Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

5 Penyebab Keyboard Laptop Anda Macet dan Tidak Berfungsi

Penyebab Keyboard Laptop Anda Macet dan Tidak Berfungsi

Mungkin Anda akan merasa kesal jika keyboard laptop mendadak rusak. Padahal Anda sendiri merasa tidak melakukan apa-apa pada keyboard laptop Anda. Keyboard macet bisa menyerang laptop dengan brand apapun termasuk harga laptop Acer terbaru yang memiliki spesifikasi canggih sekalipun juga bisa berisiko mengalami kerusakan.
Meskipun demikian, dengan adanya kejadian seperti ini tentunya Anda akan merasa jengkel. Apalagi disaat yang bersamaan Anda sedang terburu-buru menyelesaikan tugas deadline. Mood Anda juga akan terbawa rusak karena terjadi hal yang tidak diharapkan. Tapi, jangan sampai Anda tidak menemukan solusi apapun, karena keyboard macet bukan masalah yang berat bagi laptop Anda.

Penyebab Keyboard Laptop Macet

Keyboard merupakan komponen luar laptop. Tanpa keyboard Anda tidak bisa mengetik dan menyelesaikan pekerjaan. Maka dari itu, Anda harus menjaga kebersihan laptop agar keyboard tetap berfungsi seperti biasanya. Dengan menjaga kebersihan laptop sebenarnya Anda sudah berusaha menjaga komponen lainnya agar tetap berfungsi dengan baik.

Penyebab Keyboard Laptop Anda Macet dan Tidak Berfungsi
Namun, meskipun begitu Anda harus tetap berjaga-jaga apabila keyboard laptop Anda tiba-tiba macet, error, dan tidak berfungsi. Dalam keadaan yang demikian hal yang harus Anda lakukan yaitu mengidentifikasi penyebab keyboard pada laptop Anda rusak. Bisa jadi kerusakan tersebut diakibatkan debu-debu yang masuk pada celah-celah keyboard. Adapun penyebab-penyebab lainnya yang akan diuraikan dibawah ini.

1. Menekan Keyboard Laptop Secara Acak

Terkadang kita tidak sengaja menekan keyboard laptop secara acak, baik dalam keadaan sadar ataupun tidak. Akibatnya keyboard laptop jadi error, seperti huruf atau angka yang diketikkan tidak sesuai dengan apa yang ditampilkan di layar laptop. Hal ini menjadi penyebab umum mengapa keyboard mendadak macet. Jadi hal ini tidak ada hubungannya dengan harga laptop Acer terbaru yang tengah Anda incar, sebab ini kembali lagi pada pemakaian laptop itu sendiri.

2. Keyboard Kotor dan Berdebu

Penyebab kerusakan lain pada keyboard laptop ialah karena sudah kotor dan berdebu. Biasanya debu-debu akan hinggap pada keyboard jika laptop tidak ditutup usai digunakan. Akibatnya keyboard Anda error sehingga tidak menampilkan apapun saat Anda menekannya.

3. Menekan Kombinasi Shortcut Secara Sembarang

Memilih tombol shortcut memang memudahkan Anda dalam melakukan pekerjaan. Namun, Anda harus sedikit berhati-hati ketika mengkombinasikan tombol ctrl, shift, alt, dan Fx. Karena ada beberapa shortcut yang bisa mematikan keyboard laptop Anda. Ada juga keyboard yang didesain dengan mengganti posisi keyboard
sebelumnya. Peraturan-peraturan seperti ini bisa Anda temukan pada beberapa brand laptop tertentu.

Baca juga :

4. Kerusakan pada Driver Keyboard

Kerusakan pada driver keyboard terjadi karena driver yang ada pada laptop Anda sudah tidak sinkron lagi dengan keyboard. Hal tersebut bisa saja terjadi ketika Anda melakukan atau mengubah pengaturan-pengaturan tertentu yang imbasnya terjadi pada driver keyboard Anda. Untuk mengatasi keyboard yang rusak pada harga laptop Acer terbaru Anda cukup dengan mengupdate driver keyboard melalui device manager.

5. Konektor Keyboard Longgar

Kemungkinan terakhir keyboard Anda macet, error, dan tidak berfungsi dikarenakan konektor keyboard yang mulai longgar. Penyebabnya bisa jadi Anda tidak sengaja menggeser konektor tersebut saat laptop berada dalam tas. Karena konektor yang dimaksud berada pada komponen luar laptop. Untuk mengatasinya pun Anda harus membongkar keyboard pada laptop. Itulah lima penyebab keyboard pada laptop Anda macet, error, hingga tidak
berfungsi. Apabila keyboard rusak dikarenakan penyebab di atas, tentunya Anda bisa segera mengatasinya. Namun, apabila kerusakan yang dialami keyboard merambah pada komponen lainnya, lebih baik Anda membeli laptop baru.
Jika kerusakan pada laptop cukup parah dan akan membutuhkan biaya lebih untuk servis, akan lebih baik jika Anda membeli laptop baru di Bukalapak. Lagi pula harga laptop Acer terbaru di Bukalapak cukup terjangkau. Laptop Acer Aspire juga bisa menjadi pilihan untuk laptop baru Anda.

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *