Tempatnya Ilmu Internet

Cara Membuat Lipatan Kertas Foto dengan Photoshop

Halo para calon desainer hebat dimanapun kamu berada. Pada kesempatan kali ini saya membagikan tutorial photoshop yang tentunya akan menambah wawasanmu tentang teknik desain menggunakan aplikasi sejuta umat ini yakni cara membuat lipatan kertas foto dengan photoshop. Bukan hanya teknik saja yang diperhatikan, tapi ketika kamu mempraktekan tutorial desain secara tidak langsung kamu juga belajar tentang tools yang ada di photoshop.

Jadi, hari ini kita akan belajar cara membuat lipatan kertas foto dengan photoshop. Pasti kamu pernah melihat foto dengan efek lipatan kertas bukan? Biasanya lipatan kertas ini kita lihat pada poster, majalah atau bahkan reklame. Lipatan kertas memang sesuatu yang sangat simpel, namun bisa menambah nilai artistik sebuah foto. Mungkin banyak orang yang mengira efek lipatan kertas ini hanya bisa dibuat dengan corel, tapi ternyata Photoshop juga bisa loh. Meskipun keduanya memiliki perbedaan dalam fitur-fiturnya, tapi banyak kreasi desain yang bisa dibuat keduanya walaupun dengan teknik yang berbeda.

Efek lipatan kertas ini nantinya bisa kamu gunakan saat membuat desain poster, majalah atau yang lainnya.

Cara Membuat Lipatan Kertas Foto dengan Photoshop

Yuk langsung saja simak tutorial cara membuat lipatan kertas foto dengan photoshop berikut ini. Pastikan kamu memperhatikan setiap langkanya dengan baik ya guys. Check it out!

Langkah 1

Pertama-tama yang wajib kamu lakukan tentu saja menyiapkan laptop yang sudah terinstall photoshop dengan versi apa saja. Kemudian siapkan juga foto yang ingin dibuat lipatan kertas. Jika semua sudah siap, saatnya eksekusi! Buka photoshop seperti biasa. Lalu buka foto dengan klik File > Open.

Langkah 2

Langkah selanjutnya yaitu membuat efek lipatan kertas. Caranya pada toolbox klik Pen Tool.

Pastikan pengaturan Pen Tool sesuai dengan gambar berikut. Set juga Color menjadi warna putih.

Jika sudah, buatlah efek menyerupai kertas yang terlipat keatas seperti gambar berikut. Jika ingin path agak melengkung, cukup klik dan drag hingga terbentuk lengkungan yang diinginkan. Kemudian tekan Enter.

Langkah 3

Langkah selanjutnya yaitu mewarnai shape yang barusan dibuat. Caranya pada panel Layers klik Fx > Gradient Overlay.

Kemudian akan muncil dialog seperti ini. Sesuaikan dengan gambar berikut. Jangan klik Ok dulu karena ini belum selesai.

Selanjutnya buat bayangan dengan klik pilihan Drop Shadow. Sesuaikan dengan gambar berikut ini. Hilangkan juga centang pada pilihan Stroke.

Langkah 4

Langkah selanjutnya yaitu membuat layer baru diatas layer Background. Caranya pada panel Layers klik Create a New Layer.

Kemudian pada toolbox pilih Polygonal Lasso Tool.

Buat seleksi seperti gambar berikut ini seakan-akan merupakan bagian belakang foto yang terlihat.

Kemudian beri warna putih. Caranya pastikan Set Background Color pada Toolbox dalam kondisi default. Jika belum, cukup tekan huruf D agar menjadi default. Tekan CTRL + DELETE. Hasilnya kurang lebih akan seperti gambar berikut ini.

Hilangkan garis seleksi dengan tekan CTRL + D. Hasil akhirnya akan seperti ini nih guys.

Baca Juga : Tutorial Membuat Foto Efek Komik di Photoshop

Itulah tadi tutorial desain mengenai cara buat lipatan kertas foto dengan photoshop. Tidak terlalu sulit bukan ketika kita mempraktekannya? Dengan menyelesaikan tutorial diatas, diharapkan kamu juga dapat memahami setiap tools yang digunakan. Dengan begitu, kemampuanmu dapat terus berkembang.

Demikian artikel tentang cara membuat lipatan kertas foto dengan photoshop. Semoga artikel tadi bisa menambah wawasanmu dan membuatmu semakin semangat untuk belajar desain. Selamat belajar!

Leave A Reply

Your email address will not be published.