Tempatnya Ilmu Internet

Pengertian, Fungsi E-Learning dan Contohnya

Pengertian E-Learning adalah apa sih sebenarnya? apa peranan dan fungsi e-learning itu? Mungkin itu secuil pertanyaan dihati Anda yang mungkin terusik, jika ada pembahasan seputar e-learning. Pada kesempatan kali ini saya akan share sedikit mengenai pengertian e-learning, fungsi e-learning, dan contoh e-learning yang mungkin bisa memudahkan anda dalam memahami e-learning.

Berkembangnya teknologi dan dunia pendidikan saat ini mendorong inovasi dan perkembangan mengenai bagaimana cara mendapatkan ilmu dengan cepat tanpa batasan tempat dan waktu. Salah satu terobosan baik dalam dunia pendidikan ialah dengan adanya e –learning atau media belajar elektronik, dengan berkembangnya internet dan kemudahan informasi maka e-learning saat ini cukup banyak dijumpai sebagai sarana mendapatkan ilmu dengan cepat dan mudah.

Pengertian E-Learning

Pengertian E-learning adalah suatu bentuk media pembelajaran / pendidikan yang menggunakan dan memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar. E-learning memungkinan orang melakukan komunikasi jarak jauh untuk mendapatkan pendidikan tanpa harus datang ke tempat / institusi pendidikan.

Dengan kata lain pengertian e-learning adalah sarana belajar mengajar tanpa harus bertatap muka langsung antara pengajar dan yang diajar di dalam dunia pendidikan. E-learning saat ini sudah banyak dijumpai baik itu di sekolah – sekolah maupun di dunia perkuliahan untuk melakukan proses belajar mengajar tersebut.

Fungsi E-learning

Berdasarkan pengertian E-learning yang sudah kami paparkan di atas, e-learning memiliki banyak fungsi yang penting guna menunjang dunia pendidikan dengan lebih baik dan mudah. Fungsi e-learning kami rangkum dalam poin berikut.

  1. E-learning berfungsi untuk menunjang proses belajar mengajar di dunia pendidikan saat ini. E-learning dapat diakses 24 jam, dan tanpa perlu membuka sekolah di hari libur namun proses pembelajaran tetap berlangsung sehingga menunjang kegiatan belajar mengajar.
  2. E-learning memudahkan orang untuk melakukan proses belajar mengajar dengan mudah dan efisien.
  3. E-learning berfungsi sebagai sarana belajar mandiri yang efektif dalam dunia pendidikan.
  4. Fungsi e-learning dalam dunia pendidikan adalah mengurangi dan efisiensi biaya administrasi dari pembiayaan di dunia pendidikan, misalnya mengurangi biaya sarana fisik, transportasi, dan akomodasi.
  5. E-learning berfungsi dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dunia pendidikan dengan majunya teknologi informasi saat ini. E-learning dapat meningkatkan kualitas materi pendidik, peran peserta didik, dan mudah dipahami dengan adanya teknologi yang menyertai e-learning dalam proses belajar mengajar.

Dari fungsi yang sudah disebutkan di atas, e-learning memiliki banyak fungsi dan membei dampak positif maupun negatif di dunia pendidikan. Sisi positif dari e-learning adalah kemudahan dan efisiensi biaya dan waktu dalam belajar mengajar, sementara kekurangan dari e  – learning ialah kurang meratanya internet sebagai sarana mendapatkan e-learning dan kurangnya interaksi antara pengajar dan siswa/mahasiswa.

Baca Juga : Pengertian, Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta Beserta Cirinya

Contoh E-learning

Berdasarkan perkembangan hingga saat ini, banyak website dan aplikasi yang telah menawarkan  e-learning sebagai sarana penunjang belajar mengajar mereka. Kami rangkum contoh e-learning yang biasa digunakan :

  1. Canvas

Canvas adalah salah satu contoh e-learning berbasis LMS (Learning Management System) yang memungkinkan penggunanya untuk menjadi pengajar atau siswa yang dipertemukan dalam satu kelas. Dalam Canvas juga terdapat tugas dan materi seperti pada kelas konvensional di sekolah / universitas.

  1. Udemy

Udemy adalah contoh e-learning yang menawarkan layanan berupa kelas dengan pengajar profesional dari universitas / perguruan tinggi yang bersifat resmi. Udemy menawarkan kelas dengan biaya tertentu dengan berbagai macam varian kelas, mulai dari pengetahuan umum dan kelas lainnya seperti kelas olahraga dan memasak, serta kelas lainnya.

  1. Quipper Video

Quipper Video adalah salah satu contoh e-learning yang menawarkan materi pembelajaran bagi siswa SMP dan SMA dan juga bagi yang akan mempersiapkan diri untuk masuk SMA maupun perguruan tinggi. Materi pembelajaran bisa dibilang cukup lengkap namun anda perlu mengeluarkan biaya untuk mengakses Quipper Video.

  1. Moodle

Moodle adalah contoh e-learning bersifat gratis yang berbasis web, menggunakan Moodle anda dapat membuat sebuah e-learning system sendiri di lingkungan sekolah atau kampus. Selain pembelajaran seperti pada e-learning umumnya, dengan moodle juga dapat mengadakan tes online seperti pada umumnya.

5. Ruang Guru

Ruang Guru bisa dibilang salah satu e-learning Indonesia yang cukup sukses, elearning yang satu ini meskipun berbayar akan tetapi mempunyai kontent yang berkualitas, sebab konten yang disajikan benar-benar bisa dipertanggungjawabkan dan berasal dari pengajar profesional.

Baca Juga : Pengertian dan Fungsi DBMS

6. Edmodo

Selain beberapa contoh e-elarning yang sudah disebutkan diatas, ada juga contoh e-learning gratis yang sering di pakai dalam proses pembelejaran di Indonesia, yakni Edmodo. Dari segi fitur edmodo mempunyai spesifikasi yang cukup lengkap dan pastinya untuk saat ini masih gratis.

Demikian tulisan kami mengenai pengertian beserta fungsi e-learning dan contohnya, kami sarankan anda untuk manfaatkan fasilitas e-learning sebagai sarana mendapatkan ilmu dan pendidikan dengan lebih mudah dan cepat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.