Tempatnya Ilmu Internet

Cara Transfer File dari Android ke Komputer Tanpa Kabel Data

Ada beberapa momen yang mungkin perlu ingin anda ketahui caranya, misal ketika ada foto atau dokumen yang sudah tersimpan di hp android ingin di pindahkan ke dalam komputer ataupun laptop yang kamu punya. Cara transfer file dari Android ke komputer tanpa kabel data, bisa anda lakukan sebagai tips android yang cukup mudah untuk di praktekkan sendiri. Di zaman sekarang ini manusia sudah didukung oleh berbagai perangkat teknologi yang memudahkan segala aktivitas kita. Saat ini bagi sebagian orang tiap harinya  dibekali oleh smartphone dan komputer. Kedua benda ini memang sudah menjadi barang yang wajib ada di kehidupan manusia. Hal ini karena kedua benda ini memang sangat menunjang aktifitas dan manfaatnya cukup besar saat ini.

Smartphone (khususnya android) dan laptop merupakan dua benda yang memiliki banyak manfaat dan berfungsi sangat banyak. Selain sebagai perangkat komunikasi antar manusia, kedua perangkat ini juga berfungsi untuk dapat menyimpan data penggunanya. Hal ini juga mendukung aktifitas manusia dengan mudah karena saat ini semua data disimpan melalui teknologi digital. Contoh saja data foto atau musik yang kebanyakan disimpan di perangkat android atau komputer.

Saat ini kedua perangkat tersebut sering dipakai beriringan sehingga terkadang ada beberapa file yang berasal dari android dan PC perlu ditransfer untuk tujuan tertentu. Transfer data antar perangkat ini merupakan sesuatu yang lumrah saat ini. Yang paling sering dilakukan oleh orang adalah melakukan transfer data dengan menggunakan kabel data. Biasanya kabel data tersedia bersama android atau dijual terpisah.

Bisa dibilang mentransfer data dari android ke komputer melalui kabel data terbilang mudah, cepat, dan efektif. Meski begitu ada juga orang yang tidak suka dengan cara ini. Hal ini karena penggunaan kabel data dirasa repot dan tidak setiap hari dibawa. Berkat perkembangan teknologi, maka keluhan orang mengenai hal ini saat ini sudah dapat diatasi.

Saat ini sudah banyak cara yang dapat dilakukan untuk transfer file dari hp android ke komputer tanpa kabel data. Kebanyakan cara yang dilakukan adalah melalui aplikasi atau jaringan internet, sehingga memiliki akses yang praktis dan lebih mudah. Melalui tulisan ini kami akan menjelaskan kepada anda mengenai hal tersebut melalui beberapa poin berikut ini.

Cara Transfer File dari Android ke Komputer Tanpa Kabel Data

Sebenarnya saat ini anda sudah bisa melakukan transfer file dari android ke komputer melalui beberapa aplikasi yang bisa digunakan. Selain aplikasi juga ada beberapa teknologi atau fitur yang dapat digunakan selain untuk transfer file juga dapat digunakan untuk menghubungkan kedua perangkat tersebut.

cara transfer file dari Android ke komputer tanpa kabel data

Dalam beberapa cara di bawah ini kami menekankan kepada anda bahwa cara yang dilakukan membutuhkan koneksi internet (lokal) antara komputer dan juga android, kedua perangkat ini harus tersambung satu sama lain.

Anda bisa menghubungkan android dengan komputer dalam jaringan yang sama di suatu area. Tujuan dari hal ini agar transfer file dapat dilakukan secara mudah dan efektif karena berada di jaringan lokal saja. Kami sudah merangkumnya dalam beberapa cara berikut :

Menggunakan Aplikasi Smart File Manager

Cara transfer file dari Android ke komputer tanpa kabel data yang pertama menggunakan Aplikasi Smart File Manager, dengan aplikasi ini memungkinkan anda untuk transfer file dari android ke komputer maupun sebaliknya. Untuk persiapan, anda dapat mendownload dan install aplikasi Smart File Manager melalui playstore. Setelah program terpasang dan berjalan normal, anda bisa melakukan beberapa langkah berikut :

  • Klik Menu yang terdapat pada pojok kiri atas aplikasi, pilih menu Transfer to PC.
  • Langkah selanjutnya adalah klik opsi start, lalu akan muncul alamat IP dari aplikasi tersebut. Anda perlu mencatat alamat ini agar lebih mudah.
  • Buka komputer anda, lalu buka browser (Bebas Firefox, Chrome, atau Opera). Lalu alamat IP yang sudah dicatat oleh anda harap masukkan ke adress bar browser.
  • Jika tidak ada kendala, maka tampilan file manager akan muncul. Melalui media ini anda bebas melakukan apapun pada file yang diinginkan. Bila ingin transfer file dari android, anda hanya perlu pilih file dan save ke komputer anda.

Menggunakan Aplikasi ShareIt

Selain aplikasi Smart File Manager, cara transfer file dari Android ke komputer tanpa kabel data lainnya ialah dengan SHAREit, adalah salah satu aplikasi transfer data terbaik. Berbeda dengan Smart File Manager, SHAREit bekerja dengan sistem membuat hotspot WiFi khusus yang dapat tersambung antara pengirim dan penerima file, sehingga dapat dilakukan secara cepat tanpa perlu koneksi internet langsung.

Untuk melakukan transfer file dari Android ke komputer menggunakan SHAREit, anda bisa melakukan langkah berikut :

  1. Buka aplikasi SHAREit kedua perangkat yaitu dari Android maupun Komputer anda, pastikan aplikasi telah terinstal.
  2. Pada SHAREit yang ada di Android, pilih opsi Send. Anda bisa cari file bebas yang akan dikirim. Lalu pilih Send kembali.
  3. SHAREit akan melihat perangkat komputer yang terpasang SHAREit melalui deteksi seperti tampulan radar. Bila komputer telah ditemukan, pilih Connect PC untuk menyambungkan SHAREit yang ada di Android dan SHAREit di komputer. Jika sudah benar silahkan pilih Go.
  4. Lakukan langkah di atas melalui SHAREit di Android. Pilih lagi komputer lain yang akan menerima file yang akan dikirim dari SHAREit dari Android anda.
  5. Dengan proses yang cepat, SHAREit di Android akan melakukan transfer file ke komputer dengan sangat cepat. Tentunya Shareit tidak akan mengurangi kuota internet anda karena bekerja secara lokal.

Lihat juga :

Melalui Media Cloud (Google Drive, Dropbox, dll)

Bila tidak tertarik dengan beberapa aplikasi di atas, anda bisa memanfaatkan transfer file dari Android ke komputer dengan aplikasi cloud drive, seperti Google Drive, Dropbox, dan sejenisnya. Cara ini dapat diambil dengan mengupload file dari android untuk didownload lagi dari komputer.

Cara ini bisa dibilang tidak efektif bila penerima adalah komputer sendiri dengan file berukuran kecil karena bisa dilakukan melalui media lain seperti bluetooth. Namun media cloud drive sangat berguna apabila perangkat penerima jauh jaraknya dan harus mengirim file dengan jumlah besar.

Menggunakan Bluetooth atau Email

Bila anda tidak senang dengan beberapa cara di atas, mungkin menggunakan bluetooth dan email bisa menjadi alternatif. Menggunakan bluetooth tentu aksesnya mudah tanpa aplikasi, meskipun memiliki waktu transfer file yang lama. Namun bluetoot tetap dipakai jika anda hanya mengirimkan file dengan ukuran yang kecil.

Selain itu, anda juga dapat mengirim melalui email dengan membuat draft email untuk attachment file dari Android untuk didownload di komputer. Namun e-mail bisa dibilang terbatas dan akan menguras  kuota internet anda sama seperti google drive. Namun kami kembalikan lagi kepada anda ingin memilih dengan cara apa.

Demikian tulisan kami mengenai beberapa cara transfer file dari Android ke komputer tanpa kabel data dengan mudah. Semoga tulisan kami bisa bermanfaat bagi anda yang ingin melakukan transfer data dari Android ke komputer. Sekian dan terimakasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.