Tempatnya Ilmu Internet

Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Manajemen

Bagi sebagian orang, kuliah di jurusan manajemen adalah sesuatu yang menjanjikan. Namun kamu perlu tahu juga kelebihan dan kekurangan jurusan manajemen yang bisa kamu ketahui lebih dini. Hal ini karena jurusan ini merupakan salah satu jurusan ‘mainstream’ yang banyak peminatnya dan cukup populer. Buat anda yang saat ini hendak kuliah dan masih bingung dengan kampus atau jurusan mana yang  akan dipilih nantinya, tidak ada salahnya mengambil kuliah di manajemen sebagai salah satu pilihan untuk berkuliah.

Meski jurusan manajemen itu baik dan cukup familiar, ada baiknya anda lebih memahami mengenai jurusan manajemen, serta baik dan buruknya bagi anda. Hal ini agar anda bisa melihat kelebihan dan kekurangan dari jurusan ini. Apabila anda sudah tahu mengenai informasi ini tentu anda akan kuliah dengan nyaman dan sesuai dengan harapan dan cita – cita anda.

Melalui tulisan ini kami akan menjelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan jurusan manajemen serta pengertiannya secara umum dan berdasarkan pengalaman yang ada.

Pengertian Manajemen

Sebelum anda mengetahui mengenai jurusan ini, ada baiknya anda mengetahui apa itu Manajemen secara umum. Ilmu manajemen merupakan salah satu ilmu yang paling awal dan tua yang pernah dipelajari, yang sangat bermanfaat digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Manajemen sudah dimulai sejak awal kehidupan manusia. Contohnya manusia sudah menerapkan ilmu manajemen pada perencanaan dan pengelolaan sumber daya alam agar mencapai tujuan tertentu yang berkaitan dengan dirinya sendiri atau kelompok.

Ilmu manajemen memang diprioritaskan untuk mengatur atau melakukan tata kelola terhadap kehidupan sehari – hari, kelompok, dan di berbagai bidang seperti di dunia kerja. Khusus untuk ilmu manajemen yang diterapkan di dunia kerja, ilmu manajemen yang dipelajari tentu berbeda dengan ilmu manajemen sehari – hari. Disinilah peran jurusan manajemen untuk memberikan ilmu manjamen pada tiap mahasiswanya.

Pengertian Jurusan Manajemen

Seperti yang telah disinggung pada poin sebelumnya, Jurusan manajemen merupakan jurusan yang mempelajari ilmu manajemen. Manajemen biasanya tergabung di fakultas Ekonomi bersama fakultas lainnya. Mahasiswa yang lulus jurusan ini memiliki gelar Sarjana Ekonomi (S.E) untuk strata 1 (S1). Biasanya manajemen di beberapa universitas menyediakan program strata satu saja.

Meski terlihat mudah dan sederhana, nyatanya  belajar di jurusan manajemen itu tidaklah mudah. Hal ini karena jurusan manajmemen dalam prakteknya di dunia bisnis atau kerja (dalam hal ini ekonomi) cukup sulit untuk dilakukan. Hal ini karena manajemen yang dipelajari dan dipraktekkan sangat luas bidang ilmunya, sehingga perlu belajar ekstra untuk memahami materi mengenai manajemen ini.

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Manajemen

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan jurusan manajemen yang perlu kamu ketahui, sebelum benar-benar mendaftar di jurusan manajemen.

kelebihan dan kekurangan jurusan manajemen

Meski cakupan ilmunya luas, dalam  jurusan manajemen  ada beberapa ilmu yang dipelajari berdasarkan kategori. Secara umum manajemen dikelompokkan dalam beberapa kategori berikut.

  1. Manajemen Operasi
  2. Manajemen SDM (Sumber Daya Manusia)
  3. Manajemen Pemasaran
  4. Manajemen Strategik
  5. Manajemen Keuangan

Kelebihan Jurusan Manajemen

Dalam jurusan manajemen, ada beberapa kelebihan yang membuat banyak orang tertarik belajar di jurusan ini. Antara lain sebagai berikut :

  1. Memiliki Peluang Karier Yang Luas

Jurusan manajemen dimanapun tempatnya memiliki banyak lowongan kerja di berbagai perusahaan profit atau non profit. Biasanya perusahan membutuhkan orang manajemen dari berbagai bidang, misalnya manajemen SDM, pemasaran atau keuangan. Selain itu, jurusan ini juga dibutuhkan di bidang wirasuaha atau usaha kecil, karena ilmu manajemen sangat bermanfaat untuk mengelola hal tersebut.

Selain itu, ada beberapa peluang kerja lain apabila anda lulus dari jurusan ini, antara lain sebgai berikut :

  • Wirausaha atau Enterpreneur
  • Menjadi Konsultan atau Analis, entah itu produk atau keuangan
  • Excecutive Staff di beberpa bidang, misal SDM atau keuangan.
  • Manajer atau Kepala Manajemen di beberapa Organisasi
  • Pengajar atau Dosen Manajemen
  1. Materi Yang Mudah didapat dan Dipelajari

ilmu Manajemen mudah didapat dari buku, internet, atau media lainnya. Karena mudah didapat dan dipelajari materinya, tentu peminat dari jurusan ini cukup banyak sehingga mudah untuk dilakukan diskusi materi.

Meskipun mudah dipelajari dari manapun, namun harus tetap ada sekolah atau universitas yang memberikan pendidikan mengenai manajemen daripada belajar otodidak. Sifat ilmu manajemen sangat luas harus diarahkan melalui kurikulum agar para murid / mahasiswa terarah dalam mempelajari ilmu manajemen.

  1. Mudah Diaplikasikan Ke Dunia Kerja

    Kelebihan dari jurusan ini adalah dapat masuk ke perusahaan manapun. Hal ini karena ilmu manajemen mudah diaplikasikan di perusahaan manapun yang membutuhkan. Meski begitu ilmu manajemen yang dipelajari saat kuliah tidak tentu berjalan optimal di beberapa perusahaan secara mudah.

  2. Adaptasi Ilmu Cepat dan Mudah

    Manajemen dapat dipelajari dengan mudah baik oleh siswa IPS maupun IPA karena proses adaptasi ilmu ini cukup mudah dan cepat. Meski begitu, tingkat adaptasi seseorang terhadap ilmu ini berbeda – beda tergantung kemauan belajar orang itu sendiri. Pada awal semester biasanya materi yang dipejari masih bersifat umum, namun beranjak lebih tinggi maka manajemen yang dipelajari lebih spesifik.

Kekurangan Jurusan Manajemen

  1. Peminat Yang Terlalu Banyak

    Peminat jurusan manajemen ini sangat banyak sehingga terkadang menjadi barang ‘pasaran’ bagi tiap orang. Selain itu lulusan dari jurusan ini tidak memiliki kelebihan atau sepesifikasi dibandingkan orang yang sama, karena output dari jurusan ini hampirsama rata. Meski begitu bila anda mau belajar, maka kemampuan anda bisa meningkat dan memiliki nilai lebih dibandingkan orang lain. Selain itu lowongan kerja untuk jurusan ini cukup banyak dan tidak pernah sepi.

  2. Tidak Sesuai Untuk Yang Mau Jadi Karyawan (Employee)

    Bila ilmu manajemen tidak dipelajari dengan benar, maka pada praktik manajemen tidak dapat berjalan maksimal. Secara sederhana manajemen adalah bagaimana anda mengatur sumberdaya yang ada supaya tercapai tujuannya. Jadi sumber daya ini tidak akan bekerja jika anda hanya seorang karyawan yang mengelola diri sendiri.

Baca juga :

Manajemen tidak sesuai jika anda adalah karyawan atau self employed, karena ilmunya tidak dapat  dipraktekkan dengan tepat. Hal ini tidak berlaku jika anda adalah karyawan yang berprofesi sebagai pengajar, analis, dan sejenisnya.
Demikian tulisan dari kami mengenai kelebihan dan kekurangan jurusan manajemen, semoga bermanfaat bagi anda. Bila anda berminat dengan jurusan ini, silahkan mendaftar bila ada kesempatan. Namun jika sekiranya ragu atau tidak berminat sebaiknya jangan masuk ke jurusan ini karena akan merugikan diri anda sendiri. Sekian.

Leave A Reply

Your email address will not be published.