Tempatnya Ilmu Internet

Cara Membuat Ukuran Foto 3×4 di Photoshop dengan Mudah

Adobe photoshop memang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk cara membuat ukuran foto ukuran 3×4, 4×6, 2×3 dengan photoshop. Adapun cara membuat ukuran foto 3×4 di photoshop bisa dilakukan dengan mudah jika anda mengetahui tipsnya.

Kebanyakan orang saat ini ketika ingin mencetak pas foto, ntah itu ukuran 2×3, 3×4, 4×6 maupun ukuran tertentu lainnya menggunakan aplikasi photoshop. Hal ini wajar sebab dengan aplikasi ini anda bisa menggunakan fitur ini dengan mudah dan tepat.

Ukuran standart Pas Foto yang umum digunakan ialah :

  • Pas foto ukuran 2X3 ialah 2,2 cm X 2,8 cm atau 0,85 in X 1,1 in
  • Pas foto ukuran 3X4 ialah 2,8 cm X 3,8 cm atau 1,1 in X 1,5 in
  • Pas foto ukuran 4X6 ialah 3,8 cm X 5,6 cm atau 1,5 in X 2,2 in

Cara Membuat Ukuran Foto 3X4 di Photoshop

Adapun langkah step by stepnya, adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi photoshop anda, lalu klik File >> Open, pilih file foto yang ingin dibuat ukuran foto 3X4. lalu klik OK.

  • Kemudian klik File >> New atau CTRL+N melalui keyboard untuk menyiapkan ukuran kertas yang ingin anda cetak, semisal media cetak ukuran A4, maka pada bagian Preset pilih A4 dan perlu anda ingat pada bagian Resolution, semisal Resolution: 300 px dan klik OK.

cara membuat foto 3x4 di photoshop

  • Kemudian klik Crop Tool untuk memotong foto, pada bagian ini isikan Width: 2.8 cm, Height: 3.8 cm, dan Resolution: 300 (samakan ketika membuat dokumen baru). Seperti pada gambar dibawah ini

cara membuat ukuran foto 3x4 di photoshop

  • Kemudian jika sudah membuat polanya silahkan arahkan dan drag ke bagian foto yang ingin di buat, lalu klik Enter.
  • Selanjutnya, letakkan file foto yang barusan di crop menjadi 3X4 ke dalam dokumen baru A4, caranya dengan klik Move Tool lalu klik and drag ke dokumen yang baru. Seperti contoh dibawah ini

cara membuat ukuran foto 3x4 dengan photoshop

  • Langkah selanjutnya ialah menggandakan ukuran foto 3X4 sebanyak yang anda inginkan. Cara menggandakan layar foto caranya cukup mudah, yakni klik fotonya lalu klik tombol Alt pada keyboard dan geser foto di sebelah kiri atau bawah dari foto sebelumnya. cara menggandakan foto lainnya ialah dengan Duplicate layer, atau klik CTRL+J pada keyboard laptop/komputer anda.

  • Hasilnya kurang lebih akan seperti gambar dibawah ini.

foto 3x4 di photoshop

  • Jika sudah sesuai anda tinggal menyimpan hasilnya ke dalam komputer, ataupun laptop anda. Untuk kemudian anda juga bisa mencetaknya menggunakan kertas foto, sesuai yang di inginkan.

Tips : Supaya hasil foto maksimal, ketika mencetak pas foto ukuran 3X4 pergunakan mode Hight Photo/Best Photo, pada pengaturan printer anda.

Baca Juga : Ukuran Pas Foto Dan Cara Membuat Pas Foto Dengan Photoshop

Demikian penjelasan singkat mengenai cara membuat ukuran foto 3×4 di photoshop, sangat mudah bukan? bila perangkat yang anda miliki tidak terlalu bagus spesifikasinya, saya sarankan menggunakan adobe photoshop cs2 atau dibawahnya, selain karena ringan ketika mengaksesnya juga adobe photoshop cs2 sudah di buat free (gratis) oleh pihak adobe photoshop.

Leave A Reply

Your email address will not be published.