Annesha Merupakan konstributor yang kini sedang menempuh pendidikan S1 di Universitas Jendral Soedirman Purwokerto. Sangat Tertarik dengan dunia Komputer & Desain Grafis.

Cara Membuat Stempel di Coreldraw

cara membuat stempel di coreldraw

Kita tentu sering melihat stempel baik di proposal, surat resmi atau bahkan nota dari toko. Cara membuat stempel di coreldraw sebenarnya tidaklah susah. Seperti yang kita tahu bahwa stempel adalah salah satu komponen yang sangat penting di suatu lembaga, organisasi, toko atau instansi lainnya. Tanpa adanya stempel, suatu dokumen dinyatakan tidak sah atau tidak valid. Ibaratnya, dokumen resmi tanpa stempel itu seperti kertas yang tidak berguna. Weizz, lebay yah. Tapi memang begitulah pentingnya stempel dalam sebuah dokumen.

Bentuk stempel sendiri bermacam-macam. Stempel yang biasa digunakan oleh instansi biasanya berbentuk lingkaran dengan tambahan tulisan keterangan instansi. Sebenarnya ada banyak bentuk stempel yang digunakan, namun yang sering kita lihat hanya berbentuk lingkaran. Biasanya bentuk stempel menyesuaikan logo dari suatu instansi atau perusahaan. Di jaman yang sudah canggih seperti sekarang, bentuk stempel bisa dibuat sekreatif mungkin dengan bentuk-bentuk yang unik dan tidak biasa.

Sebelum stempel bisa digunakan, desain stempel harus dibuat terlebih dahulu menggunakan aplikasi desain seperti Corel atau pun Photoshop. Kamu juga bisa loh membuat desain stempel sendiri sesuai dengan keinginan kamu. Lumayan bukan bisa memangkas biaya desain? Kalau bisa membuat sendiri kenapa tidak? Tutorial yang akan saya berikan dibawah ini adalah stempel umum yang berbentuk lingkaran. Yuk langsung saja simak tutorial cara membuat stempel di Coreldraw berikut ini.

CARA MEMBUAT STEMPEL DI CORELDRAW

LANGKAH 1

Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan laptop yang sudah terinstal Coreldraw. Pastikan juga kamu sudah tau tulisan yang akan dimasukkan kedalam stempel nantinya.

LANGKAH 2

Langkah berikutnya adalah buka lembar kerja di Corel seperti biasa. Kemudian buat dua objek lingkaran menggunakan Ellipse Tool atau cukup tekan F7. Buat satu lingkaran besar  dan satu lingkaran kecil. Posisikan lingkaran yang lebih kecil berada di tengan lingkaran besar. Jangan lupa untuk menekan tombol Ctrl agar lingkaran yang dibuat proposional.

Baca juga :

LANGKAH 3

Langkah selanjutnya adalah memberi tulisan, caranya adalah dengan pilih “Text Tool” atau cukup menekan tombol F8.

Kemudian buat teks tersebut melengkung mengikuti bentuk lingkaran kecil caranya klik pada teks tersebut, kemudian klik “Text” pada Menu Bar di bagian atas lembar kerja, lalu klik pada “Fit Text to Path”.

LANGKAH 4

Selanjutnya tempatkan teks menyesuaikan bentuk lingkaran yang kecil dengan mengaturnya dengan mouse.

LANGKAH 5

Langkah selanjutnya adalah membuat tulisan ditengah lingkaran. Sebelumnya buat dahulu persegi panjang dan letakkan ditengah lingkaran seperti gambar dibawah.

Kemudian Seleksi persegi panjang tersebut dan lingkaran kecil. Selanjutnya klik pada “Back Minus Front”. Kemudian hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

LANGKAH 6

Selanjutnya beri teks di tengah-tengah kotak tersebut. Kamu juga bisa menambahkan aksesoris lain seperti logo bintang atau yang lainnya. Kira-kira seperti inilah jadinya desain stempel yang kamu buat barusan.

cara mbikin stempel di coreldraw

Nah, bagaimana sob? Sangat mudah bukan? Sekarang kamu sudah bisa membuat stempel sendiri di corel. Lumayan kan kamu bisa menghemat budget desain. Walaupun terlihat simpel, jasa desain stempel juga biasanya dikenai harga dengan kisaran tertentu. Jika kamu bisa mendesain sendiri, tentu saja kamu tidak perlu menyisihkan uang hanya untuk biaya desain stempel.

Demikian artikel tentang cara membuat stempel di Coreldraw. Semoga artikel diatas dapat membantumu yang ingin belajar Corel dengan membuat desain sederhana dan bisa juga bermanfaat bagi orang-orang yang ada disekitarmu ya sob. Terima kasih.

Annesha Merupakan konstributor yang kini sedang menempuh pendidikan S1 di Universitas Jendral Soedirman Purwokerto. Sangat Tertarik dengan dunia Komputer & Desain Grafis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *