Tempatnya Ilmu Internet

Pengertian XAMPP Menurut Para Ahli Lengkap Serta Fungsinya

Bila Anda merupakan salah satu Mahasiswa jurusan TI, SI, atau jurusan komputer lain, atau sedang mempelajari pemprograman berbasis website. Maka Anda harus memahami terlebih dulu tentang XAMPP, minimal Anda harus tahu pengertian XAMPP menurut para ahli.

Selain itu biasanya, bila kita menyusun makalah, tugas akhir, atau skripsi yang membahas mengenai XAMPP, maka biasanya membutuhkan pengertian xampp menurut para ahli disertai dengan daftar pustaka untuk melengkapinya.

Bila anda mengerti dunia teknologi informasi dan internet, tentu tidak jauh dari aplikasi – aplikasi yang mendukung kegiatan tersebut. Internet berkaitan erat dengan website yang mana didukung oleh beberapa perangkat pendukung seperti server. Dalam dunia server dikenal dengan Apache Server yang penggunaanya sudah cukup sering dan umum digunakan. Sedangkan dalam mengembangkan website, terutama yang berbasis bahasa pemorgraman PHP dan Apache Server, perlu perangkat lunak yang mendukung hal tersebut.

Pengertian XAMPP adalah perangkat lunak yang paling umum digunakan untuk menjalankan server apache dan melakukan pengenmbangan web berbasis PHP. XAMPP sebenarnya merupakan gabungan dari beberapa perangkat lunak yang berhubungan dengan server, web, dan pengembangannya. Pengertian XAMPP secara akronim berasal dari singkatan masing – masing program, yakni X (Cross Operating System), A (Apache), M(MySQL), P (PHP), dan P (Perl). Mengenai pengertian XAMPP dari para ahli dan contoh ada pada poin berikut.

Pengertian XAMPP Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pendapat menurut para ahli, yang mendefinisikan mengenai XAMPP.

Menurut Hidayatullah

XAMPP merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis dan dapat diakses secara lokal menggunakan web server local (localhost).

Daftar Pustaka : Hidayatullah, Priyanto, dan Jauhati Khairul K. 2015.Pemrograman WEB. Bandung: Informatika Bandung.

 

Menurut Madcom

Sekarang ini banyak software web server yang disediakan secara gratis diantaranya menggunakan XAMPP. Dengan menggunakan software instalasi ini, maka sudah dapat melakukan beberapa software pendukung, web server yaitu Apache, PHPMyAdmin, dan database MySQL.

Daftar Pustaka : Madcoms. (2011). Kupas Tuntas Adobe Dreamweaver CS5 Dengan Pemrograman PHP & MySQL.Yogyakarta: Andi Offset.

 

Menurut I Putu Agus Eka Pratama

XAMPP adalah aplikasi web server bersifat instan (siap saji) yang dapat digunakan baik di sistem operasi Linux maupun di sistem operasi Windows.

Daftar Pustaka : Pratama, I Putu Agus Eka. 2014. Sistem Informasi Dan Implementasinya. Bandung : Informatika Bandung.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi E-Learning dan Contohnya

Menurut Riyanto

Menurut beliau, Pengertian XAMPP adalah seperangkat/satu paket PHP dan MySQL yang memiliki basis open source, dimana software ini dapat digunakan sebagai alat pembantu untuk mengembangkan aplikasi berbasis PHP. XAMPP ini berupa satu paket aplikasi yang berisi beberapa perangkat lunak yang berbeda-beda.

 

Menurut Buana

Menurut Buana (2014:4) Pengertian XAMPP adalah perangkat lunak opensource yang diunggah secara geratis dan bisa dijalankan di semua semua operasi seperti windows, linux, solaris, dan mac.

 

Menurut Pengembang XAMPP

Berdasarkan keterangan dalam laman resminya. Pengertian XAMPP adalah sebuah perangkat lunak paling populer dalam pengembangan PHP, dimana XAMPP adalah aplikasi yang mudah, gratis, dan terdiri atas beberapa perangkat di dalamnya seperti Apache, MariaDB (MySql), PHP, dan Perl. XAMPP memiliki sifat open source dan mudah digunakan.

Baca Juga : Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Peer to Peer

Fungsi XAMPP

Sesuai dengan pengertian para ahli yang telah disebutkan di atas bahwa XAMPP adalah sebuah program yang menjembatani pengguna untuk mengembangkan web dari PHP dan Apache server secara umumnya. XAMPP sendiri memiliki beberapa fungsi utama sebagai berikut :

  • XAMPP fungsinya dapat sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), dengan adanya server lokal ini pengguna tidak perlu menyewa server sungguhan dan internet untuk mengembankan web yang diinginkan
  • XAMPP memiliki fungsi sesuai dengan program tambahan yang disediakan di dalamnya. Misalnya MySQL untuk mengakses database, PHP untuk menjalankan bahasa pemrogramanan PHP dengan server Apache, dan terdapat program pendukung lainnya
  • XAMPP berfungsi dalam penerjemah bahasa pemrograman PHP dan Perl yang mana harus menggunakan server untuk menjalankan prosesnya.

Contoh XAMPP dalam Penerapannya

Karena XAMPP merupakan sekumpulan paket program yang ada, maka contoh XAMPP sendiri kami jelaskan pada penerapannya, antara lain sebagai berikut.

  1. Localhost / Apache Server

Sesuai fungsi utamanya, pada XAMPP contoh untuk fitur utama adalah apache server yang membuat/menjalankan sebuah server localhost. Melalui servis ini anda dapat menjalankan website (yang dikembangkan) secara lokal tanpa harus ada koneksi internet dengan menghubungi server. Localhost merupakan sebuah server berbasis protokol HTTP.

  1. MySQL /PHP My Admin

Bila localhost berhubungan dengan apache server, maka phpmyadmin pada XAMPP merupakan contoh penerapan MySql / database pada XAMPP. Untuk mengolah database ini  anda dapat membuka phpmyadmin dan melakukan operasi standar pada sebuah database.

  1. Control Panel

XAMPP control panel adalah tempat di mana semua aplikasi yang terdapat pada XAMPP. Melalui panel ini anda dapat mengatur program dari XAMPP mana yang akan diaktifkan, dinonaktifkan, atau melakukan pengaturan lainnya.

Demikian artikel kami mengenai pengertian XAMPP menurut para ahli, serta fungsinya, semoga menambah khazanah ilmu anda, terimakasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.