BerandaWirausahaIngin Usaha Toko Bunga? Perhatikan Beberapa Hal Ini!

Ingin Usaha Toko Bunga? Perhatikan Beberapa Hal Ini!

Jenis usaha toko bunga merupakan salah satu usaha yang mengedepankan kreatifitas, dengan modal yang relatif lebih kecil. Bagi kalian ingin memulai usaha toko bunga, baik itu offline maupun online, alangkah baiknya mempelajari beberapa hal ini supaya kalian bisa sukses dengan usaha toko bunganya.

Seperti yang kita ketahui setiap jenis usaha mempunyai keuntungan dan kekurangan masing-masing, maka dari itu sebelum benar-benar terjun berwirausaha alangkah baiknya kalian sudah mengetahui detail keuntungan dan kekurangan dari usaha yang akan kalian jalani.

Keuntungan Usaha Toko Bunga

Berikut ini adalah beberapa keuntungan atau kelebihan yang bakal kalian dapat dari usaha toko bunga (florist).

  • Potensi Profit yang Besar

Potensi profit dari usaha ini lumayan lhoo, dibandingkan dengan usaha-usaha tradisional lainnya yang minim resiko. Dengan bermodal ndak sampai ratusan juta keuntungan yg didapat bisa berlipat.

  • Potensi Mempunyai Relasi yang Luas

Dikarenakan usaha ini mempunyai market yang luas, dan rata-rata menyasar ke kalangan menengah atas, maka potensi untuk mendapatkan kenalan atau relasi semakin luas.

Terlebih jika kalian menjadi penjual yang frendly, pelayanannya bagus, after salesnyapun juga bagus. Maka lambat laun kalian bisa berelasi dari berbagai jenis orang yang tentunya bisa kalian manfaatkan untuk berbagai kepentingan kedepan.

  • Modal Usaha yang Tidak Terlalu Besar

Usaha florist merupakan salah satu jenis usaha yang lebih mengandalkan kreatifitas, dan seni tersendiri dalam merangkai, dan mempromosikan dari produk yang sudah kalian buat nantinya. Praktis modal yang dibutuhkan sebenarnya tidaklah terlalu besar, tapi kalian perlu kreatifitas untuk menciptakan produk yang menarik, serta mempromosikannya.

Kekurangan Usaha Toko Bunga

Berikut ini adalah beberapa contoh resiko, atau kekurangan dari jenis usaha toko bunga (florist) yang perlu kalian ketahui.

  • Waktu Pengerjaan Segera

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari berbagai jenis produk bunga, kalian tidak bisa terlalu santai dalam melayani pelanggan, terlebih jika pesanan yang didapat merupakan pesanan dadakan untuk acara kematian misalnya, kalian harus mengerjakan segera.

Meskipun mungkin ini tidaklah pengaruh buat kalian yang ingin membuka usaha toko bunga tradisional, yang menjual bunga hidup dan bibitnya saja. Namun jenis usaha model begini mempunyai banyak kelemahan, dan tentunya hasil yang didapatkan tidaklah sebanyak usaha toko bunga yang menjual berbagai jenis berbahan dasar bunga.

  • Ketepatan Pengiriman

Bila kalian membuka usaha toko bunga yang menawarkan produk karangan bunga dan buket untuk acara kematian, pernikahan, grand opening usaha, ataupun wisuda misalnya. Ketepatan dalam pengiriman waktu sangatlah diperlukan.

Ndak kebayangkan, klo semisal ada pesanan di acara grand opening, namun barang sampai di lokasi pas acaranya sudah kelar, akan kebayangkan kira-kira apa yang terjadi setelahnya 😀

Maka dari itu untuk mendapatkan trust dari pembeli, kalian harus mempertimbangkan hal ini sebelum memulai jenis usaha model ini.

Strategi dalam Mengembangkan Usaha Toko Bunga (Floris)

Setelah kalian tau seluk beluk dari plus minusnya usaha ini, kalian perlu membuat strategi supaya apa yang kalian usahakan bisa berjalan semestinya sesuai dengan plaining awal.

  1. Tentukan Nama Toko / Brand

Langkah awal yang perlu kalian kaji adalah nama dari toko atau brand florist. Kalian bisa mengkaji dari berbagai aspek, semisal; dari lokasinya, mudah di ingat, unik, dan berbagai aspek lain. Bila lokasi floris kalian di kota Semarang, toko bunga semarang misalnya, atau nama lain yang menurut kalian lebih unik dan keren tapi mudah di inget, di cari oleh calon pembeli.

Pada intinya sebuah brand harus mempunyai aspek daya tarik buat pembeli, apalagi jika kalian ingin usaha ini berkelanjutan kedepannya maka penamaan sebuah brand sangatlah penting.

usaha toko bunga florist

2. Perlu Kreatifitas dalam Merangkai Produk

Supaya usaha toko bunga kalian bisa berkembang, diperlukan seni dan kreatifitas dalam mempromosikan, merangkai pesanan, dan jenis-jenis produk yang akan kalian jual.

Hal ini mungkin tidak terlalu penting bagi kalian yang ingin membuka usaha toko bunga tradisional, yang hanya melayani penjualan berbagai bunga segar yang masih hidup. Namun percayalah jenis usaha ini relatif mempunyai pangsa pasar yang sedikit dan terbatas, dibanding kalian membuka usaha toko bunga dengan menjual berbagai jenis produk seperti; jual buket bunga, karangan bunga, bibit bunga, dan jenis produk turunan lainnya.

3. Promosi yang Sesuai

strategi promosi toko bunga yang tepat

Promosi menjadi ujung tombak dari usaha toko bunga ini, bagaimana tidak. Tanpa adanya promosi mimin yakin usaha toko bunga kalian tidak bertumbuh atau malah mungkin tidak laku.

Maka dari itulah perlu adanya promosi yang tepat, supaya produk yang kalian miliki bisa diketahui oleh masyarakat luas.

Untuk promosi kalian bisa memanfaatkan sosial media, iklan berbayar, dan media online lainnya supaya bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli.

Harapannya ketika semisal orang mencari di google toko bunga semarang yang muncul di halaman depan adalah toko bunga yang kalian miliki.

Demikian beberapa hal yang perlu kalian perhatikan ketika ingin usaha toko bunga (florist). Semoga bermanfaat dan bisa action untuk memulai usaha sesuai dengan passion dan minat kalian ya, supaya tidak mudah bosen dan usaha kalian bisa berkelanjutan.

Hasanaji
Hasanajihttps://ilmuonline.net
Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular