Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

3 Cara Mendapatkan Modal Usaha

Beberapa waktu terakhir, harga kebutuhan pokok semakin meningkat naik. Sedangkan gaji karyawan dan pendapatannya masih segitu saja. hal ini kemudian membuat banyak orang memilih untuk menjadi pengusaha. Di mana ia bisa mengontrol sendiri jenis usahanya, bagaimana dia akan menjalaninya, di mana lokasi usahanya, dan kapan pengerjaannya. Membuka usaha memang terkesan mudah dilakukan, namun kenyataannya juga tidak semudah yang dibayangkan.

Untuk memulai sebuah usaha, ada banyak sekali faktor yang perlu dipersiapkan. Salah satu faktor pentingnya adalah modal. Modal digunakan untuk menyewa atau membangun lokasi usaha, membeli produk atau membuat produk, serta membeli berbagai keperluan lainnya yang dibutuhkan untuk membuka usaha. Bagaimana dengan mereka yang tidak memiliki modal?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut saya akan memberikan informasi seputar beberapa cara mendapatkan modal usaha. Berikut ini informasi dari saya selengkapnya.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Anda

Jika anda berniat untuk menjadi pengusaha, apapun jenis usahanya tentu membutuhkan yang namanya modal. Kalau anda memiliki modal sendiri, anda bisa membangun modal dengan lancar. Tapi bagaimana dengan yang tidak memiliki modal? Berikut ini beberapa cara mendapatkan modal usaha.

1. Dana Hibah Perusahaan

Modal untuk usaha bisa didapatkan dari dana hibah perusahaan. Mau itu perusahaan pemerintah ataupun perusahaan swasta. Sekarang ini, banyak perusahaan besar yang mempunyai budget ataupun anggaran tersendiri untuk membantu memperbaiki perekonomian masyarakat sekitar perusahaan dan masyarakat umum dengan cara menyalurkan dana modal untuk usaha melalui Divisi Corporate Social Responsinility atau CSR.

Untuk teknis penyaluran dananya bisa berupa bentuk event competition. Oleh sebab itu, event ini menjadi peluang untuk para calon pengusaha yang ingin memiliki dana tambahan untuk modal usaha mereka.

2. Kerjasama

Cara mendapatkan modal usaha selanjutnya adalah dengan menjalin kerjasama. Kalau anda mempunyai saudara atau teman yang juga mempunyai minat dan keinginan yang sama dengan anda untuk menjadi pengusaha dan membangun bisnis, anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan modal tambahan. Rekan bisnis yang ada bisa jadi hanyalah memberikan bantuan modal saja, atau bisa juga ikut membantu operasional sehari-hari. Anda harus memiliki kesepakatan mengenai pembagian hasil sebelum usaha anda dimulai. Buatlah perjanjian tertulis lengkap dengan materai untuk menjamin jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.
Misalnya : Cara Mudah Bisnis Pakaian Online Tanpa Modal

kerjasama wirausaha

3. Investor

Cara mendapatkan modal bisnis selanjutnya adalah dengan mencari investor. Seperti halnya dengan menjalin kerjasama, investor juga bisa membantu kita untuk mendapatkan modal tambahan untuk usaha. Perbedaannya, umumnya investor hanya akan memberikan bantuan berupa dana dan tidak terjun langsung ke usaha anda. sama seperti dengan bekerjasama, memilih investor untuk mencari dana tambahan juga dibutuhkan perjanjian di awalnya.

Nah, itulah beberapa cara mendapatkan modal usaha. Semoga artikel saya kali ini bisa membantu anda dalam memilih cara untuk mendapatkan modal.

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

One Reply to “3 Cara Mendapatkan Modal Usaha”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *