Tempatnya Ilmu Internet

Cara Membersihkan Cache di Laptop (PC)

Tahukah Anda jika salah satu yang membuat kinerja laptop lemot, salah satunya karena cache yang sudah banyak. Cara membersihkan cache di laptop, PC komputer Anda baiknya dihapus secara berkala, supaya cache tidak menumpuk.

Seringkali ketika anda menggunakan laptop dalam waktu yang lama menyebabkan ruang hardisk anda tiba – tiba berkurang dengan sendirinya padahal anda tidak menginstal atau menambah file di dalam hardisk tersebut. Hal ini memang wajar karena dalam pemakaian sistem operasi khususnya windows akan selalu meninggalkan file sampah yang berasal dari proses di sistem operasi atau dari aplikasi yang dijalankan.

File yang bersifat sementara ini jika jumlahnya sedikit tidak mengganggu kinerja laptop anda, namun jika file tersebut lama kelamaan dibiarkan menjadi banyak dan menumpuk di laptop tentu akan membuat kinerja laptop menjadi lebih lambat dan terganggu.

File sampah yang kami sebutkan di atas dalam dunia komputer disebut dengan cache, tentu file cache harus dibersihkan secara berkala. Tujuan membersihkan cache di laptop memang untuk memberi ruang kosong pada hardisk dan membuat kinerja laptop menjadi lebih ringan. Ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk membersihkan cache di laptop, beberapa diantaranya kami bahas dalam tulisan berikut.

Apa itu Memory Cache?

Sebelum mengetahui bagaimana cara membersihkan cache di laptop, anda perlu mengetahui pengertian dasasr mengenai memory cache. Cache atau Memory Cache adalah sebuah penyimpanan sementara dari sebuah perangkat komputer atau tablet yang mendukung adanya cache. Cache ada agar transfer data di dalam komputer lebih cepat karena cache membuat pemrosesan data lebih cepat apabila anda ingin mengakses data yang sama karena sudah tersimpan terlebih dahulu pada memory cache.

Memory cache biasanya terletak antara memori utama (register) dan memory RAM, sehingga apabila ingin mengakses data tidak perlu mengakses memory register sehingga waktu pemrosesan lebih cepat.

Cara Membersihkan Cache di Laptop dan PC

Dikarenakan memory cache merupakan memory sementara yang apabila dibiarkan akan membuat penuh hardisk dan lambat kinerja dari program komputer atau sistem operasi, maka anda perlu membersihkan cache di laptop secara berkala. Ada beberapa cara membersihkan cache di laptop yang dapat anda lakukan, namun kami merangkum ke dalam dua cara yang umum dilakukan yaitu tanpa aplikasi tambahan (default dari windows) dan menggunakan aplikasi tambahan, caranya adalah sebagai berikut.

Membersihkan Cache di PC dengan Browser

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk membersihkan cache di pc atau laptop, salah satunya dengan menghapusnya melalui browser google chrome, mozilla firefox, ataupun browser lainnya. Adapun cara menghapus cache hampir sama dengan menghapus history di browser, yakni sebagai berikut.

Menghapus Cache di PC dengan Google Chrome

  1. Buka google chrome melalui laptop atau komputer.
  2. Di kanan atas, klik Lainnya atau titik gerigi 3.
  3. Klik Fitur lainnya atau More Tools. Hapus data browsing atau Clear browsing data untuk yang menggunakan bahasa inggris.
  4. Di bagian atas, pilih rentang waktu. Untuk menghapus semua, pilih Semua.
  5. Di samping “Cookie dan data situs lainnya” dan “Gambar dan file dalam cache“, centang kotaknya.
  6. Klik Hapus data atau Clear Data.

Menghapus Cache di PC dengan Mozilla Firefox

  1. Buka mozilla firefox
  2. Klik pada side menu dan pilih Library > History > Clear Recent History.
  3. Pada durasi (time range), pilih opsi All Time jika ingin menghapus sejak data pertama, atau opsi lain sesuai keinginan.
  4. Pilih salah satu elemen yang ingin dihapus – cache, cookies, history.
  5. Klik Clear Now.

Membersihkan Cache di Laptop dengan Disk Cleanup

Salah satu fasilitas untuk membersihkan cache di laptop sudah disediakan oleh windows sendiri melalui aplikasi disk cleanup. Disk cleanup dapat menghapus beberapa macam file sampah yang ada pada hardisk di windows anda. Untuk membersihkan cache di laptop, anda perlu melakukan langkah berikut :

  1. Buka Windows Eksplorer, Pilih Komputer / My Computer/ This PC
  2. Kemudian pilih pada salah satu hardisk yang ada, klik kanan pada hardisk tersebut. Klik properties
  3. Pada tab general terdapat tombol disk cleanup, klik tombol sampai muncul jendela disk cleanup
  4. Tunggu proses analisa disk selesai hingga muncul menu disk cleanup, jika analisa selesai akan muncul keterangan file apa saja yang akan dihapus dari disk termasuk cache
  5. Centang pada file sampah yang anda inginkan untuk dibersihkan, setelah itu klik OK
  6. Proses pembersihan akan dilakukan tunggu hingga selesai

Cara Membersihkan Cache di windows

Cara Menghapus Cache Di Laptop

cara hapus cache di laptop

Baca Juga : Cara Menghapus Password Bios Laptop dan Komputer

Membersihkan Cache di Laptop dengan CCleaner

Selain dengan menggunakan aplikasi bawaan windows disk cleanup, anda juga dapat membersihkan cache di laptop menggunakan apilkasi CCleaner, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan aplikasi CCleaner terinstal di komputer anda, jika belum anda bisa download dan instal aplikasi tersebut
  2. Buka aplikasi CCleaner dan akan muncul menu cleaner
  3. Pada menu utama cleaner, terdapat beberapa pilihan file atau program yang perlu dibersihkan, anda bisa langsung klik Run cleaner untuk membersihkan cache, atau Analyze untuk menganalisa terlebih dahulu
  4. Tunggu proses pembersihan cache hingga selesai

Cara Membersihkan Cache Di Laptop

Baca Juga : Cara Menggunakan Telegram di Komputer (PC)

Demikian artikel kami mengenai  cara membersihkan cache di laptop, semoga membantu dan bermanfaat bagi anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.