Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Jenis Topologi Jaringan Serta Kelebihannya

jenis topologi jaringan komputer

Jaringan komputer yang terdapat pada kehidupan sehari – hari dan sering dijumpai memiliki banyak jenis dan bentuk yang berbeda – beda. Bentuk yang berbeda – beda ini disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan perangkat jaringan yang diinginkan. Jenis dan bentuk jaringan ini lebih dikenal dengan nama topologi jaringan.

Topologi jaringan memiliki pengertian suatu cara atau konsepi dalam menghubungkan beberapa komputer atau banyak komputer sekaligus sehingga tercipta suatu jaringan yang terkoneksi dan berfungsi seperti pada umumnya. Karena konsep dalam merangkai sebuah jaringan beragam, maka muncul beberapa jenis topologi yang dapat digunakan dan memiliki kelebihan masing – masing.

Ada beberapa jenis topologi yang sering digunakan, namun biasanya dibagi dalam dua kategori yakni topologi logik dan topologi fisik. Topologi logik adalah topologi jaringan yang bersifat tidak memiliki bentuk fisik (hanya berupa konsep saja) sedangkan implementasinya dapat diterapkan pada topologi jaringan fisik yang umum dijumpai sehari – hari.

Jenis Topologi Jaringan Logik

jenis topologi jaringan komputer

Sebelum memahami mengenai topologi jaringan fisik, anda terlebih dahulu harus memahami jenis topologi jaringan logik, yang terbagi dalam dua jenis berikut :

  1. Topologi Peer to Peer

Topologi ini tidak memerlukan server sebagai media pertukaran informasi, dua komputer yang terhubung sudah dapat melakukan pengiriman data sehingga tiap komputer dapat berfungsi sebagai client / server.

  1. Topologi Client Server

Topologi  jaringan ini terdapat minimal satu atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dapat diubah melalui software jaringan tertentu. Komputer client berfungsi menjadi perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server berfungsi memberi informasi yang diperlukan oleh komputer client.

Baca juga artikel menarik lainnya :

Jenis Topologi Jaringan Fisik dan Kelebihannya

Topologi fisik adalah topologi jaringan yang memiliki bentuk dan konsep berbeda – beda dalam menghubungkan beberapa komputer dalam satu jaringan yang ada. Kami merangkum beberapa topologi jaringan fisik yang umum beserta kelebihannya berikut :

A. Topologi Bus

Topologi Bus adalah jenis topologi jaringan komputer yang mana komputer disusun secara serial (berderet) dengan dihubungkan melalui kabel dan tiap koneksi harus diakhiri di kedua ujung jaringan tersebut dengan sebuah terminator.

Kelebihan :

Topologi Bus memiliki kemudahan instalasi dan hemat biaya karena sedikitnya peralatan dan bahan yang dibutuhkan untuk jaringan ini. Selain itu topologi ini mudah dalam perawatan.

B. Topologi Ring

Topologi Ring adalah jenis topologi jaringan yang tiap komputer dihubungkan secara melingkar dimana tiap titik (komputer) terhubung ke kedua komputer lainnya. Tiap komputer terhubung satu sama lain dalam satu rangkaian sehingga membentuk lingkaran cincin dan komunikasi dilakukan satu arah menggunakan data token.

Kelebihan :

Instalasi cukup mudah, menghemat biaya karena sedikit kabel yang digunakan, serta kecepatan pengiriman data yang cukup tinggi.

C. Topologi Star

Topologi star merupakan jenis topologi jaringan yang memiliki konsep komputer terhubung dengan satu hub/switch sebagai pusat jaringan (node tengah) yang menghubungkan seluruh komputer client yang ada. Hub / switch yang menjadi pusat jaringan dapat mengontrol traffic data yang ada di jaringan.

Kelebihan:

Kelebihan topologi star memiliki kemudahan saat terjadi kerusakan jaringan komputer yang bermasalah, dapat menambah komputer saat jaringan menyala karena tidak mengganggu komputer lainnya, serta punya keamanan yang cukup tinggi.

D. Topologi Mesh

Topologi mesh adalah jenis topologi jaringan yang mana tiap komputer terhubung secara langsung dengan komputer lainnya tanpa perantara hub/switch seperti pada topologi star. Topologi mesh memungkinkan pengiriman data yang cepat karena data langsung dikirim kepada komputer tujuan.

Kelebihan :

Topologi mesh memiliki kelebihan pada kecepatan pengiriman data cukup tinggi serta apabila salah satu komputer bermasalah maka komputer lainnya tidak akan terganggu

E. Topologi Tree

Topologi tree adalah jenis topologi jaringan yang berbentuk pohon dan merupakan gabungan dari topologi star dan topologi bus. Topologi ini menghubungkan topologi star di bawah dengan topologi bus dan memiliki tingkatan tersendiri sehingga cukup luas dan kompleks.

Kelebihan :

Kelebihan Topologi tree adalah sebagai berikut :

  • Memiliki kemudahan dalam perluasan perkembangan jaringan
  • Memiliki manajemen data yang baik
  • dan mudah dalam mengetahui kerusakan jaringan.

Demikian tadi jenis atau macam-macam jaringan komputer dilihat dari topologi logik dan topologi fisik yang dijelaskan secara singkat. Namun mudah-mudahan bisa memberikan gambaran umum akan jaringan komputer.

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *