Tempatnya Ilmu Internet

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Kesehatan Masyarakat

Prospek kerja jurusan kesehatan masyarakat, serta kelebihan dan kekurangan jurusan kesehatan masyarakat yang perlu di ketahui bagi teman – teman yang kini sudah atau akan menyelesaikan sekolah baik SMA/SMK sederajat, biasanya akan melanjutkan pendidikannya untuk berkuliah namun masih belum memilih jurusan yang sesuai dengan minatnya. Bahkan ada beberapa kasus siswa yang ingin bekerja setelah lulus SMA, hal itu sering terjadi namun tidak masalah.

Meski begitu, kuliah di beberapa jurusan seperti di jurusan kesehatan masyarakat memiliki beberapa hal menarik, kamu perlu tahu kelebihan dan kekurangan jurusan kesehatan masyarakat. Hal ini juga berlaku jika anda ingin kuliah di jurusan lain dari fakultas yang menaungi jurusan ini (fakultas kesehatan), misalnya keperawatan, kebidanan, farmasi, dll. Baik dari jurusan tersebut atau jurusan kesehatan masyarakat tidak terlalu banyak dilirik oleh calon mahasiswa karena beberapa faktor dan kelemahan. Padahal jika anda memahami mengenai kelebihan dari jurusan ini tentu jurusan kesehatan masyarakat tidak akan membuat anda menyesal nantinya.

Pengertian, Prospek, Kelebihan Dan Kekurangan Jurusan Kesehatan Masyarakat

Melalui tulisan ini kami selaku penulis ilmuonline.net sudah merangkum beberapa kelebihan dan kekurangan jurusan kesehatan masyarakat. Hal ini agar anda memahami beberapa poin positif yang didapat apabila masuk ke jurusan in nantinya.

Pengertian Jurusan Kesehatan masyarakat

Bagi sebagian orang belum banyak mengetahui bahwa Jurusan Kesehatan Masyarakat salah satu jurusan kuliah yang cukup memiliki prospek dan menghasilkan tenaga kesehatan handal  selain dari Kedokteran, Keperawatan dan Kebidanan.

Jurusan Kesehatan Masyarakat secara umum merupakan jurusan yang menagajari dan sekaligus memberi pelatihan kepada tiap mahasiswanya mengenai kondisi kesehatan masyarakat di berbagai kondisi lingkungan. Contoh kegiatan yang biasanya dilakukan di jurusan ini adalah bagaimana mengenali berbagai penyakit yang terjadi di lingkungan masyarakat, serta bagaimana mempelajari pola dan perilaku hidup sehat masyarakat itu sendiri. Kebanyakan jurusan kesehatan masyarakat merupakan pendidikan strata satu yang menghasilkan  lulusan dengan gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat (S.K.M).

Bagaimana Kuliah di Jurusan Kesehatan Masyarakat?

Belajar di jurusan kesehatan masyarakat tidak mudah namun juga tidak sulit. Pada awal perkuliahan perkuliahan, biasanya mahasiswa mempelajari materi mengenai Ilmu Kependudukan, Kebijakan Kesehatan, Kesehatan Kerja, Biokimia, Patologi, Ilmu Gizi, Epidemiologi Penyakit, Sosiologi Kesehatan, dan materi lainnya. Bisa dibilang materi awal cukup banyak karena pada prakteknya ilmu ini dipakai di masyarakat dengan kondisi yang beragam.

Selain mata kuliah yang dipelajari secara teoritis, di jurusan kesehatan masyarakat juga mempelajari mengenai materi dan praktek di lapangan. Contoh praktek yang biasanya dilakukan adalah survei dan investigasi Wabah, Pengolahan Limbah, Perencanaan dan Evaluasi Program Kesehatan, Sosialisasi Kesehatan, Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, Pengendalian Penyakit, Studi kasus tentang pola hidup sehat masyarakat, dan masih banyak lagi. Meski banyak materi dan praktek yang dipelajari, namun ilmu di jurusan ini sangat diperlukan dan bermafaat langsung bagi masyrakat.

Kelebihan dari  Jurusan Kesehatan Masyarakat

Setelah memahami mengenai apa itu jurusan kesehatan masyarakat, berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari jurusan kesehatan masyarakat secara umum, antara lain sebgai berikut :

1. Kuliah di Jurusan Kesehatan Masyarakat Cukup Menyenangkan

Kuliah di jurusan kesehatan masyarakat sama seperti jurusan di fakultas kesehatan bisa dibilang cukup menyenangkan. Hal ini karena di jurusan ini biasanya tiap mahasiswa akan dipertemukan dengan teman yang belum memahami kesehatan dan memiliki jiwa sosial yang baik. Sehingga meski materi yang dipelajari sulit akan sangat menyenangkan karena bersama teman yang mengasyikkan.

2. Ilmu Yang Banyak Manfaat

Jurusan kesehatan masyarakat akan membuat anda mendapatkan ilmu di bidang kesehatan, yang bermanfaat dalam berbagai hal. Biasanya ilmu dari jurusan ini bukan hanya bermanfaat bagi diri sendiri, namun juga orang lain yang membutuhkan.

3. Jurusan Kesehatan Masyarakat Memiliki Prospek Kerja Tinggi

Jurusan kesehatan masyarakat memang menjanjikan dari segi karier. Hal ini karena banyak tenaga kesehatan yang dibutuhkan saat ini. Namun prospek kerja ini harus diimbiangi dengan belajar tekun dan praktek yang dilakukan terus menerus.

Lihat juga : 

4. Profesi Yang Jelas dan Populer

Jika anda lulus dari jurusan ini telah masuk ke dunia profesi, maka anda memiliki gelar yang besar dan memiliki tanggung jawab yang besar pula. Profesi yang dijalani di jurusan ini juga populer di masyarakat, misalnya bidan, apoteker, mantri, dll. Hal ini di satu sisi akan membuat posisi dari profesi ini meningkat, meski tanggung jawabnya juga besar.

5. Belajar Menjadi Orang Berjiwa Sosial Tinggi.

kelebihan dan kekurangan jurusan kesehatan masyarakat

Melalui jurusan kesehatan masyarakat anda akan belajar mengenai sosial dan jiwa empati terhadap sesama yang tinggi. Melalui praktek di masyarakat anda akan diajarkan bagaimana menjadi orang yang ramah, pendengar, dan menghargai orang lain di masyarakat. Hal ini agar anda mudah berinteraksi dengan orang lain ketika anda sudah bekerja di masyarakat.

Kelemahan dari  Jurusan Kesehatan Masyarakat

1. Jurusan Kesehatan Masyarakat Membutuhkan Waktu Lulus Relatif Lama

Jurusan kesehatan masyarakat tidak hanya belajar soal teori sajaa, namun harus menjalani praktek selama beberapa waktu di lapangan (Rumah Sakit, Puskesmas, Lingkungan). Hal ini menyebabkan waktu lulus secara resmi menjadi lebih lama dibanding jurusan lainnya.

2. Tidak Cocok Bagi Orang Yang Tidak Suka Lingkungan

Jurusan ini sangat tidak disarankan untuk orang yang tidak suka dengan lamanya pelayanan, kesibukan, anak – anak, dan lingkungan masyarakat. Hal ini karena anda harus tidak takut dengan hal yang berbau sekitar, tentu tidak cocok bagi yang berjiwa intovert.

3. Kuliah Sembari Praktek Sistem Shift

Jurusan kesehatan masyarakat memaksa mahasiswa untuk kuliah dan praktek dengan sistem shift. Baik shift pagi atau malam setiap mahasiswa harus siap, jika tidak maka akan tertinggal dengan yang lain.

4. Banyak Saingan

Seperti jurusan kedokteran atau ilmu kesehatan lain, di jurusan kesehatan masyarakat bisa dibilang banyak saingannya. Hal ini karena peluang kerja terbatas namun lulusan yang dicetak setiap tahunnya juga meningkat, maka persaingan di bidang ini cukup sengit dibanding yang lainnya.

5. Prospek Kerja yang Tidak Selaras dengan Gaji

Banyak kenyataan di lapangan bahwa tenaga kesehatan digaji yang tidak sesuai kerja yang dilakukan. Hal ini biasanya terjadi karena mis-manajemen dari institusi kesehatan yang membuat gaji pegawainya dibawah standar. Jadi jangan berharap dulu gaji besar jika ingin kuliah di bidang ini.

Demikian tulisan kami mengenai kelebihan dan kekurangan jurusan kesehatan masyarakat. Semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin kuliah di jurusan kesehatan masyarakat agar tidak salah langkah kedepannya. Sekian dan terimakasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.