Annesha Merupakan konstributor yang kini sedang menempuh pendidikan S1 di Universitas Jendral Soedirman Purwokerto. Sangat Tertarik dengan dunia Komputer & Desain Grafis.

Cara Memotong Gambar di Corel

Cara Memotong Gambar di Corel

Kamu tentu sudah tidak asing dengan istilah memotong gambar atau biasa disebut dengan crop. Biasanya jika kamu pergi ke tempat percetakan foto tentu sering melihat tukang foto yang meng crop foto hingga didapatkan proporsi foto yang diinginkan. Fitur crop atau crop tool sendiri biasanya selalu disediakan oleh software desain seperti Photoshop, Coreldraw, dan software desain lainnya. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan lebih membahas cara memotong gambar di Corel. Corel sendiri merupakan salah satu software yang banyak dipilih desainer untuk membuat desain tertentu. Saking bekennya software ini, kamu tentu sudah menerima pelajaran dasar-dasar desain menggunakan Corel saat duduk di bangku SMA bukan? Mungkin itu adalah salah satu alasan kenapa skill desain menggunakan Corel cukup penting di zaman yang sekarang ini.

Back to the topic, memotong gambar atau crop gambar merupakan teknik dasar desain yang sering sekali digunakan. Memotong gambar atau crop gambar biasanya digunakan untuk menghilangkan bagian gambar yang tidak diinginkan. Biasanya teknik ini digunakan untuk memotong foto atau gambar agar sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, memotong foto juga bisa berguna untuk menjadikan gambar menjadi berbentuk seperti yang kita inginkan, misalnya saja menjadi oval, segitiga atau bentuk lainnya.

CARA MEMOTONG GAMBAR DI COREL (CARA PERTAMA)

Agar lebih jelas, yuk langsung saja kita praktikkan bagaimana cara memotong gambar di Corel.

LANGKAH 1

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan segala sesuatu yang kamu butuhkan seperti laptop yang sudah terinstall Coreldraw, dan gambar yangin kamu potong.

LANGKAH 2

Langkah ke dua adalah buka Coreldraw seperti biasa, kemudian buka lembar kerja baru. Selanjutnya import gambar yang sudah kamu siapkan tadi, atau cukup drag gambar tersebut dari folder ke lembar kerja Coreldraw.

LANGKAH 3

Langkah berikutnya adalah klik pada gambar tadi, lalu klik Crop Tool pada Tool Box di sebelah kiri lembar kerja seperti pada gambar dibawah ini. Selanjutnya akan muncul kursor dari crop tool.

cara memotong gambar di corel draw

LANGKAH 4

Kemudian seleksi bagian gambar yang kamu inginkan. Kemudian klik dua kali pada gambar tersebut. secara otomatis area yang kamu seleksi  tadi akan terpotong sesuai keinginanmu.

Itulah tadi cara memotong gambar di Corel. Cara diatas memang cara yang paling sederhana untuk memotong gambar dengan membuang bagian yang tidak diinginkan. Selain cara diatas, ada lagi cara memotong gambar menyesuaikan dengan bentuk yang kita inginkan. Penasaran?

Baca juga artikel menarik lainnya : 

CARA MEMOTONG GAMBAR DI COREL (CARA KEDUA)

Berikut ini cara lain untuk memotong gambar di corel draw yang juga bisa dicoba.

LANGKAH 1

Tidak berbeda dengan tutorial diatas, pastikan kamu sudah mempersiapkan laptop, Corel dan gambar. Kemudian buka lembar kerja baru di Corel dan import gambar yang ingin kamu potong.

LANGKAH 2

Kemudian buat bentuk yang kamu inginkan, disini saya mencontohkan bentuk oval. Lalu tempatkan bentuk oval tadi diatas gambar agar menutupi area yang ingin kamu potong.

LANGKAH 3

Seleksi gambar dan bentuk oval tersebut. kemudian pada bagian atas lembar kerja klik “Intersect”.

cara crop gambar di corel

Hasilnya gambar akan berbentuk oval seperti gambar dibawah ini.

cara crop gambar di corel

Bagaimana guys? Mudah kan? Itulah tadi cara memotong gambar di aplikasi Corel yang pastinya mudah untuk diikuti. Demikian artikel tentang cara memotong gambar di Corel. Semoga artikel diatas dapat membantumu mempelajari Corel dari teknik dasar hingga menjadi profesional. Selamat belajar dan terima kasih.

Annesha Merupakan konstributor yang kini sedang menempuh pendidikan S1 di Universitas Jendral Soedirman Purwokerto. Sangat Tertarik dengan dunia Komputer & Desain Grafis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *