Tempatnya Ilmu Internet

Cara Gampang Hapus Background Foto di Photoshop

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan banyaknya aplikasi editing foto, apalagi aplikasi adobe photoshop yang sudah sangat familiar bagi sebagian besar orang. Termasuk jika kamu ingin hapus background foto di photoshop, bisa dilakukan dengan mudah dan hasilnya bisa rapi lho.

Sebenarnya untuk urusan hapus background foto ada banyak aplikasi yang bisa kamu coba, namun dalam artikel ini kita bahas yang adobe photoshop saja ya, karena aplikasi ini sudah sangat familiar.

Pengertian hapus background foto di photoshop sendiri biasanya digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari yang bersifat resmi, sampai untuk keperluan yang lucu-lucu (meme). Dengan begitu, kamu bisa mengganti warna background foto dari semisal yang awalnya merah menjadi biru, putih, atau sebaliknya. Atau misal ingin mengganti background foto pegunungan menjadi background lautan, atau padang pasir bisa juga lho dengan cara ini. Atau bisa juga yang semula ada background fotonya menjadi tidak ada backgroundnya juga bisa.

Cara Gampang Hapus Background Foto di Photoshop

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan background foto melalui aplikasi adobe photoshop.

Menggunakan Magic Wand Tool

Cara paling mudah dan simpel untuk hapus background ialah dengan menggunakan magic wand tool, cara ini sangat mudah di praktekkan lho. Cara ini bisa di praktekkan dengan sempurna jika foto ataupun gambar yang akan di hilangkan bacgroundnya mempunyai satu warna. Namun seperti yang lainnya cara ini juga ada minusnya, yakni tidak cocok buat gambar atau foto yang mempunyai bacground atau corak dengan warna yang banyak. Cara menggunakannya seperti ini.

  • Silahkan buka apilkasi adobe photoshopnya, lalu buka foto atau gambar yang ingin di hapus backgroundnya.
  • Tekan CTRL+J secara bersamaan, untuk menciptakan duclicate layer.
  • Jika sudah terbuka, klik pada pilihan magic wand tool. Seperti ini

  • Kemudian seleksi background gambarnya, seperti contoh gambar dibawah ini

  • Lalu kamu bisa mendelete atau menghapusnnya dengan menekan tombol delete pada keyboard komputer atau laptop kamu.
  • Atau jika kamu ingin menggantinya sesuai warna foreground color dengan menekan tombol ALT+Delete secara bersamaan, atau jika ingin gambar background seperti background color bisa menekan tombol CTRL+Delete secara bersamaan. Semisal, dalam contoh penulis akan membuat background foto menjadi warna yang aktif pada foreground color maka hasilnya kurang lebih seperti ini.

  • Untuk menetralkan seleksi, kamu klik CTRL+D secara bersamaan, atau pilih menu select >> deselect.

Menggunakan Lasso Tool Group

Cara hapus background lainnya yang bisa kamu lakukan ialah dengan menggunakan lasso tool, magnetik lasso tool dan juga polygonal lasso tool. Masing-masing dari tool tersebut mempunyai kegunaan yang mirip tapi untuk keperluan yang berbeda.

Menggunakan Lasso Tool

Untuk menggunakan tool ini, caranya hampir sama pada cara wand tool, namun disini kamu harus mendrag mouse mengikuti seleksi background yang kamu inginkan. Dari titik awal sampai titik akhir baru kamu lepas mouse kamu, maka akan membentuk bidang seleksi, dan dari situ bisa menghapus backgroundnya dengan cara menekan tombol delete.

Menggunakan Polygonal Lasso Tool

Untuk menggunakan tool ini sangat cocok buat menyeleksi background foto sesuai dengan yang kita inginkan, dengan obyek foto yang mempunyai corak beragam warna. Cara penggunaanya dengan memilih polygonal lasso tool, lalu klik drag and drop kursor kamu sesuai dengan keinginan kamu sesuai keinginan, dan jika sudah selesai kamu lepas mousenya. dan selanjutnya tinggal delete dari tombol keyboard kamu.

Menggunakan Magnetik Lasso Tool

Untuk menggunakan magnetik lasso tool cocok buat obyek foto yang mempunyai perbedaan mencolok antara obyek foto dan background foto, misal dalam contoh foto diatas obyek foto berwarna putih sedangkan bacground warna merah, bisa menggunakan magentik lasso tool ini. Untuk cara penggunaanya hampir sama dengan lasso tool jenis lainnya yakni drag and drop pada obyek yang ingin diseleksi.

Bagaimana dari penjelasan diatas gimana menurut kamu, apakah mudah? bagi kamu yang tidak mau repot bisa juga menggunakan jasa hapus background dari fastwork lho, yang bisa di akses pada laman https://fastwork.id/photoshop untuk bisa menggunakan jasa editing foto, mulai dari yang simpel sampai editing foto yang rumit dengan harga yang murah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.