Tempatnya Ilmu Internet

Syarat, Komisi, Cara Menjadi Agen J&T Perorangan dan Perusahaan

Syarat, komisi, cara menjadi agen J&T perorangan maupun perusahaan akan kami bahas, mungkin bagi kalian ada yang tertarik untuk usaha menjadi agen pengiriman. Dimasa pandemi saat ini banyak sekali bisnis baru yang berkembang. Salah satunya bisnis yang berkembang  pesat di masa-masa ini ialah bisnis ekspedisi.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab dengan dibatasinya pergerakan masyarakat demi menghindari penyakit, kebanyakan masyarakat lebih memanfaatkan jasa ekspedisi untuk mengirim barang seiring melonjaknya  masyarakat yang belanja online. Selain untuk menghindari virus, juga mempermudah masyarakat berbelanja.

Dari sekian banyak jasa ekspedisi, salah satunya yang dapat dikatakan penetrasinya lumayan cepat yaitu J&T. tidak sedikit orang yang ingin bekerja sama baik menjadi agen atau yang lain. Namun, jika ingin bekerjasama tidak mungkin untuk tidak mengetahui semua syarat dan ketentuan tersebut. Oleh karena itu, sebelum mendaftar menjadi salah satu agen ekspedisi J&T alangkah baiknya kamu mengetahui syarat, komisi, cara menjadi agen J&T.

Sebenarnya apa saja sih syarat, komisi, cara menjadi agen J&T? yuk simak penjelasannya.

SYARAT MENJADI AGEN J&T PERORANGAN DAN PERUSAHAAN

Ketika kamu ingin mengajukan permohonan menjadi agen J&T, kamu harus memenuhi semua dokumen persyaratannya. Baik bersifat perorangan maupun perusahaan karena keduanya memiliki perbedaan walaupun tidak terlalu banyak sih. Yuk simak penjelasannya berikut.

SYARAT PERORANGAN

Pertama akan kami bahas syarat apabila kamu ingin menjadi agen yang bersifat perorangan.

  1. Mengisi formulir pendaftaran.
  2. Menyerahkan KTP dan NPWP pemohon.
  3. Pas foto berwarna melampirkan surat keterangan domisili usaha (SKDU) atau bukti pembayaran izin mendirikan bangunan (IMB) terakhir.
  4. Lokasi atau denah outlet.
  5. Foto interior serta eksterior outlet.
  6. Memiliki komputer.
  7. Mempunyai printer.
  8. Punya timbangan digital minimal 30 kg.

Baca Juga : Ini Syarat dan Cara Jadi Star Seller Shopee Terbaru

SYARAT PERUSAHAAN

Lalu kami akan membahas syarat menjadi agen yang bersifat perusahaan.

  1. Mengisi formulir pendaftaran aplikasi keagenan J&T.
  2. Menyerahkan KTP dan NPWP direksi perusahaan.
  3. Menyerahkan NPWP perusahaan.
  4. Melampirkan akte pendirian.
  5. Melampirkan surat izin usaha pedagangan (SIUP).
  6. Melampirkan tanda daftar perusahaan (TDP).
  7. Pas foto berwarna penanggung jawab.
  8. Melampirkan surat keterangan domisili usaha (SKDU) atau bukti pembayaran izin mendirikan bangunan (IMB) terakhir.
  9. Lokasi atau denah outlet.
  10. Foto interior serta eksterior outlet.
  11. Memiliki tempat khusus untuk kantor keagenan.
  12. Komputer
  13. Printer
  14. Timbangan digital minimal 30kg.

CARA DAFTAR AGEN J&T PERORANGAN DAN PERUSAHAAN

Selain membayar biaya agen, kamu juga harus mengikuti semua prosedur pendaftaranya. Sayangnya untuk saat ini pendaftaran keagenan J&T belum bisa dilakukan secara online, Jadi hanya bisa dilakukan dengan cara offline dengan mengunjungi kantor cabang.

Biaya Jadi Agen J&T Perorangan dan Perusahaan

Sebelum kamu mengunjungi kantor cabang, pastikan kamu membawa semua dokumen persyaratan yang sudah dijelaskan tadi yah. Agar lebih jelas, perhatikan tata cara menjadi agen J&T dibawah ini.

  1. Mengunjungi kantor cabang J&T

Pertama kamu mengunjungi kantor cabang J&T terdekat. Jangan lupa untuk menyiapkan semua persyaratan-persyaratan tadi. Dan juga kamu pahami terlebih dahulu cara kerja agen J&T.

  1. Mengisi formulir pendaftaran

Jika kamu sudah sampai di kantor cabang J&T, jangan lupa untuk mengutarakan maksud kedatanganmu untuk menjadi agen J&T. nanti kamu akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran keagenan J&T. dan juga serahkan semua dokumen persyaratan yang sudah kamu bawa.

  1. Survei lokasi keagenan

Petugas dari pihak J&T akan melakukan proses survey ke lokasi calon agen. Salah satu syarat agar pengajuan dapat diterima yaitu lokasi harus dekat dengan tempat-tempat umum serta dapat diakses oleh kendaraan roda empat.

  1. Membayar biaya agen J&T

Jika proses survey lokasi pengajuan diterima, selanjutnya kamu harus membayar biaya administrasi keagenan J&T. biasanya pembayaran dapat dilakukan secara langsung yaitu dengan datang ke kantor cabang atau membayar dengan ditransfer melalui fasilitas perbankan.

  1. Mengikuti pelatihan keagenan

Yang terakhir yaitu mengikuti pelatihan keagenan J&T. secara garis besar cara kerja J&T tidak berbeda dengan ekspedidi-ekspedidi pengiriman barang yang lain. Jika kamu sudah dinyatakan lolos, maka kamu sudah menjadi agen J&T.

Baca Juga: Biaya dan Cara Menjadi Agen ID Express yang Perlu Diketahui!

KOMISI AGEN J&T

Sebagaimana diketahui, J&T memberi peluang untuk siapa saja yang ingin menjadi agen J&T dengan keuntungan yang lumayan, salah satunya komisi yang didapat oleh agen terbilang cukup besar. Bagi agen J&T, mereka akan mendapat komisi sebesar 20% dari ongkos pengiriman paket.

Ada yang kamu perlu diingat, bahwa ongkos tersebut didapatkan dari pengiriman barang atau paket. Semakin banyak orang mengirim paket barang melalui agen, maka komisi yang didapat semakin banyak juga.

Itulah beberapa penjelasan mengenai syarat, komisi, cara jadi agen dari J&T. jika kamu sudah memahami pembahasan tadi diharapkan  kamu nggak akan bingung lagi apabila ingin menjadi agen dari J&T. Pada masa pandemic covid ini jangan lupa untuk memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas yah. Menjaga diri sendiri sama juga menjaga orang tercinta. Jangan lupa untuk mengshare ke teman-teman kamu, agar dapat manfaatnya juga yah. Sampai jumpa di artikel berikutnya dah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.