Tempatnya Ilmu Internet

Kelebihan dan Kelemahan Kabel UTP dalam Jaringan Komputer

Terdapat berbagai jenis kabel jaringan yang umum digunakan dalam instalasi jaringan, seperti kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), kabel FTP (Foiled Twisted Pair) dan kabel STP (Shielded Twisted Pair). Untuk membuat hubungan jaringan lokal atau LAN, pada umumnya digunakan kabel UTP. Jenis kabel yang diperkenalkan pada tahu 1983an di Amerika Serikat ini pada awalnya digunakan untuk menghubungkan telepon analog POTS (Plain Old Telephone Service).

Seiring perkembangan jaringan komputer, kabel UTP juga mengalami perkembangan pesat sebagai media penghubung komunikasi dan tansfer data digital. Saat ini, selain untuk menghubungkan antar perangkat jaringan, kabel UTP juga dapat dimanfaakan untuk membatasi kecepatan akses internet masing-masing komputer. Pada artikel kali ini kami akan membahas lebih rinci mengenai pengertian, fungsi, kelebihan dan kelemahan kabel utp dalam jaringan komputer.

Pengertian Kabel UTP dalam Jaringan Komputer

Secara harafiah pengertian kabel Unshielded Twisted Pair atau disingkat kabel UTP yaitu kabel yang tidak dibungkus lapisan alumunium foil (Unshielded) dimana pasangan kabel-kabel didalamnya saling berlilitan (Twisted Pair). Ketiadaan lapisan alumunium foil membuat kabel ini rentan terhadap interferensi elektromagnetik. Namun pasangan kabel didalamnya dibuat saling berlilitan (dipilin) dengan tujuan untuk mengurangi interferensi listrik.

 

Kelebihan dan Kelemahan Kabel UTP dalam Jaringan Komputer

Umumnya kabel UTP terdiri 8 kabel kecil berbeda warna yang saling dipilin menjadi 4 pasang kabel. Bahan pembuat kabel ini adalah tembaga yang dilindungi dengan bahan isolasi dari api dan kerusakan fisik. Kabel UTP sendiri terdiri dari berbagai kategori dengan kemampuan yang berbeda-beda. Namun pada umumnya kabel UTP memiliki transfer rate antara 10 – 100 Mbps dan digunakan  untuk jarak pendek, maksimun 100 meter. Harga kabel UTP yang relatif murah, namun memiliki fleksibilitas serta kinerja yang relatif baik.

Baca juga artikel menarik lainnya :

Fungsi Kabel UTP dalam Jaringan Komputer

Secara umum kabel UTP berfungsi untuk menghubungkan antar perangkat dalam jaringan sehingga dapat saling bekomunikasi atau bertukar data. Umumnya kabel UTP digunakan untuk membentuk jaringan LAN (Local Area Network). Berikut fungsi kabel UTP dalam jaringan secara lebih rinci:

  1. Penghubung antar komputer: fungsi kabel UTP dalam jaringan salah satunya adalah untuk menghubungan komputer yang satu dengan komputer yang lain. Untuk menghubungkan antar komputer kabel UTP dipasang dengan susunan cross.
  2. Penghubung komputer dengan switch/ hub: jika memasang instalasi jaringan lebih dari dua komputer, maka diperlukan hub/ switch sebagai titik penghubung. Kabel UTP juga berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan hub/ switch. Untuk hubungan ini kabel UTP dipasang dengan susunan straight.
  3. Penghubung router dengan switch/ hub: untuk melakukan fingsi ini, kabel UTP juga dipasang dengan susunan straight.
  4. Membuat USB Extender: fungsi kabel UTP yang lainn adalah sebagai kabel perpanjangan USB, yitu memperpanjang jarak USB port dengan USB connector. Selain sebagai perpanjangan kabel USB, kabel UTP juga dapat digunakan untuk perpanjangan kabel printer.

Kelebihan dan Kekurangan Kabel UTP dalam Jaringan Komputer

  1. Kelebihan Kabel UTP

    • Harga relatif murah;
    • Lebih fleksibel, karena tidak dilindungi lapisan alumunium foil;
    • Diameter kecil (0,43 cm) sehingga memudahkan dalam proses instalasi, dan cocok dengan berbagai merek konektor RJ-45;
    • Pemeliharaannya relatif mudah;
    • Kerusakan pada salah satu salurannya, tidak akan mengganggu keseluruhan jaringan.
  2. Kekurangan Kabel UTP

    • Mudah terkenan gangguan interferensi elektromagnet dari perangkat lain, karena tidak dilindungi lapisan alumunium foil;
    • Lentur dan mudah terkelupas, sehingga tidak coco digunakan di medan yang berat maupun luas;
    • Jarak jangkauan pendek, maksimum 100 meter.
    • Transmisi data relatif lambat.

Demikian artikel mengenai pengertian, fungsi, kelebihan dan kelemahan kabel utp dalam jaringan komputer ini. semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.