Tempatnya Ilmu Internet

Cara Jual Rumah dan Tanah melalui Online, Supaya Cepat Laku

Properti seperti rumah dan tanah, semakin hari harganya semakin melambung. Namun untuk menjualnya menjadi perkara yang tidak mudah, perlu beberapa perhitungan dan cara yang sesuai supaya tanah ataupun rumah yang akan dijual laku dengan cepat. Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit berbagi mengenai cara jual rumah dan tanah melalui online, supaya rumah dan tanah yang akan dijual mempunyai jangkauan yang lebih luas, sehingga harapannya bisa cepat laku dengan harga yang tinggi.

Semenjak meluasnya jangkauan internet, membuat keterbukaan informasi semakin didapat. termasuk di dunia properti, hal ini tentu memudahkan penjual dan konsumen untuk mendapatkan info tanah ataupun rumah.

Mengingat harga rumah ataupun tanah sekarang tidaklah murah, maka untuk menemukan konsumen yang serius bukan perkara mudah, terlebih jika rumah ataupun tanah yang kita jual sudah terpampang di media online, siap-siap akan banyak yang menanyakan setiap saat dan Anda di tuntut untuk jeli dan sabar ketika melayaninya.

Namun sebelum Anda jual rumah dan tanah secara online, Anda perlu memperhatikan poin-poin seperti berikut, supaya rumah ataupun tanah yang akan dijual cepat laku.

Jika ingin menjual rumah ataupun tanah, Anda tidak bisa serta merta menjual sesuai dengan keinginan, sebab seperti properti lainnya, rumah ataupun tanah mempunyai rate pasar sendiri. Jadi sebelum menentukan harga, pastikan Anda sudah survey terlebih dulu.

Anda bisa survey di lingkungan terdekat, dari tetangga sekitar yang sudah laku rumah atau tanahnya, dan pastikan harganya diatas NJOP (Nilai Jual Objek Pajak), sehingga mempunyai gambaran harga tanah ataupun rumah yang akan dijual.

  • Perhatikan Kelebihan dan Kekurangan Rumah / Tanah

Selain survey, Anda juga perlu memperhatikan kelebihan dan juga kekurangan dari properti yang akan dijual. Baik itu lokasinya, akses sekitar, fasilitas sekitar, bebas banjir atau tidak, dan untuk rumah bagaimana kondisi rumahnya, juga perlu diperhatikan.

Jika kondisi rumah rusak lumayan parah, alangkah baiknya di perbaiki terlebih dulu sebelum dijual, karena jika tidak akan menjadi nilai negatif buat rumah yang akan dijual.

  • Tentukan Harga Jualnya

Hal krusial sebelum menjual rumah ataupun tanah ialah menentukan harga jualnya, sebab dari sinilah salah satu hal yang bisa membuat rumah ataupun tanah yang akan dijual cepat laku atau bukan, meskipun bukan satu-satunya faktor yang menentukan, akan tetapi berpengaruh besar.

Sebelumnya, silahkan lihat struk pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), terdapat Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang merupakan gambaran harga dari tanah ataupun rumah yang Anda miliki, namun menurut penulis NJOP tersebut merupakan harga bawah, artinya Anda bisa menjual rumah / tanah diatas NJOP tersebut.

Untuk menentukan harga jual rumah ataupun tanah, Anda bisa menghitung dari kelebihan serta kekurangan properti yang dimiliki, dan juga survey di sekitar properti yang sudah terjual, serta pertimbangan-pertimbangan lainnya menyesuaikan kondisi properti yang Anda miliki.

Cara Jual Rumah dan Tanah melalui Online

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, ketika ingin jual rumah dan tanah. Yakni diantaranya sebagai berikut :

1. Gunakan Situs Properti

Cara termudah yang bisa Anda lakukan untuk jual rumah dan tanah ialah memasangnya di situs properti. Ngomong – ngomong situs properti, sekarang ini sudah banyak sekali situs properti yang bisa Anda gunakan, salah satunya www.tanah.com yang bisa kalian coba, disitu kalian bisa jual/sewa rumah, tanah, ruko, apartemen.

jual rumah dan tanah di situs properti

Pada situs properti biasanya Anda bisa membuat listing secara gratis maupun berbayar. Tentunya jika fitur berbayar ada keistemewaan yang tidak bisa di dapatkan di listing gratis. Namun dengan memasang di situs properti kemungkinan di lihat calon konsumen semakin banyak, sebab situs properti memang diciptakan sebagai media perantara antara penjual dan calon konsumen properti.

2. Gunakan Sosial Media

jual rumah di sosial media

Sosial media baik itu facebook, twitter, instagram, memang menjadi media yang paling sering digunakan oleh masyarakat umum. Hampir bisa dipastikan semua orang yang hidup di era sekarang mempunyainya.

Hal inilah yang menjadikan peluang untuk tempat jual – beli, tak terkecuali jual beli properti. Jika Anda terbiasa menggunakan sosial media, Anda bisa jual properti dengan bergabung di group – group yang ada di sosial media.

3. Pasang Iklan di Google Ads

jual tanah di google ads

Memasang iklan di google ads, menjadi alternatif yang menarik jika pasar konsumen dari properti yang akan Anda jual di segmen tertentu. Tentu untuk memasang iklan di google ads membutuhkan modal, akan tetapi jika Anda ingin membidik konsumen di segmen-segmen tertentu akan menjadi langkah yang tepat.

4. Pasang Iklan di Sosial Media Ads (FB, Instagram, Twitter, dll)

Selain anda memasang iklan di google ads, Anda juga bisa lho memasang di sosial media seperti facebook, twitter, instagram, dengan membidik segmen kelas tertentu di area/kota tertentu.

Tentu dengan maraknya penggunaan sosial media, membuat peluang properti Anda terjual dengan cepat semakin besar bukan.

5. Buat Blog Khusus

Bagi Anda yang mempunyai keahlian membuat blog yang menarik (blogger), Anda bisa membuat blog yang didalamnya terdapat properti rumah atau tanah yang ingin dijual.

Meskipun cara ini saya yakin tidak semua orang bisa, akan tetapi akan menjadi menarik jika Anda bisa menampilkan sisi lain yang belum tentu ada di 4 media yang sudah disebutkan diatas.

Demikian penjelasan singkat mengenai cara jual rumah dan tanah melalui online. Semoga bisa menambah wawasan ya, dan bisa di coba praktekkan ketika ingin menjual aset properti Anda dikemudian hari.

Leave A Reply

Your email address will not be published.