Tempatnya Ilmu Internet

Strategi Pemasaran yang Efektif untuk Mengembangkan Usaha

Mendirikan sebuah bisnis mungkin akan terdengar menggiurkan di telinga banyak orang. Meski begitu, berbisnis tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Baik membangun bisnis berskala besar atau kecil, kita tetap membutuhkan strategi pemasaran yang tepat agar pengembangan bisnis lebih optimal dan terus menghasilkan keuntungan.

Dalam memasarkan produk, ada istilah yang dikenal dengan nama biaya pemasaran atau marketing cost. Contoh dari biaya pemasaran adalah biaya iklan, biaya pemeliharaan, gaji salesman, komisi, sewa gudang, dan lain-lain. Semakin besar usaha yang kita miliki, maka biaya yang dikeluarkan juga semakin besar. Lalu bagaimana jika bisnis yang sedang kita jalankan masih bertaraf kecil?

Meski dengan modal kecil, bukan berarti kita tidak bisa melakukan strategi pemasaran. Sebab ada banyak sekali alternatif pemasaran lainnya, terlebih di era serba teknologi ini. Saat ini, strategi pemasaran bisa dilakukan secara digital. Hal ini tentu dapat meminimalisir biaya yang harus dikeluarkan.

Strategi Pemasaran yang Efektif untuk Mengembangkan Usaha

Saat kita membuka usaha dengan modal kecil, harapan selanjutnya tentu ingin mengembangkan bisnis agar lebih besar. Lalu bagaimana strategi pemasaran yang efektif untuk mengembangkan bisnis yang tengah dijalankan? Berikut adalah beberapa strateginya.

  1. Melakukan Riset Pasar

Saat mulai berbisnis, kita perlu memperhatikan pasar yang menjadi sasaran kita. Mengingat dunia yang terus dinamis, maka tren pasar juga senantiasa berubah. Hal ini menjadikan kita sebagai pelaku bisnis perlu rajin dalam melakukan riset pasar. Hal ini bertujuan agar kita bisa terus memahami tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk kita. Selain itu, riset pasar juga membantu kita mengetahui tren yang sedang hype dan disukai oleh pasar. Dengan begitu, kita memiliki bekal untuk mengembangkan bisnis ke depannya.

  1. Membuat Branding yang Kuat

Saat kita memutuskan untuk berbisnis maka branding adalah salah satu hal penting yang perlu dibangun sejak bisnis baru berjalan. Tidak masalah jika usaha yang kita jalankan masih berskala kecil, tetapi kita tetap harus membangun citra baik untuk meningkatkan brand awareness. Hal ini bertujuan agar masyarakat sadar akan keberadaan bisnis ataupun produk kita. Membangun brand awareness bisa dimulai dari memperkenalkan identitas brand ke calon pembeli melalui berbagai platform, seperti media sosial, website, hingga marketplace.

Ingat, identitas brand yang dibangun harus mengandung informasi yang berkaitan dengan produk yang dijual. Karena banyaknya kompetitor yang menjual produk serupa dengan milik kita, maka kita perlu membuat inovasi pada produk kita. Kita perlu memberitahu kelebihan-kelebihan pada produk kita dan memberikan alasan mengapa calon pembeli harus membeli produk Anda.

  1. Memanfaatkan Penggunaan Website

Untuk membuat bisnis kita berjalan dalam jangka panjang, maka kita perlu memiliki website sendiri. Meskipun media sosial sudah cukup ampuh sebagai salah satu strategi pemasaran, namun keberadaan website akan membuat calon pelanggan lebih percaya dengan bisnis kita. Website bisa memuat informasi terkait dengan bisnis kita, katakol produk, dan di sana penjual dan konsumen bisa dengan lebih mudah berinteraksi. Bangunlah website yang menarik tetapi tetap mudah digunakan. Sesuaikan tema dan desain website sesuai produk dan target pasar. Jika teman-teman merasa belum mahir membuat website, saat ini sudah banyak layanan penyedia hosting murah dan domain, seperti Jetorbit, yang bisa membantu teman-teman dalam mengembangkan website. Pilihlah layanan yang sesuai kebutuhan dan konsultasikan keinginan teman-teman.

Strategi Pemasaran yang Efektif untuk Mengembangkan Usaha dengan Website

  1. Membuat Konten yang Menarik

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa penting bagi pelaku bisnis untuk menciptakan brand awareness. Salah satu cara yang bisa digunakan yaitu dengan membuat konten-konten yang menarik di beberapa platform. Kita bisa menulis blog di situs-situs komunitas secara menarik, kemudian mencantumkan link bisnis kita. Cara ini termasuk strategi marketing yang tergolong murah dan efektif. Selain itu kita juga bisa mengunggah konten-konten menarik di media sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube, ataupun Instagram.

  1. Memanfaatkan Email Marketing

Email marketing adalah sebuah email yang dikirimkan para pebisnis kepada pelanggan atau calon pelanggan yang menjadi target bisnis untuk mencapai tujuan pemasaran. Agar pemanfaatan email marketing bisa efektif, maka kita perlu membuatnya dengan menarik. Tuliskan judul yang menarik dan buatlah tulisan yang persuasif. Hal ini bertujuan agar email marketing yang kita kirimkan dibuka dan tidak masuk masuk spam atau bahkan langsung dihapus target audiens. Adapun berbagai macam email marketing biasa digunakan dalam strategi pemasaran seperti newsletter email, press release email, dan email transaksional.

  1. Melakukan Evaluasi

Strategi yang tidak kalah penting untuk mengembangkan bisnis adalah dengan rutin melakukan evaluasi terhadap bisnis itu sendiri. Hal ini bertujuan untuk mengamati arus bisnis, apakah ada penurunan atau peningkatan. Jangan lupa untuk selalu membuat report selama tahun berjalan. Apabila ketika evaluasi didapati terjadinya penurunan, maka kita bisa segera mencari cara baru atau memodifikasi cara lama dengan cara baru sebagai strategi marketing yang akan digunakan. Sebaliknya, apabila terjadi kenaikan, kita juga perlu mencari tahu faktor-faktor apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Demikianlah informasi mengenai strategi pemasaran untuk mengembangkan bisnis yang tengah dijalankan. Semoga teman-teman terbantu setelah membacanya.

Apabila di antara teman-teman sudah memiliki website berbasis WordPress namun terkendala pada kecepatan sebab layanan web hosting yang kita gunakan, maka mungkin saatnya teman-teman beralih. Teman-teman mungkin memerlukan migrasi website ke layanan hosting. Hal ini agar website teman-teman dapat bekerja dengan maksimal. Berikut kami sertakan panduan cara migrasi WordPress antar hosting.

Leave A Reply

Your email address will not be published.