Tempatnya Ilmu Internet

Cara Custom Domain Blogspot / Blogger

Custom domain blogspot / blogger perlu dilakukan jika sebelumnya sobat masih menggunakan blogspot dalam mengelola dan alamat URL blog masih ngikut di URL blogspot, semisal ; namablog.blogspot.com dan ingin menggantinya ke level top domain, misal menjadi ; www.namablog.com / www.namablog.net, atau nama domain top level sejenisnya. Jadi dengan begitu kata lain custom domain di blogspot hanya mengganti alamat URL yang sebelumnya sub domain menjadi domain level 1, dengan begitu harapanannya pengunjung lebih mudah mengingat nama domain top level ketimbang yang lama.

Dengan custom domain di blogspot, rekan tidak perlu membackup data ataupun sejenisnya, karena dengan custom domain hanya mendirect alamat URL blog sebelumnya, ke alamat URL baru dengan melakukan beberapa settingan yang akan saya jelaskan pada artikel dibawah ini

Custom Domain Blogpsot / Blogger

  • Silahkan masuk ke halaman dasboard blogger.com, kemudian klik menu Setting >> Basic, di bagian Blog address pilih Add a custom domain, pilih advanced settings.
  • Kemudian ketikkan alamat domain yang sudah sobat pesen sebelumnya, misal dalam contoh ini saya mengetikkan www.distrokaos.biz (ingat : harus pakai awalan www.), pilih Simpan pengaturan

setting domain blogspot

 

  • Tunggu beberapa saat, hingga muncul setting uniq 2 CNAME record yang harus soba masukkan ke dalam pengaturan domain nantinya.
  • maka akan muncul pesan error dari blogger, sobat ndak perlu khawatir, selanjutnya sobat setting di penyedia domain yang sudah dipesan.

Setelah setting domain di blogger.com selanjutnya Setting DNS Record di penyedia domain yang sudah di order dan aktif.

  • Masuk ke account penyedia domain yang sudah di order dan pastikan sudah aktif, kemudian pilih menu Manage Domain, serta pilih manage DNS domain dan Disini sobat hanya masukan 4 A record dan 2 CNAME record yang diberikan oleh Google, CNAME ini akan berbeda dari satu domain dengan lainnya.
  • Detailnya sobat laogin, pilih menu Domain -> My Domain -> Mengelola Domain
  • Klik Management Tools -> Mengelola DNS
  • Masukan 4 A record berikut (satu persatu):

Hostname : @
Type: A
Address: 216.239.32.21

Hostname: @
Type: A
Address: 216.239.34.21

Hostname : @
Type: A
Address: 216.239.36.21

Hostname: @
Type: A
Address: 216.239.38.21

  • Tambahkan 2 CNAME record (satu per satu):

Hostname: www
Type: CNAME
Address: ghs.google.com

Hostname: HOST_UNIK_DARI_GOOGLE
Type: CNAME
Address: record unik dari google (masing-masing nama domain beda2, jadi sobat harus setting deulu di blogger.com nya untuk mendapatkan hostname yang unik ini)

cara custom domain blogspot

  • Kemudian Setelah selesai setting, kembali lagi ke halaman Blogger dan masukan subdomain.namadomain.tld di settingan blogger anda, jika masih mendapatkan error, mohon tunggu sampai anda bisa menyimpan settingan tersebut biasanya kurang dari 24jam domain sudah bisa digunakan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.