Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Jaringan Star dan Mesh

topologi mesh

Jaringan komputer yang merupakan komponen penting dalam menghubungkan antara satu komputer dengan yang lainnya, baik itu lokal maupun internet tentu memiliki berbagai macam bentuk dan jenis. Untuk tiap – tiap jenis topologi jaringan juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Dalam jaringan komputer dikenal banyak topologi jaringan yang digunakan, namun pada pembahasan kali ini  kami akan membahas mengenai salah satu jenis topologi jaringan komputer beserta kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan dan kekurangan topologi jaringan star dan mesh adalah topik dari tulisan kami kali ini.

Kedua topologi ini merupakan salah satu topologi yang cukup populer digunakan pada jaringan komputer. Namun masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing dalam penggunaanya.

Pengertian Topologi Jaringan Star dan Mesh

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan topologi jaringan star dan mesh, kami akan membahas sedikit definisi dari kedua topologi jaringan  tersebut.

  • Topologi Jaringan Star

Topologi jaringan ini merupakan topologi jaringan yang berpusat pada satu titik (node tengah) yang disebar ke node pengguna. Bentuk toplogi ini menggunakan node tengah (berupa switch / hub) yang menyebarkan jaringannya ke komputer pengguna masing – masing. Topologi star merupakan salah satu topologi jaringan dengan biaya menengah hingga tinggi. Komputer dalam jaringan ini terhubung dengan hub atau switch bukan secara langsung seperti topologi peer to peer atau mesh.

  • Topologi Jaringan Mesh

Topologi mesh menghubungkan setiap komputer secara point-to-point atau client  ke client. Artinya semua komputer akan saling terhubung satu-satu antar komputer sehingga tidak dapat dijumpai jaringan yang putus. Topologi ini  biasanya dijumpai pada instalasi atau lokasi yang penting, misalnya pada instalasi jaringan di pembangkit listrik. Topologi mesh juga disebut dengan topologi jala atau gabungan dari topologi ring dan star.

Baca juga artikel menarik lainnya :

Kelebihan dan Kekurangan Topologi  Jaringan Star

Jaringan star dengan bentuk seperti pada poin sebelumnya memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, antara lain sebagai berikut :

a. Kelebihan Topologi Jaringan Star

  • Mudah mendeteksi kerusakan pada satu komputer dalam jaringan
  • Mudah dalam menambah komputer baru tanpa mengganggu jaringan komputer yang sudah ada
  • Bersifat fleksibel dan memiliki keamanan jaringan yang cukup tinggi

b. Kekurangan Topologi Jaringan Star

  • Apabila node tengah mengalami masalah maka jaringan akan otomatis lumpuh total / ikut bermasalah
  • Biaya cukup tinggi apabila jaringan cukup besar karena memerlukan banyak perangkat dan kabel
  • Kestabilan jaringan tergantung pada terminal tengah / pusat.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Mesh

topologi mesh

Seperti pada topologi jaringan star, topologi jaringan mesh juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang ada, antara lain sebagai berikut :

a. Kelebihan Topologi Jaringan Mesh

  • Cepat dalam melakukan pengiriman data karena jika komputer satu bermasalah maka komputer lain tidak terganggu
  • Bandwidth yang digunakan cukup luas
  • Memiliki keamanan data yang cukup tinggi

b. Kekurangan Topologi Jaringan Mesh

  • Memiliki tingkat instalasi yang cukup rumit dibanding topologi jaringan yang lain
  • Biaya cukup tinggi dikarenakan faktor kerumitan instalasi jaringan
  • Biaya pemasangan cukup besar dan butuh banyak port dan kabel

Topologi jaringan star dan mesh memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Namun jika anda ingin membangun jaringan dengan kondisi yang sesuai dengan topologi di atas tidak ada salahnya membangun jaringan dengan topologi star atau mesh. Demikian tulisan kami mengenai kelebihan dan kekurangan toplogi jaringan star dan mesh, semoga menambah wawasan anda.

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *