Selasa, September 27, 2022
BerandaDesain GrafisCorel DrawCara Membuat Logo di Coreldraw dengan Mudah

Cara Membuat Logo di Coreldraw dengan Mudah

Berbicara logo, maka tidak lepas juga dengan coreldraw. Tutorial cara membuat logo di coreldraw pun sudah banyak kamu temui di internet. Salah satunya akan dibahas pada pembahasan kali ini. Kata “Logo” pasti sudah sangat familiar ditelinga kita karena sering kita pakai dalam kehidupan sehari-hari.

Arti dari kata Logo sendiri adalah sebuah gambar atau bisa juga sketsa yang mewakili sebuah produk, organisasi, daerah, sekolah, komunitas dan sebagainya. Biasanya logo ini bersifat singkat, padat dan jelas serta dibuat untuk mempermudah kita dalam mengingat tanpa harus melihat nama merk aslinya.

Dalam dunia industri, logo juga berfungsi untuk meningkatkan nilai jual suatu produk. Kini kebanyakan masyarakat juga sudah menyadari akan pentingnya sebuah logo. Maka dari itu, permintaan jasa pembuatan logo juga semakin meningkat. Nah, jika kamu menyadari, peluang sukses sebagai desainer logo sangat terbuka lebar. Kini ada banyak sekali situs yang mempertemukan desainer grafis dan client dari seluruh dunia. Jika cakupannya global, tentu peluang yang kita miliki sangat besar bukan?

Nah, kalau kamu ingin menjadi desainer logo tetapi bungung mau mulai darimana, lebih baik jangan terlalu lama berangan-angan. Sudah waktunya kamu mencoba dari hal yang paling dasar. Dalam membuat logo, para desainer biasanya dibantu oleh sebuah software desain. Software desain ini macam-macam guys, salah satunya kalian bisa membuat logo dengan photoshop. Jadi kalian bisa pilih salah satu yang menurutmu nyaman. Jika ilmu dasar desain sudah kamu pelajari, kini saatnya mengembangkannya menjadi sebuah karya.

CARA MEMBUAT LOGO DI CORELDRAW

Salah satu software yang digunakan desainer professional  yaitu Coreldraw. Berikut beberapa tahapan cara membuat logo di Coreldraw, check it out!

TAHAP 1 : RESEARCH

Sebelum memulai membuat logo, kita harus benar-benar memahami logo yang akan kita buat dengan membaca brief dari client. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti keinginan client, warna yang akan digunakan dan makna dibalik logo. Kamu juga bisa melihat logo di internet untuk mencari inspirasi.

TAHAP 2 : PEMBUATAN SKETSA

Setelah sudah tahu logo apa yang akan dibuat, langkah selanjutnya yaitu membuat sketsa logo yang ingin kamu buat. Buat sketsanya pada sebuah kertas terlebih dahulu agar kamu sudah memiliki gambaran yang jelas saat membuatnya di corel.

contoh sketsa logo corel

TAHAP 3 : PEMBUATAN LOGO DENGAN CORELDRAW

Tahap selanjutnya yaitu membuatnya di coreldraw. Buka corel seperti biasa. Kemudian buat bangun datar sesuai dengan logo yang kita inginkan. Disini saya menggunakan Ellipse tool.

Drag kursor sambil menekan tombol SHIFT agar lingkaran simetris.

Kemudian buat dua lingkaran lagi dengan ukuran yang lebih besar dengan posisi seperti berikut.

Seleksi kedua lingkaran besar tadi, kemudian luruskan dengan tekan C dan E. Kemudian klik kanan > Group Object (CTRL+G).

Lalu Seleksi semua lingkaran dan luruskan dengan tekan tombol C dan E secara bersamaan.

Selanjutnya kita akan menggunakan fitur Smart Fill Tool. Jadi hanya bagian yang kita butuhkan saja yang diwarnai.

Warnai bagian berikut. Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Kemudian buang semua lingkaran dan sisakan bagian yang berwarna saja. Seleksi bagian tersebut, lalu pilih Weld untuk menggabungkannya.

proses membuat logo di corel

Jika sudah menyatu, pilihlah warna yang sesuai dengan logo.

proses membuat logo di corel draw

Selanjutnya yaitu membuat aksen roket dengan Pen tool.

Buat bentuk seperti roket terbelah. Kemudian duplikasi dengan Drag > Klik Kanan.

Kemudian flip duplikat tadi dengan Mirror Horizontally.

proses membuat logo di corel mirror tool

Satukan Seperti ini, lalu gabungkan dengan Weld.

contoh proses membuat logo di corel

Beri warna terserah untuk memudahkan, kemudian buat lubang di bagian atas roket dengan meletakkan bentuk lingkaran seperti ini.  Kemudian seleksi bentuk roket dan lingkaran dan klik Back Minus Front.

contoh cara membuat logo di corel

Selanjutnya letakkan di lingkaran tadi dan sesuaikan warnanya.

contoh logo mbuat di corel

Beri tulisan dengan Text tool.

Hasil akhirnya akan seperti ini gengs.

contoh hasil membuat logo di coreldraw

Baca Juga : Cara Membuat Desain Jam Dinding Klasik di Photoshop

Itulah tadi cara membuat logo di Coreldraw. Tidak terlalu sulit bukan? Jika sudah terbiasa membuat logo menggunakan coreldraw, cobalah membuka jasa pembuatan logo kecil-kecilan untuk teman atau saudara kamu dan jadikan itu sebagai sarana latihan dan membangun portfolio. Jika sudah memiliki cukup portfolio, cobalah mengikuti kontes desain di situs online seperti Sribu atau 99 design.

Demikian artikel mengenai cara buat logo di Coreldraw. Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu agar bisa lebih produktif lagi, selamat belajar.

Annesha
Annesha
Merupakan konstributor lulusan S1 di Universitas Jendral Soedirman Purwokerto. Sangat Tertarik dengan dunia Komputer & Desain Grafis.
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular