install ulang komputer yang bermasalah. Anda bisa mengatur prioritas boot menjadi milik USB flashdisk (Karena Default Boot adalah hardisk).

Dengan mengatur BIOS untuk tindakan tersebut, anda bisa melakukan install langsung tanpa terganggu masuk OS lama di Laptop anda. Selain itu pada beberapa distro OS Linux ada fitur ‘Live USB’. Fitur ini memungkinkan anda mencoba sistem operasi Linux secara cepat hanya melalui USB tanpa harus install ulang laptop anda.

Cara Masuk BIOS Asus, Lenovo, dan Toshiba

Seperti yang sudah kami singgung di awal, bahwa BIOS memiliki beberapa tipe dan jenis sesuai dengan jenis laptop yang dibuat. Maka dari itu untuk cara masuk BIOS tiap laptop pun menjadi berbeda – beda. Berikut ini adalah beberapa cara masuk BIOS khusus untuk laptop merk Lenovo, Asus, dan Toshiba.

Cara Masuk BIOS Asus, Lenovo, dan Toshiba

Cara Masuk BIOS Laptop Lenovo :

Laptop Lenovo memiliki konfigurasi tombol yang berbeda di keyboardnya. Biasanya untuk menekan tombol function(F1 hingga F10) diperlukan bantuan tombol Fn. Hal ini juga berlaku ketika ingin masuk ke BIOS.

Caranya masuk BIOS laptop lenovo cukup mudah. Mula – mula hidukan tombol Power pada laptopp anda, lalu segera secepatnya tekan / tahan tombol fn diiringi dengan tekan tombol F2 pada keyboard. Anda harus mengusahakan menekan tombol berulang – ulang agar bisa masuk ke dalam BIOS.

Jika cara di atas tidak berhasil, anda mencoba untuk menekan tombol fn + F2 pada laptop lenovo anda. Lakukan hal ini sebelum menekan tombol Power dan menghidupkan laptop. Anda harus mengulangi tindakan itu sampai anda bisa masuk ke dalam BIOS Lenovo.

Lihat juga : Cara Mengatasi Suara Laptop yang Tiba Tiba Hilang

Cara Masuk BIOS Laptop Asus :

Cara masuk BIOS untuk laptop Asus bisa dibilang hampir sama dengan Lenovo. Anda hanya perlu menekan tombol Power laptop, lalu anda coba tekan tombol F2 secara berulang-ulang saat  boot hingga anda masuk ke BIOS. Perlu diperhatikan dalam menekan tombol berulang – ulang adalah menekan tombol F2 dengan cepat dan mengulanginya (seperti orang mengetik atau bermain game).

Apabila cara di atas tidak berhasil membuat anda masuk BIOS Asus, ada kemungkinan dalam menekan tombol F2 kurang cepat. Hal ini karena setelah memencet tombol Power anda diamkan beberapa saat. Untuk mengatasi hal ini anda bisa mengulangi dengan me-restart laptop lalu segera lakukan penekanan tombol F2.

Selain cara di atas anda bisa menggunakan cara lain yang hampir sama dengan laptop lenovo. Caranya  tekan dan tahan tombol F2  atau pencet berulang sebelum menekan tombol Power laptop. Biasanya karena sudah ditekan maka respon Laptop Asus yang masih boot dari awal akan langsung masuk BIOS Asus. Hal ini terjadi begitu anda tekan tombol F2 sebelum menekan tombol power.

Cara Masuk BIOS Laptop Toshiba :

Untuk masuk ke dalam BIOS laptop Toshiba, caranya sama dengan cara masuk BIOS Asus. Ketika akan menyalakan laptop, tekan tombol Power laptop lalu dengan cepat anda  tombol F2 berulang – ulang hingga bisa masuk ke BIOS Toshiba.

Selain dengan menekan berulang – ulang anda juga bisa tekan dan tahan tombol F2 baru sebelum menekan  tombol Power untuk menyalakan laptop. Anda harus melakukan tindakan ini hingga anda dapat masuk ke BIOS Toshiba. Biasanya layar secara otomatis menampilkan menu BIOS kurang dari 5 detik.

Demikian penjelasan kami mengenai bagaimana cara masuk BIOS untuk laptop Lenovo, Asus, dan Toshiba. Semoga dengan adanya tutorial ini bisa bermanfaat bagi anda yang membacanya. Sekian dan terimakasih.

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *