Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Teknik Informatika

kelebihan dan kekurangan teknik informatika

Bagi anda yang tertarik dengan jurusan TI atau ingin tahu tentang dunia IT, ada baiknya anda mengetahui dahulu beberapa kelebihan dan kekurangan teknik informatika ini. Bisa dibilang jurusan Teknik Informatika saat ini memiliki prospek yang cukup baik. Hal ini karena majunya teknologi informasi di dunia maupun di Indonesia, sehingga dibutuhkan banyak lulusan Teknik Informatika untuk memenuhi dan turut andil dalam kemajuan ini.

Meski kedengarannya menarik, ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari jurusan teknik informatika ini. Dan perlu anda ketahui ada banyak hal yang menarik untuk dibahas selama kuliah di jurusan teknik informatika. Anda juga perlu tahu bahwa jurusan ini sama sekali berbeda dengan jurusan berkaitan dengan komputer lain seperti sistem informasi atau ilmu komputer.

Melalui tulisan kali ini kami membahas lebih lanjut mengenai apa itu jurusan Teknik Informatika, serta bagaimana kelebihan dan kekurangan teknik informatika yang perlu kalian ketahui.

Apa Itu Jurusan Teknik Informatika?

Sebelum memahami kelebihan dan kekurangan jurusan Teknik informatika, ada baiknya anda mengetahui apa itu jurusan teknik informatika. Teknik informatika sendiri adalah ilmu yang masih satu bagian dari ilmu komputer. Namun di teknik informatika fokus pada adalah ilmu – ilmu teknis mengenai bagaimana mengelola berbagai masalah untuk mengambil solusi dengan komputer. Dalam ilmu ini terdapat banyak logika dan sistematika yang dipelajari dan digunakan untuk memecahkan masalah.

Belajar di Teknik Informatika, anda akan belajar bagaimana berpikir logis untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pekerjaan atau kasus. Teknik informatika saat ini berkembang lebih kepada bagaimana anda dapat menguasai teknik rekayasa perangkat lunak. Rekayasa disini dimulai dari analisis, desain, hingga implementasi perangkat lunak (software) untuk digunakan dalam pengolahan komputer

Jurusan Teknik Informatika juga biasanya memiliki kemampuan dan diajarkan mengenai dasar akan jaringan dan sistem komputer, dasar dari teknologi informasi, dan juga harus selalu mepelajari hal baru yang berkaitan dengan komputer dan perkembangan teknologi informasi masa kini.

Lihat juga : Pengertian, Perbedaan Data dan Informasi

Dari  Teknik Informatika  diharapkan lulusan dari jurusan ini dapat memenuhi SDM yang berkompeten di dunia IT.  Selain itu jurusan ini juga diharapkan dapat menjadi pengarah antara kepentingan industri dan masyarakat. Hal yang diarahkan bisa mengenai apa itu teknologi informasi khususnya rekayasa perangkat lunak.

Jadi jika anda belajar di jurusan ini, sangat diharapkan untuk bisa menguasai mengenai teknologi informasi, berpikiran logis, teknis, dan juga memiliki jiwa usaha (technopreneurship) sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

Kelebihan Jurusan IT (teknik informatika)

kelebihan dan kekurangan teknik informatika

Dalam Jurusan Teknik Informatika, ada beberapa kelebihan yang bisa didapat bila anda berkuliah disini, antar lain sebagai berikut :

  1. Banyak Peluang Kerja menanti

Kebanyakan lulusan jurusan Teknik Informatika akan mudah mendapat pekerjaan. Hal ini karena sedang banyak dibutuhkan SDM dari bidang IT akibat perkembangan teknologi semakin pesat. Anda juga bisa mendirikan perusahaan berbasis IT bila anda berminat terhadap hal tersebut.

  1. Selalu Update Terhadap Perkembangan Teknologi

Bila anda berada di jurusan ini akan selalu belejar mengenai perkembangan teknologi hingga seluk beluknya. Mahasiswa jurusan IT juga bisa mempelajarinya bahkan sebelum teknologi tersebut dirilis. Hal ini juga bisa membuat mahasiswa IT juga dapat mudah mencari informasi tentang teknologi.

  1. Bisa Membuat Software Secara Umum

Dalam Jurusan teknik informatika mahasiswa akan diajarkan logika dan juga bahasa pemrograman untuk membuat sebuah software. Tujuan dari pendidikan ini adalah agar tiap mahasiswa dapat membuat aplikasi sendiri atau bekerja dengan tim. Hal ini juga memungkinkan seorang mahasiswa membuat perusahaan pembuat software.

  1. Dapat Membuat Website dan Mengembangkanya

Bukan hanya software secara umum saja, dalam jurusan Teknik Informatika anda juga dapat mempelajari secara khusus bagaimana mengembangkan website sendiri. Anda bisa mengembangkan dengan bahasa pemrograman tertentu dan teknik tertentu. Anda juga akan diajari bagimana jenis website yang baik dan teknik pembuatannya.

  1. Dapat Menjadi Developer Game

Bila anda tertarik pada dunia game, baik game PC atau android, game online atau offline anda dapat masuk ke jurusan ini.  Dalam urusan ini juga diajarkan mempelajari bagaimana mengembangkan sebuah game. Tentu materi yang diajarkan tidak detail, karena untuk mengembangkan diri lebih baik.

  1. Dapat Memahami Komputer Sampai Detail

Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika juga dituntut untuk tahu bagaimana cara kerja komputer dan juga seluk beluknya. Selain itu materi seperti dasar pemrograman, jaringan komputer, sistem komputer, semua akan dipelajari di jurusan ini.

  1. Dapat Mengatasi Masalah Komputer Secara Mandiri

Bila anda masuk jurusan IT maka andaakan mempelajari ilmu mengenai komputer secara detail. Ilmu yang dipelajari bisa diterapkan ketika terjadi masalah terhadap komputer atau laptop sendiri tanpa harus datang ke tempat servis. Karena anda sudah tahu bagaimana cara mengatasi dan juga merawat laptop dengan baik dan benar dari ilmu yang dipelajari.

  1. Dapat Menjadi Analis Sistem Handal

Jurusan ini juga mempelajari bagaimana menganalisis sebuah sistem, maka bila anda ingin menjadi analis dapat masuk jurusan ini. Menjadi analis bisa dibilang bukan pekerjaan mudah. Hal ini karena anda harus paham pemrograman dulu, sebab seorang pemrogram harus memiliki bakat analisis yang baik.

  1. Dapat Mempelajari Bisnis Melalui Materi Sistem Informasi

Meski jurusan ini mempelajari hal teknis mengenai komputer dan software, anda juga dapat belajar tentang bisnis melalui materi sistem informasi. Biasanya materi ini diberikan di semester awal dan bisa menjadi referensi anda dalam membuat tugas akhir atau prospek kedepan.

Lihat juga : Pengertian, Perbedaan Hacker dan Cracker

Kekurangan Jurusan Teknik Informatika

kelebihan dan kekurangan teknik informatika

Meski jurusan ini memiliki prospek baik bagi masa depan saat ini, namun dalam jurusan ini juga memiliki kelemahan. Kami sudah merangkum dalam poin berikut :

  1. Memiliki Banyak Saingan
    Bisa dibilang jurusan IT memiliki saingan yang cukup ketat dalam setiap pendaftarannya. Hal ini karena masa depan IT cukup menjanjikan kedepannya. Penyebabnya karena perkembangan teknologi masa kini yang menuntut SDM dari jurusan IT.
  2. Dituntut Untuk Selalu Update / Dinamis

Menjadi mahasiswa jurusan IT harus bisa belajar dari waktu ke waktu karena perkembangan teknologi yang cepat. Misalnya pemrograman web populer dan diminati, namun di masa depan pemrograman android lebih populer. Jika anda tidak mempelajari android maka anda akan ketinggalan zaman dari orang lain. Maka dari itu selalu belajar hal baru adalah sebuah keharusan yang kadang membuat repot sebagian orang.

  1. Tidak Cocok Bagi Yang Tidak Suka Coding

Salah satu dasar dari Teknik Informatika adalah pemrograman yang mengharuskan seseorang mempelajari coding atau kode program untuk membuat aplikasi, baik itu aplikasi berbasis smartphone, desktop maupun aplikasi berbasis web. Jika anda sama sekali tak berbakat atau tidak suka dengan pemrograman tentu jurusan ini bukanlah yang tepat untuk anda.

Itu tadi referensi mengenai kelebihan dan kekurangan teknik informatika, dengan penjelasan diatas tersebut kiranya rekan-rekan yang sekarang masih bingung lagi, mau memilih jurusan komputer, dengan penjelasan diatas bisa menambah wawasan / pengetahun akan jurusan teknik informatika (TI).

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *