Tempatnya Ilmu Internet

Penyebab dan Cara Mengatasi Panas pada Semua Tipe Xiaomi

Pernah mengalami smartphone Xiaomi milikmu terasa panas saat digunakan? Tentunya itu membuat kita menjadi tidak nyaman ketika sedang memakainya bukan? Selain terasa menyengat di tangan, suhu panas yang dihasilkan oleh smartphone terkadang membuat tangan terasa pegal. Apa sih sebenarnya penyebab dan cara mengatasi panas pada semua tipe Xiaomi.

Selain membuat tidak nyaman, smartphone yang panas terkadang diikuti dengan masalah lainnya seperti baterai yang cukup boros dan performa melambat. Hal ini tentunya sangat menjengkelkan dan dapat mengganggu pekerjaan kita. Tapi tahukah kamu bahwa smartphone Xiaomi yang panas bisa disebabkan oleh hal-hal kecil yang sering kali tidak kita sadari. Pada kesempatan kali ini, saya akan sharing tentang penyebab dan cara mengatasi panas pada semua tipe Xiaomi.

Penyebab Panas pada Semua Tipe Xiaomi

Berikut ini adalah beberapa penyebab smartphone cepat panas, yang umum kita temui pada smartphone xiaomi.

  1. Sinyal Lemah

Penyebab yang paling sering terjadi adalah kondisi sinyal seluler yang lemah. Sinyal yang lemah menyebabkan smartphone secara otomatis mencari keberadaan sinyal dan membutuhkan kinerja yang lebih keras dibandingkan ketika kondisi sinyal stabil. Dengan begitu, daya yang dikeluarkan cukup besar dan membuat smartphone terasa panas.

  1. Penggunaan Ponsel yang Berlebihan

Bukan cuma manusia, smartphone juga membutuhkan istirahat. Jika kamu menggunakan smartphone secara berlebihan baik untuk bermain game atau hanya membuka media sosial tentu akan mempengaruhi kinerja smartphone itu sendiri. Meskipun beberapa seri terbaru dari Xiaomi memiliki performa yang semakin baik, tetap saja smartphone memiliki batas-batas tertentu dalam penggunaannya. Jadi, sebaiknya pergunakan smartphone kamu secukupnya saja ya sob.

  1. Penggunaan Widget yang Berlebihan

Widget merupakan fitur yang bisa memudahkan kita dalam melihat jadwal, kalender, aplikasi favorit bahkan membuat note. Namun penggunaan widget secara berlebihan di homescreen dapat mempengaruhi kinerja Xiaomi milikmu sob. Jika semua widget kamu gunakan di homescreen juga akan memperlambat kinerja smartphone dan membuat smartphone menjadi cepat panas.

  1. Banyak Aplikasi Berjalan pada Background

Banyaknya aplikasi yang berjalan pada background memang sering tidak disadari oleh pengguna Xiaomi. Walaupun tidak terlihat, beberapa aplikasi tetap berjalan walaupun kita tidak membuka aplikasi tersebut. Apabila aplikasi yang berjalan cukup banyak, tentunya akan

  1. Ponsel digunakan saat di Charge

Mungkin hal ini sering dilakukan oleh hampir semua pengguna smartphone. Tanpa kita sadari bahwa hal sekecil itu dapat membuat smartphone Xiaomi milikmu cepat panas. Saat sedang diisi daya, suhu smartphone akan meningkat secara otomatis. Jika kamu bermain game atau sekedar chattingan saat mengisi daya tentunya akan lebih meningkatkan suhu pada smartphone.

  1. Power Saving Mode yang belum Menyala

Kini kebanyakan smartphone sudah dilengkapi fitur-fitur yang canggih, salah satunya adalah power saving. Fitur ini merupakan fitur pintar yang memungkinkan smartphone untuk lebih menghemat daya. Fitur ini nantinya akan mematikan koneksi wifi, GPS, data, menurunkan kecerahan layar dan mematikan aplikasi yang berjalan pada background. Jika suhu pada smartphone sudah tinggi, biasanya fitur tersebut akan otomatis berjalan.

  1. MIUI belum diperbaharui

MIUI adalah perangkat lunak yang digunakan pada smartphone Xiaomi. Biasanya setiap beberapa bulan akan ada pembaharuan MIUI. Pembaharuan MIUI biasanya berupa penyempurnaan perangkat dan perbaikan bugs pada sistem. Jika MIUI belum diperbaharui biasanya ponsel akan cepat panas karena adanya bug dan sistem yang belum sempurna.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Iklan yang Tiba Tiba Muncul di PC dan Android

Cara Mengatasi Panas pada Semua Tipe Xiaomi

Berikut ini adalah cara mengatasi panas pada semua tipe Xiaomi

  1. Uninstall Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Banyaknya aplikasi bisa membuat kinerja smartphone kamu semakin berat. Untuk mengatasinya, sebaiknya gunakan aplikasi yang kamu perlukan saja.

  1. Aktifkan Mode Power Saving

Mode power saving juga dapat membantumu mengatur suhu smartphone agar tetap stabil. Dengan begitu, smartphone tidak cepat panas dan jadi lebih awet.

  1. Perbaharui MIUI ke Versi yang Terbaru

Usahakan selalu update MIUI ke versi yang terbaru agar performa smartphone Xiaomi menjadi semakin meningkat dan masalah pada sistem dapat teratasi.

  1. Hindari Menggunakan HP saat di Charge

Perlu di ketahui ya, penggunaan HP saat proses mengisi daya sangat berbahaya ya, selain beresiko HP meledak, baterai cepat rusak dan juga membuat HP sangat cepat panas. Maka perlu di hindari ya menggunakan HP saat proses pengisian daya.

Itulah tadi penyebab dan cara mengatasi panas pada semua tipe Xiaomi. Jadi pada intinya untuk mengatasi masalah smartphone cepat panas adalah pakailah smartphone dengan bijak dan jangan berlebihan, terkadang kebiasaan-kebiasaan buruk yang kecil tanpa kita sadari akan mengurangi performa smartphone.

Demikian artikel mengenai penyebab dan cara mengatasi panas pada semua tipe Xiaomi. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.