Tempatnya Ilmu Internet

Cara Membuat Denah Rumah di Photoshop

Membuat denah dengan coreldraw mungkin sudah biasa, lalu gimana kalua cara membuat denah rumah di photoshop, apakah bisa? Tentu bisa juga. Kamu tentu sering melihat gambar denah rumah bukan? Biasanya denah rumah ini kita lihat dibagian belakang undangan pernikahan atau khitanan. Bagi sebagian orang mungkin menyepelekan elemen undangan yang satu ini karena merasa mencari alamat rumah adalah hal yang mudah. Sayangnya tidak semua orang memiliki keahlian dalam menemukan alamat dengan cepat, bahkan terkadang tersasar hingga membuang-buang waktu.

Jika kamu sebagai tuan rumah tentunya tidak ingin hal tersebut terjadi pada tamu yang kamu undang bukan? Nanti bukannya senang, malah tamu kamu sudah merasa kelelahan karena mencari alamat yang tak kunjung ketemu. Nah, maka dari itu jangan sekali-kali menyepelekan denah rumah pada undanganmu ya guys. Sebenarnya denah rumah bukan hanya digunakan dalam undangan pernikahan saja. Dalam perkumpulan organisasi, denah juga biasa digunakan untuk memudahkan anggotanya dalam menemukan lokasi yang dimaksud. Dengan adanya denah ini, tentunya waktu akan tergunakan secara efektif dan acaramu akan berjalan dengan lancar.

Dilihat dari bentuknya, denah rumah memang terlihat sangat mudah untuk dibuat karena hanya terdiri dari garis persegi panjang yang melambangkan jalan dan beberapa ikon tempat yang menandakan sebuah gedung atau tempat lain sebagai patokan. Karena cukup mudah, kamu tidak perlu meminta jasa mas-mas di percetakan untuk membuatnya loh. Hanya bermodalkan laptop, dan tutorial photoshop ini kamu juga bisa membuatnya sendiri dirumah.

CARA MEMBUAT DENAH RUMAH DI PHOTOSHOP

Yuk langsung saja kita praktek dengan memperhatikan langkah-langkah dibawah ini dengan cermat. Check it out!

LANGKAH 1

Langkah pertama yaitu persiapan. Siapkan laptop yang sudah terinstall photoshop dengan versi apa saja. Kemudian siapkan juga coret-coretan denah rumah dikertas. Tujuannya agar kamu memiliki gambaran sebelum membuatnya secara digital di photoshop. Jika sudah, buka photoshop, kemudian buat lembar kerja barudengan tekan CTRL+N, buat  ukuran 10 x 10 cm atau menyesuaikan saja dengan gambar dibawah.

LANGKAH 2

Langkah selanjutnya yaitu menampilkan grid untuk memudahkan kita dalam membuat ilustrasi jalan. Caranya pada menu bar klik View > Show > Grid.

Nah, hasilnya akan muncul garis bantu kotak-kotak seperti gambar berikut. Kotak-kotak tersebut tidak akan muncul saat dicetak jadi kamu tidak perlu khawatir.

LANGKAH 3

Langkah selanjutnya yaitu membuat jalan. Caranya pada toolbox klik Rectangular Marquee Tool.

Kemudian buatlah jalan seperti gambar berikut.

Jika ingin menambahkan gambar jalan, cukup tekan SHIFT + drag seperti sebelumnya. Jika semua gambar jalan sudah dibuat, hasilnya akan seperti gambar berikut ini.

Langkah selanjutnya yaitu membuat garis tepi pada gambar jalan. Caranya klik kanan > Stroke.

Kemudian akan ada dialog yang muncul. Isi sesuai dengan gambar berikut, lalu OK.

Jangan lupa tekan CTRL+D untuk menghilangkan garis seleksi.

LANGKAH 4

Selanjutnya yaitu menambahkan teks yang diperlukan. Caranya pada toolbox tekan Horizontal Type Tool.

Kemudian tambahkan tulisan seperti judul, nama jalan dan lokasi. Hasilnya kurang lebih akan seperti gambar berikut.

Cara buat Denah Rumah di PhotoshopLANGKAH 5

Selanjutnya yaitu menambahkan ikon rumah dan penunjuk. Caranya pada toolbox Custom Shape Tool.

Kemudian pilih shape yang kamu butuhkan, lalu drag pada lembar kerja untuk membuatnya.

icon Cara Membuat Denah Rumah di PhotoshopBeginilah hasilnya jika sudah ditambahkan ikon tadi.

Hilangkan grid pada lembar kerja dan hasil akhirnya akan terlihat seperti gambar berikut

hasil dari cara membuat denah rumah di photoshopBaca Juga : Cara Membuat Karikatur Wisuda dengan Photoshop

Itulah tadi cara membuat denah rumah di photoshop. Cukup mudah bukan? Dengan mempraktikan tutorial diatas, diharapkan kamu juga memperhatika setiap tools yang digunakan. Dengan begitu, kemampuan photoshop yang kamu miliki bisa kamu kembangkan lagi ketingkat berikutnya.

Demikian artikel tentang cara membuat denah rumah di photoshop. Semoga artikel diatas dapat menginspirasi kamu dan bermanfaat juga bagi orang lain. Siapa tahu besok kamu akan membuka usaha jasa pembuatan undangan, paling tidak kamu perlu menguasai ilmunya terlebih dahulu. Selamat belajar desain!

Leave A Reply

Your email address will not be published.