Tempatnya Ilmu Internet

Kenali perbedaan Black Hat, White Hat, dan Grey Hat

Setelah sebelumnya membahas beberapa perbedaan antara hacker dan cracker. Kali ini kita akan membahas mengenai Hacker yang ternyata memiliki beberapa kategori yaitu Black Hat Hacker, White Hat Hacker, dan Grey Hat Hacker. Istilah tersebut dibagi berdasarkan pola pikir mereka serta cara kerja dan tujuannya. Termasuk mencari celah keamanan sistem perusahaan berbasis aplikasi seperti Halo Jasa yang mengharuskan sistem informasi yang andal dan memiliki tingkat keamanan tinggi, untuk berbagai layanan jasa.

Perbedaan Black Hat, White Hat, dan Grey Hat

Yuk kita bedah masing-masing perbedaan dari ketiganya.

  1. Black Hat

Para hacker yang identik dengan melakukan beragam kejahatan di masyarakat dengan meretas suatu sistem secara illegal. Hacker tersebut disebut Black Hat dengan meretas sebuah sistem dan mencuri beragam data-data pribadi dan rahasia.

Data-data penting yang kerap jadi incarannya ialah nomor rekening, password email, kartu kredit, hingga menginfeksi beragam perangkat dengan virus.

Hasil data-data yang telah diperjualbelikan tersebut kemudian dijual kembali dengan harga tinggi. Aksi mereka tersebut terbilang sebagai tindak kriminal karena mengakibatkan kerusakan pada sistem dan kerugian bagi pihak yang teretas namun menimbulkan keuntungan bagi yang meretas.

  1. White Hat

Berbeda dengan Black hat, White Hat justru bekerja dengan mencari celah keamanan dalam suatu sistem atau software. Mereka juga sering dipanggil good hacker atau hacker yang beretika karena aksi mereka sesuai dengan norma-normal berlaku, bukan sebaliknya yang bertujuan sebagai tindak kriminal.

Fokus dari White Hat ialah mencari cara bagaimana sebuah sistem dapat dilindungi, serta menguji keamanan dari sistem tersebut. Saat kelemahan dari sebuah sistem ditemukan, mereka segera langsung menginformasikan kepada developer untuk memperbaiki sistem keamanan mereka.

  1. Grey Hat

Terakhir, istilah Grey Hat disematkan kepada hacker yang memiliki sifat dan tujuan di tengah-tengah dari Black dan White Hat.

Biasanya, kelompok ini meretas sebuah sistem secara ilegal seperti Black Hat, namun sebatas hanya untuk menguji kemampuan mereka dan meninggalkan jejak tanpa merusak serta tidak melakukan tindakan kriminal layaknya black hat.

Setelah mengetahui ketiga istilah tersebut, maka sudah layaknya tidak terjadi kesalahpahaman terhadap jenis hacker yang beredar di sekitar Anda. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.