Tempatnya Ilmu Internet

Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Peer to Peer

Sekarang ini ada banyak jenis jaringan komputer yang bisa anda pelajari, salah satunya ialah jaringan peer to peer. Sama seperti model jaringan komputer lainnya, jaringan peer to peer juga mempunyai kelebihan dan kekurangan. Lalu pengertian jaringan peer to peer, serta apa saja kelebihan dan kekurangan peer to peer akan kami ulas secara lengkap pada penjelasan kali ini.

Sebelum berbicara jauh mengenai kekurangan dan kelebihan dari jaringan komputer / topologi peer to peer, anda harus tahu apa itu jaringan peer to peer? serta apa yang membedakan jaringan komputer peer to peer dengan jaringan komputer lainnya. Dalam ilmu jaringan komputer, kita mengenal ada topologi jaringan peer to peer dan topologi client server. Masing-masing mempunyai perbedaan yang cukup mencolok.

Pengertian Jaringan Peer To Peer

Pengertian peer to peer sendiri merupakan salah satu jaringan komputer, yang menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya dengan fungsi dan kedudukan yang sama, dengan kata lain komputer server dan komputer client mempunyai fungsi dan kedudukan yang sama. Bisa dibilang topologi peer to peer ini tidak membutuhkan server, untuk bisa menghubungkan satu pc ke pc lainnya.

Berbeda dengan topologi jaringan client server, yang memang sudah di setting ada 1 komputer yang berguna sebagai server, dan komputer lainnya berguna sebagai client. Dan komputer server dan client mempunyai kedudukan dan fungsi yang berbeda. Dimana komputer server berfungsi sebagai kontrolling sistem jaringan komputer.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Topologi Jaringan Star dan Mesh

Topologi peer to peer boleh dibilang, merupakan jenis jaringan komputer tersimpel yang bisa anda pelajari. Karena anda tidak perlu mensetting sedemikian rupa untuk bisa membuat jaringan peer to peer. Untuk membuat jaringan komputer peer to peer anda bisa menggunakan 2 komputer saja, anda sudah bisa membuat jaringan komputer peer to peer.

Kelebihan dan Kekurangan Peer to Peer

Berikut ini adalah penjelasan dari jaringan peer to peer, yang perlu anda ketahui.

Kelebihan Jaringan Peer to Peer

  • Fleksibel dan Efisien, terlebih untuk jaringan komputer yang sedikit.
  • Mudah dalam pembuatannya.
  • Setiap komputer (PC) bisa berperan ganda, yakni bisa sebagai komputer client ataupun server.
  • Tidak membutuhkan administrator khusus untuk merawat jaringan.
  • Tidak membutuhkan sistem operasi maupun aplikasi khusus untuk komputer server.

Baca Juga : Macam Macam Kabel Jaringan Komputer

Kekurangan Jaringan Peer to Peer

  • Kontroling jaringan yang rendah
  • Tingkat kemanan file yang di share sangat rendah.
  • Administrasi file sharing tidak terkontrol dengan baik.
  • Banyaknya file sharing akan mempengaruhi kinerja komputer.
  • Jika terjadi gangugan penanganannya lebih sulit, sebab semua perangkat komputer terlibat dalam sistem komunikasi jaringan.

Dengan fungsi dan model jaringan seperti itu, maka jaringan peer to peer biasanya dipergunakan untuk jaringan komputer skala kecil, dalam lingkup yang lebih kecil, untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya, dengan jumlah komputer yang tidak terlalu banyak. Dengan kata lain, jenis jaringan komputer peer to peer ini tidak cocok untuk jaringan komputer yang kompleks dan skala besar.

Baca Juga : Jenis Topologi Jaringan Serta Kelebihannya

Itu tadi pembahasan pengenai pengertian, kelebihan dan kekurangan peer to peer dibandingkan dengan model jaringan komputer lainnya. Sekarang anda sudah mengetahuinya, selanjutnya tinggal anda sendiri yang bisa menilai model jaringan komputer mana yang sesuai dengan kebutuhan jaringan komputer anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.