Tempatnya Ilmu Internet

Apa itu Moodle, serta Kelebihan dan Kekurangan Moodle

Bagi sebagian besar orang mungkin belum familiar dengan moodle, apa itu moodle dan manfaatnya buat apa sih ? Pengertian moodle adalah salah satu CMS atau LMS yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran antara pendidikan atau dosen dan peserta didik atau mahasiswa, dan enaknya lagi moodle bisa digunakan secara online maupun offline.

Jika anda ingin menggunakannya moodle secara offline bisa menginstallnya di komputer server di sekolah atau universitas, lalu siswa dan guru bisa menggunakan moodle hanya di lingkup sekolah atau universitas, melalui jaringan LAN.

Namun jika anda ingin menggunakan moodle secara online, baik siswa maupun guru bisa menggunakan aplikasi pembelajaran online moodle ini dimana saja kapan saja, asal terkoneksi internet semua bisa mengaksesnya.

Apa itu Moodle?

Moodle sendiri merupakan singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment, adalah perangkat lunak yang di ciptakan secara gratis untuk media pembelajaran berbasis web menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. Yang mana bisa digunakan di komputer ataupun laptop, dan juga smartphone yang sudah terkoneksi internet.

Moodle termasuk salah satu e-learning yang mempunyai peminat sangat banyak, salah satu faktornya CMS ini sudah berskala internasional sehingga dari segi keamanan sudah baik, serta aplikasi ini benar-benar gratis, artinya semua orang bebas menggunakannya serta memodifikasi sesuai kebutuhan.

Dengan belajar menggunakan moodle anda bisa memberikan pembelajaran jarak jauh, kepada anak didik anda jika anda sebagai pendidik (guru). Dan dari sisi peserta didik bisa dengan mudah mengakses moodle menggunakan laptop ataupun smartphone masing-masing.

Kelebihan dan Kekurangan Moodle

Sama seperti pada aplikasi e-learning lainnya, pada dasarnya moodle pun juga mempunyai kekurangan dan kelebihan yang bisa anda jadikan pertimbangkan sebelum menggunakannya.

Kelebihan Moodle

Berikut adalah kelebihan moodle yang ada saat ini.

  1. Fitur moodle yang lengkap untuk sebuah proses pembelajaran online, sangat cocok digunakan di era sekarang.
  2. Pengguna bebas melakukan kustomisasi atau memodifikasi, dan caranya pun relatif mudah.
  3. Sistem pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.
  4. Sistem jaringan dan juga keamanan yang dapat disetting sendiri.
  5. Ruang akses yang dapat dibatasi dengan jaringan yang dibuat. Karena masing masing pengguna memiliki hak akses yang berbeda.
  6. Memudahkan pendidik dan peserta didik dalam memberikan tugas dan mengerjakan tugas, sesuai dengan RPP yang sudah disiapkan.

Kekurangan Moodle

Berikut ini adalah kekurangan moodle secara umum ditemui.

  1. Bagi sebagian orang, membutuhkan pemahaman yang lebih tentang sistem yang ada dan cara menggunakan moodle.
  2. Perlunya tenaga ahli IT bertugas sebagai administrator untuk memaintenance dan juga membangun system e-learningnya yang kompleks.

Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan tidak semua anggapan diatas sepenuhnya benar karena tiap orang mempunyai pemahaman yang berbeda-beda. Tapi yang perlu dipahami adalah dengan adanya moodle anda bisa memanfaatkan sebagai media aplikasi pembelajaran online jarak jauh.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi E-Learning dan Contohnya

Itu tadi penjelasan singkat mengenai apa itu moodle, serta kelebihan dan kekurangan moodle secara umum yang bisa kalian pelajari. Selanjutnya setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya, anda tinggal mempertimbangkannya apakah ingin menggunakan moodle atau tidak, sebagai media pembelajaran berbasis online yang sekarang lebih ngetrand dan di butuhkan pada masa covid-19 seperti pada saat artikel ini dibuat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.