Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Perbedaan Sistem Informasi dan Teknik Informatika

Perbedaan Sistem Informasi dan Teknik Informatika

Di era teknologi dan informasi yang semakin berkembang ini, banyak jurusan kuliah atau studi mengenai komputer yang makin berkembang pesat. Lalu apa perbedaan Sistem Informasi dan Teknik Informatika ? Saat ini di berbagai universitas sudah berlomba – lomba untuk menciptakan jurusan atau program studi yang berhubungan dengan komputer atau teknologi informasi. Dewasa ini di Indonesia sudah mengenal beberapa jurusan yang sudah dikenal bahkan sebelum perkembangan teknologi informasi semakin pesat, jurusan ini adalah Sistem Informasi dan Teknik Informatika.

Kedua jurusan ini bisa dibilang merupakan jurusan yang paling banyak peminatnya di sebuah universitas untuk mempelajari hal berkaitan dengan komputer atau teknologi informasi. Ada beberapa hal yang sebenarnya sama dipelajari dalam jurusan ini, terutama mengenai prinsip dari teknologi informasi itu sendiri. Meski begitu, banyak orang yang menganggap bahwa jurusan ini sama dan hanya berbeda penamaan saja, padahal faktanya tidak demikian.

Faktanya Perbedaan Jurusan Teknik Informatika dan Sistem informasi, memiliki perbedaan yang cukup besar. Hal ini berkaitan juga dengan tujuan, materi, prospek kerja, dan hal lain yang berhubungan dengan jurusan ini. Perbedaan ini juga bisa menentukan anda dalam memilih jurusan mana yang sesuai dengan minat dan bakat anda bila ingin berkuliah di kedua jurusan ini. Melalui pembahasan berikut kami akan jabarkan mengenai bagaimana perbedaan antara jurusan sistem informasi dan teknik informatika.

Pengertian Sistem Informasi dan Teknik Informatika

Sebelum membahas mengenai perbedaan dari jurusan sistem informasi dan teknik informatika, ada baiknya anda memahami pengertian dari kedua jurusan ini. Kami sudah merangkum dalam poin berikut.

  1. Pengertian Teknik Informatika

Teknik informatika atau dikenal dengan sebutan Computer Science ini memiliki pengertian adalah sebuah disiplin ilmu yang berfokus pada pengembangan teknologi berbasis komputer. Dalam teknik informatika anda wajib memahami apa itu logika, pemrograman, jaringan, dan bagaimana membangun dan mengembangkan suatu perangkat lunak atau dukungan perangkat keras sebuah komputer.

Dengan kata lain teknik infomatika adalah sebuah jurusan atau disiplin ilmu yang mempelajari bagaimana mengembangkan sebuah teknologi (terutama komputer) menjadi lebih maju.

  1. Jurusan Sistem Informasi

Berbeda dengan teknik informatika, jurusan sistem informasi memiliki fokus yang berbeda dalam hal mengembangkan sebuah teknologi informasi. Sistem informasi memiliki fokus bagaimana mengatur bisnis dari sebuah teknologi.

Dalam kegiatan perkuliahan, sistem informasi lebih menekankan mengenai analisis dan bagaimana mendesain sistem agar dapat memecahkan masalah dari suatu perusahaan.

Perbedaan Antara Sistem Informasi dan Teknik Informatika

Perbedaan Sistem Informasi dan Teknik Informatika

Perbedaan antara kedua jurusan atau disiplin ilmu ini sebenarnya sangat mudah dibedakan. Hal ini karena secara dasar dan konsep pemikiran cukup berbeda dan mencolok. Berikut adalah beberapa perbedaan antara Sistem Informasi dan Teknik Informatika yang kami rangkum dalam beberapa kategori berikut.

  1. Perbedaan dari Segi Tujuan Disiplin Ilmu

Tujuan dari Sistem Informasi :

Tujuan didirikannya jurusan sistem informasi dan juga mengenai disiplin ilmu ini ada adalah agar menciptakan SDM yang mengerti bagaiman mengembangkan sebuah sistem atau teknologi yang dapat memenuhi kebutuhan dari perusahaan.

Dalam sistem informasi pendidikan bertujuan untuk merancang, mengembangkan serta menerapkan teknologi yang berkaitan dengan bisnis. Jadi bisa dibilang sistem informasi lebih bertujuan untuk menjadi jembatan antara bisnis dengan teknologi dalam hal ini sebuah sistem.

Tujuan dari Teknik Informatika :

Teknik informatika merupakan sebuah program studi dan disiplin ilmu yang memiliki tujuan agar mengembangkan kemampuan mahasiswa atau SDM dalam merancang dan mengimplementasikan sebuah teknologi (dalam hal ini komputer). Teknik informatika memiliki tujuan agar para lulusannya dapat menjadi orang yang berkompeten mengenai dunia IT dengan lebih luas.

Kompetensi yang menjadi tujuan dari Teknik Informatika adalah bagaimana merancang dan membangun sebuah teknologi baru dalam dunia IT, bisa berupa software, jaringan, atau perangkat lainnya.  Selain itu Teknik Informatika dapat menjadi jembatan bagi masyarkat agar mengetauhi mengenai apa itu teknologi informasi agar mudah dipahami oleh mereka.

Lihat juga : Pengertian, Contoh Sistem Informasi Berbasis Web “PDF”

Tentu berdasarkan tujuan dari kedua jurusan ini sudah berbeda, sehingga dalam implementasi mata kuliahnya pun berbeda pula.

  1. Perbedaan dari Segi istilah Penamaan

Kedua Jurusan / disiplin ilmu ini memiliki perbedaan juga dari segi penamaan atau istilah lainnya. Antar lain sebagai berikut.

Nama Lain dari Teknik Informatika :

  • Matematika Komputasi
  • Ilmu Komputer (Sebenarnya Induk Dari teknik Informatika adalah ilmu ini)
  • Informatika
  • Ilmu Komputasi
  • Computer Science

Nama Lain dari Jurusan Sistem Informasi :

  • Manajemen Informatika
  • Manajemen Sistem Informasi
  • Sistem Informasi Manajemen
  • Information System
  1. Perbedaan dari Segi Ilmu yang Dipelajari

Ilmu Yang Dipelajari di Teknik Informatika

Dalam Sistem informasi, materi lebih difokuskan pada bagaimana mengembangkan sistem untuk sebuah perusahaan tanpa harus mengimplementasikanya. Meski begitu, dengan mengembangkan sebuah sistem informasi, maka kebutuhan dari perusahaan atau bisnis dapat dipenuhi dan dapat terarah dengan jelas.

Pada jurusan Sistem Informasi sendiri di dunia perkuliahan, materi juga lebih menekankan pada bagaimana proses bisnis bekerja untuk dapat merancang sebuah sistem informasi. Jurusan ini tidak menaruh minat besar pada dunia engineering, meskipun ada materi tambahan mengenai hal tersebut.

Ilmu Yang Dipelajari di Teknik Informatika

Kebanyakan ilmu yang diajarkan di Teknik Informatika bersifat teknis dan mengarah pada kegiatan engineering. Kegiatan yang dilakukan adalah bagaimana membuat sebuah perangkat lunak, pembahasan mengenai algoritma dan pemrograman, serta bagaimana memecahkan masalah secara logis.

Jadi dalam Teknik Informatika  materi diajarkan megnenai bagaimana teknologi informasi berkembang, bagaimana membuat sebuah perangkat lunak, dan juga hal teknis yang berkaitan dengan hal tersebut. Dunia bisnis yang berkaitan dengan sistem informasi sebenarnya ada namun tidak dibahas mendetail.

Mana yang Sebaiknya Anda Pilih?

Baik Teknik Informatika atau Sistem informasi memilik kelebihan masing – masing. Mengenai perbedaan dari keduanya memang tidak bisa dibandingkan bagaimana lebih baiknya, karena pada dasarnya kedua ilmu ini dibuat untuk tujuan berbeda. Hal ini membuat anda bebas memilih mana yang sekiranya baik untuk prospek kerja kedepan.

Lihat juga : Pengertian, Perbedaan Hacker dan Cracker

Mengenai prospek kerja dari lulusan kedua jurusan ini sebenarnya juga sama. Jadi bila anda ingin memilih kuliah di antara kedua jurusan ini, sebaiknya memilih berdasrkan minat dan bakat anda. Bila anda lebih menyukai bisnis daripada teknis, sebaiknya memilih sistem informasi. Hal ini juga berlaku jika anda lebih meyukai Teknik Informatika dibanding Sistem Informatika.

Demikian pembahasan kami mengenai perbedaan antara sistem informasi dan teknik informatika. Semoga dengan tulisan ini dapat membantu anda dalam memilih jurusan yang diinginkan. Selain itu semoga saja melalui tulisan ini dapat menambah wawasan anda mengenai dunia teknologi informasi dan sejenisnya. Sekian.

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *