Tempatnya Ilmu Internet

Cara Merekam Layar HP Android Menjadi Video HD Tanpa Root

Dewasa ini banyak hal yang dapat dilakukan android, bukan hanya sekedar untuk komunikasi saja namun sudah meluas ke beberapa hal lain. Saat ini banyak orang yang melakukan perekaman layar atau screen record dengan tujuan membagi videonya untuk hal tertentu. Cara merekam layar hp android menjadi video pada HD tanpa root tidaklah terlalu susah, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat video HD dari HP Android.

Misalnya anda ingin membagikan tutorial android dengan melalui video secara langsung, merekam layar adalah salah satu cara yang terbaik. Selain itu anda juga bisa membagikan video anda ke sosial media untuk tujua yang lainnya.

Saat ini untuk cara merekam layar hp android menjadi video hd tidak sulit, bahkan di beberapa blog atau youtube sudah dibagi banyak tutorial mengenai cara merekam layar hp android menjadi video HD (kualitas tinggi). Akan tetapi kebanyakan tutorial membagikan cara merekam layar dengan melakukan root terlebih dahulu. Hal ini karena aplikasi yang dipakai mengharuskan tindakan tersebut.

Meski melakukan root itu tidak susah, namun tidak setiap pengguna hp android ingin melakukan root di perangkat mereka masing – masing. Ada beberapa alasan mengapa hp ini tidak di root, misalnya keamanan, garansi, dan lain-lain. Hal ini tentu memunculkan  cara baru dalam merekam layar android menjadi video HD tanpa root.

Melalui tulisan ini kami akan berbagi ilmu kepada anda tentang cara merekam layar android menjadi video hd root. Dengan cara ini anda tetap bisa melakukan kegiatan merekam layar di android anda tanpa harus  root bahkan modifikasi android yang anda gunakan.

Cara Merekam layar HP Android Menjadi Video HD Tanpa Root

cara merekam layar hp android menjadi video hd tanpa root

Berikut ini adalah beberapa cara merekam layar hp android menjadi video HD tanpa harus melakukan root pada hp anda, yang dalam penjelasan kali ini kami akan membagikan 3 cara ngrekam layar hp android menjadi video kualitas tinggi tanpa harus melakukan root.

Menggunakan Aplikasi Screen Recorder dari OS Bawaan Ponsel Yang Digunakan

Merekam layar android menjadi video HD tanpa root dengan cara ini merupakan cara yang bisa dikatakan cukup mudah. Dengan aplikasi bawaan ponsel anda tidak perlu menambahkan aplikasi tambahan ke android anda. Meski mudah, namun cara ini tidak dapat dijumpai di semua merk hp android yang diluncurkan, contoh handphone yang menyediakan fasilitas screen recorder bawaaan tanpa root ini terdapat pada ponsel Sony Xperia Z Ultra.

Bisa dibilang fasilitas merekam layar menjadi video HD terdapat pada ponsel android seperti Sony. Sedangkan untuk perangkat android lain seperti Samsung, Xiaomi, Asus, Lenovo jarang sekali bahkan penulis belum menemukan aplikasi bawaan tersebut. Maka dari itu bagi anda yang menggunakan android merk Sony Xperia patut bersyukur karena jika ingin merekam layar android menjadi video hd tidak perlu melakukan root dan menambah aplikasi. Sedangkan untuk pengguna perangkat lainnya, sudah jelas anda harus menginstall aplikasi tambahan.

Khusus bagi anda pengguna Sony, untuk melakukan perekaman layar anda bisa aktifkan fitur screen cast yang ada pada Sony Xperia. Anda bisa melakukan aktivasi dengan menekan dan menahan pada tombol power. Lalu akan muncul pilihan restart ponsel, matikan ponsel, screen shot dan merekam layar. Pilih opsi untuk merekam layar pada perangkat Sony Xperia anda. Anda bisa melakukan perekaman layar  menjadi video hd tanpa root dengan bebas melalui aplikasi ini.

Menggunakan Aplikasi Google Play Game Bawaan Google

cara merekam layar hp android menjadi video kualitas tinggi

Sebagian besar orang tidak tahu bahwa aplikasi Google Play Games dari google bisa melakukan perekaman layar hp android menjadi video HD. Dengan aplikasi ini anda bisa merekam video HD tanpa root dan tanpa perlu melakukan modifikasi OS di perangkat android anda.

Aplikasi Google Play game sebenarnya berguna untuk menyimpan data game yang ada pada  android. Akan tetapi terdapat beberapa fungsi lain dari Google Play Game yang dapat digunakan dan tersedia, namun tidak dimanfaatkan secara maksimal oleh pengguna. Salah satu fitur yang bisa diakses adalah fitur merekam game untuk dapat streaming langsung ke channel Youtube anda. Dengan aplikasi ini, anda bisa langsung melakukan streaming dari hp  android hanya melalui aplikasi Google Play Game saja.

Pada Google Play Game, anda dapat merekam layar hp android menjadi video dengan tambahan akses live streaming ke Youtube.  Tentu saja ini merupakan hal memudahkan kita yang ingin melakukan perekaman layar android menjadi video hd tanpa root. Hal ini karena Google Play Game tidak perlu akses root untuk melakukannya, selain itu anda juga tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan.

Adapun untuk melakukan perekaman layar hp android menjadi video hd tanpa root dengan Google PlayGame, panduannya anda bisa mengunjungi melalui situs resmi Google PlayGame.

Namun perlu anda ketahui bahwa cara ini dapat dilakukan dengan spesifikasi dengan android versi Android Lollipop 5.0 ke bawah (paling baru). Selain itu fitur merekam layar hp menjadi video dari Google Play Game ini tidak mendukung semua perangkat yang sudah terpasang android 5.0 lollipop hingga paling baru.

Kebanyakan cara ini juga berlaku untuk ponsel android bermerk seperti Samsung Galaxy, Google Nexus, Pixel, dll. Sedangkan untuk merk lain seperti Oppo, Asus, Vivo kadang – kadang tidak dapat melakukan perekaman layar. Meski mudah, namun ternyata perlu spesifikasi khusus untuk dapat melakukan hal ini.

Menggunakan Aplikasi Tambahan dari Pihak Ketiga

Ini adalah cara terakhir dan paling umum, bila anda tidak berhasil melakukannya dengan cara diatas. Anda bisa merekam layar hp android dengan aplikasi tambahan, dalam hal ini aplikasi dari pihak ketiga. Biasanya aplikasi sudah tersedia di play store dan terbagi dalam kategori yang mengharuskan root atau tidak. Dalam kasus kali ini kita akan memberi contoh untuk aplikasi tanpa root.

Beberapa aplikasi untuk merekam layar hp android menjadi video tanpa root memiliki fitur yang menarik dan tak kalah dengan aplikasi yang lain. Salah satu aplikasi yang umum digunakan adalah aplikasi “AZ Screen Recorder – No Root”. Jelas dari namanya aplikasi ini tidak perlu akses root untuk merekam layar.

Kelebihan dari AZ Screen Recorder adalah lebih ringan dan paling mudah pengaturannya untuk mleakukan perekaman layar. Sehingga aplikasi ini tidak kalah dengan aplikasi sejenis yang perlu root.

Lihat juga :

AZ Screen Recorder juga bisa mengaktifkan kamera depan dan juga sound recorder. AZ Screen recorder dapat digunakan di berbagai jenis hp android. Baik Hp mainstream seperti Samsung, Asus, Lenovo atau merk baru seperti Vivo, Xiaomi, Oppo dan beberapa merk lainnya dapat  menjalankan aplikasi ini dengan baik. Bisa disimpulkan aplikasi ini, merupakan rekomendasi dari kami mengenai cara merekam layar android menjadi video hd tanpa melakukan root, dan relative mudah untuk di praktekkan.

Demikianlah tulisan kami mengenai beberapa cara merekam layar hp android menjadi video  hd tanpa root. Semoga menjadi bahan informasi dan menambah wawasan anda tentang android. Sekian dan semoga bermanfaat bagi anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.