Tempatnya Ilmu Internet

Cara Membuat Vector di Photoshop disertai Gambar

Cara membuat vector di photoshop menjadi hal yang menarik untuk berkreasi dengan foto. Selama ini kebanyakan orang mengira kalau Adobe Photoshop hanya bisa digunakan untuk mengedit foto saja karena aplikasi ini berbasis pixel. Berbeda dengan coreldraw yang berbasis vector, coreldraw lebih sering digunakan orang untuk membuat karya vector seperti pop art, WPAP atau jenis vector yang lain. Tapi masih sedikit yang tahu kalau photoshop juga bisa melakukan hal yang sama.

Jadi sebenarnya vector adalah sebuah format yang bisa membuat sebuah gambar menjadi sistematis dan fleksibel. Bahasa mudahnya sih format gambar vector ini akan tetap bagus jika dizoom. Maka dari itu kata vector selalu berhubungan dengan software coreldraw. Namun seiring berjalannya waktu, kata vector sudah memiliki pergeseran arti. Sekarang kebanyakan orang mengartikan vector sebagai karya seni yang mengubah foto menjadi gambar menggunakan software desain. Mungkin kamu sering menjumpai para desainer yang menawarkan skillnya dalam membuat vector wajah untuk hadiah bukan? Sebenarnya tidak salah sih, karena gambar yang dibuat memang dalam bentuk vector, tapi tidak semua vector itu gambar vector wajah.

CARA MEMBUAT VECTOR DI PHOTOSHOP

Ngomongin tentang vector wajah nih, terkadang kita tentu ingin belajar membuat kreasi vector karena terlihat menarik untuk dijadikan kado. Lebih menariknya lagi karena kita lebih menghemat budget tapi tetap spesial. Nah, kali ini saya akan membagikan cara membuat vector di photoshop, yuk ikuti tutorialnya berikut.

LANGKAH 1

Langkah pertama yaitu bukalah foto yang akan dijadikan vector di photoshop. Usahakan kualitas foto HD dan tidak blur. Koreksi tone foto secara otomatis dengan menekan CTRL + SHIFT + L.

Kemudian buat resolusi foto menjadi 300 agar vector yang dibuat tidak pecah.

LANGKAH 2

Langkah selanjutnya yaitu mulai membuat vector menggunakan Pen Tool.

Pastikan pengaturan Pen Tool seperti berikut.

Pertama-tama kita buat dulu area wajah dan leher. Klik pada area wajah satu kali, kemudian pada panel Layers ubah Opacity Shape 1 menjadi 0. Kemudian teruskan mengikuti bentuk wajah dan leher.

Beri warna menyerupai kulit, lalu hasil akhirnya akan seperti ini.

langkah awal dari proses dari cara membuat vector di photoshop

Agar tidak bingung, rename layer tadi dengan KEPALA.

LANGKAH 3

Langkah berikutnya yaitu seleksi area rambut seperti ini. Karena warna rambutnya hitam, maka sekalian kita tambahkan gambar lain yang sama-sama berwarna hitam agar menjadi satu layer saja.

Setelah rambut terseleksi, pada bagian atas lembar kerja klik Add to shape area (+).

Kemudian mulai seleksi area lain yang memiliki warna serupa seperti gambar dibawah. Jika sudah, rename juga shape tadi dengan nama HITAM.

LANGKAH 4

Langkah berikutnya yaitu mulai membuat seleksi pada wajah. Untuk memudahkan dalam menyeleksi sesuai warna, kita duplikat dulu layer Background dengan tekan CTRL + J. Kemudian pada menubar klik Image > Adjustment > Posterize. Saat muncul dialog, isi angka 3 atau 4. Lalu OK.

Hasilnya akan seperti berikut. Mula-mula seleksi bagian yang paling terang, lalu beri nama Y1.

proses membuat vector di photoshop

Kemudian seleksi bagian yang berwarna gelap dan beri nama Y2.

Terakhir, seleksi bagian yang berwarna merah muda, beri nama Y3.

Jadikan Y1, Y2 dan Y3 menjadi satu Grup Y. Lalu beri warna menyesuaikan gelap terang tadi dengan patokan warna kulit asli.

Jika sudah diwarnai akan tampak seperti berikut sob.

proses dari cara membuat vector di photoshop

Baca Juga : Cara Membuat Tabel di Photoshop Paling Mudah

LANGKAH 5

Langkah selanjutnya yaitu tinggal printilan-printilannya saja. Pada daerah telinga, seleksi seperti ini dan beri warna hitam. Jangan lupa ganti nama layernya.

Kemudian buatlah bibir dengan warna natural seperti ini.

Kemudian buat area pada mata. Mula-mula unhide layer HITAM. Kemudian buat area putih pada mata.

Kemudian baru buat lingkaran mata seperti ini. Sudah mulai terlihat bukan hasilnya?

tahap akhir dari cara membuat vector di photoshop

LANGKAH 6

Langkah selanjutnya yaitu seleksi bagian baju dan warnai sesuai dengan warna baju saja.

langkah akhir dari cara membuat vector di photoshop

Tambahkan background dan hasil akhirnya sudah bisa kamu lihat.

cara membuat vector di photoshop

Baca Juga : Cara Menggabungkan Gambar di Photoshop (2 Objek Tumpang Tindih)

Itulah tadi cara membuat vector di photoshop. Memang agak lama jika kamu baru pertama kali membuatnya. Pastikan kamu rajin berlatih agar kemampuanmu meningkat ya sob. Demikian artikel tentang cara membuat vector di photoshop. Semoga bisa menjadi inspirasi dan menambah semangat belajarmu dalam dunia desain. Ingat, kamu juga punya peluang yang sama dengan calon desainer lain, SEMANGAT!

Leave A Reply

Your email address will not be published.