Tempatnya Ilmu Internet

4 Cara Mengetahui Password Wifi di HP Android dengan Mudah

Perkembangan zaman yang terus maju membuat semua keperluan membutuhkan akses internet. Baik dalam hal komunikasi, bermain game ataupun mengerjakan tugas. Untuk tetap terhubung dengan koneksi internet memerlukan jaringan data atau dengan memanfaatkan wifi yang ada di rumah maupun di warung kopi yang menyediakan wifi. Memanfaatkan adanya wifi yang gratis pastinya akan membuat Anda lebih hemat untuk pengeluaran biaya membeli paket data jaringan handphone (HP). Sehingga biaya untuk membeli paket data bisa Anda pergunakan untuk kebutuhan lainnya. Namun pernahkah kalian lupa password wifi ? padahal password wifi tersebut ingin kalian gunakan untuk koneksi di perangkat lainnya, maka kalian perlu tahu cara mengetahui password wifi di HP android yang kalian miliki, agar masalah lupa password wifi di hp android bisa segera teratasi.

Akan tetapi setiap orang yang memasang wifi pastinya membuat password untuk memproteksi dari pengguna yang tidak diinginkan. Sehingga Anda harus mengetahui password wifi tersebut untuk bisa menggunakan fasilitas wifi tersebut. Jika Anda belum pernah terhubung dengan wifi tersebut, cara mengetahui password wifi di HP yang paling mudah adalah dengan tanya langsung pada orang yang memasang wifi atau yang sedang terhubung dengan wifi tersebut. Untuk terus terhubung dengan koneksi wifi tersebut ada baiknya Anda menyimpan SSID wifi yang berisi tentang informasi wifi, baik itu nama dan juga password wifi.

Cara Mengetahui Password Wifi di HP yang Tersimpan

Berbeda ceritanya jika Anda yang mempunyai otoritas wifi tersebut, ketika Anda lupa dengan password wifi tersebut. Anda mau tanya sama siapa lagi untuk dapat mengetahui password wifi tersebut. Banyak yang beranggapan kalau password wifi yang sudah lupa itu tidak bisa balik lagi. Nyatanya pernyataan itu salah. Anda masih bisa mengecek password wifi dengan fitur-fitur atau aplikasi yang ada pada HP Anda. Berikut ini cara mengetahui password wifi di HP dengan mudah.

  1. Menggunakan Halaman Admin Wifi

Cara mengetahui password wifi di HP ini tidak memerlukan aplikasi tambahan. Anda hanya perlu terhubung dengan Wifi tersebut dan buka halaman 192.168.1.1 pada browser yang ada di HP anda. Setelah itu Anda akan masuk pada halaman admin untuk mengatur wifi Anda. Kemudian cari kolom untuk mengatur password. Setelah ketemu, Anda bisa melihat password atau mengganti password wifi pada kolom tersebut. alamat untuk masuk ke halaman admin berbeda-beda. Anda bisa melihat alamatnya pada router wifi Anda.

  1. Menggunakan Aplikasi Wifi Router Settings

Sama halnya dengan cara pertama. Untuk dapat melihat dan mengubah password wifi diperlukan otoritas Admin. Aplikasi Wifi router ini akan lebih memudahkan Anda untuk melihat dan mengubah password wiif. Caranya sangat mudah. Setelah Anda mengunduh aplikasi wifi router.

Anda hanya perlu menyambungkan HP Anda dengan wifi tersebut. Jangan lupa juga memasukkan username dan password yang Anda gunakan untuk masuk ke otoritas Admin wifi. Setelah itu buka menu Router settings, kemudian cek password pada menu tersebut.

  1. Menggunakan Aplikasi ES File Explorer

Setiap Anda terhubung dengan wifi, password dan informasi dari wifi tersebut akan tersimpan dalam direktori penyimpanan HP Anda. Untuk dapat mengaksesnya Anda perlu menggunakan aplikasi sejenis ES File Explorer. Anda dapat menemukan file tersebut dengan mencari di folder Data/Misc/WIFI disana akan ada file dengan nama “WPA_Supplicant.conf” atau langsung mencari dengan mengetikkan nama file tersebut. kemudian buka file itu dengan menggunakan mode Text Viewer atau HTML yang sudah tersedia pada ES File Explorer. Pada file tersebut akan muncul semua informasi wifi yang sudah pernah tersambung dengan HP Anda beserta dengan passwordnya.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

  1. Menggunakan Barcode

Cara mengetahui password wifi di HP dengan sangat mudah adalah menggunakan Scan Barcode. Fitur ini hanya terdapat pada HP keluaran terbaru yang menyediakan barcode untuk wifi. Anda hanya perlu menscan barcode pada HP yang sudah terhubung dengan wifi. Setelah itu akan muncul informasi dari wifi tersebut. mulai dari nama SSID dan juga passwordnya.

Sebenarnya masih ada banyak cara mengetahui password wifi di HP selain keempat cara tersebut. akan tetapi beberapa aplikasi memerlukan akses Root untuk dapat menggunakan aplikasi tersebut. Sehingga akan sangat beresiko jika harus melakukan Root terlebih dahulu pada HP Anda. Salah satu aplikasi yang dapat mengetahui password wifi yang pernah terhubung dengan HP Anda adalah aplikasi Wifi Passwords. Untuk dapat membuka aplikasi ini diperlukan akses Root pada HP Anda. Caranya sangat mudah, setelah mengunduh aplikasi ini Anda hanya perlu membukanya maka akan muncul secara otomatis semua password wifi yang tersimpan pada HP Anda.

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.