Tempatnya Ilmu Internet

Cara Membuat Tabel di Photoshop Paling Mudah

Cara membuat tabel di photoshop bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti nota penjualan, price list, tts dan keperluan lainnya. Kamu tentu sudah sering membuat tabel menggunakan Ms. Excel atau bahkan Ms. Word saat praktek komputer di tingkat SMP. Tapi, apakah kamu pernah coba membuat tabel menggunakan Adobe Photoshop? Tentu pertanyaan yang pertama kali muncul di benak kamu adalah “Memangnya bisa?” Jawabannya adalah BISA.

Mungkin selama ini kita mengira kalau photoshop hanya bisa untuk mengedit foto atau bahkan membuat desain seacam poster, banner atau yang lain. Tapi tak banyak orang yang tahu kalau photoshop juga bisa digunakan untuk membuat tabel. Misalnya jika kamu ingin mendesain nota, tentu harus membuat tabel seperti yang ada pada nota-nota pada umumnya bukan?

Lalu, kenapa tidak membuat di Ms. Excel saja kemudian dipindah ke photoshop? Eits, ini adalah sebuah pertanyaan yang akan membuat kamu sulit berkembang dalam belajar desain. Mulai sekarang, cobalah berkata aku sudah bisa membuat tabel di Ms. Excel, kini saatnya aku belajar membuat tabel menggunakan software lain seperti photoshop. Perlu diketahui bahwa membuat tabel juga masih merupakan teknik dasar dalam photoshop loh. Jadi, jika kamu ingin jago dalam menggunakan photoshop, kamu juga wajib mempelajari teknik yang satu ini. Tidak usah berlama-lama, yuk langsung saja kita eksekusi tutorial lengkapnya berikut ini.

CARA MEMBUAT TABEL DI PHOTOSHOP

Berikut ini adalah contoh cara buat tabel di photoshop dalam membuat nota, step by stepnya seperti ini.

LANGKAH 1

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah buka photoshop seperti biasa, kemudian buatlah lembar kerja baru dengan menekan CTRL + N, lalu isi ukuran sesuai dengan kebutuhanmu. Jika sudah, klik OK.

LANGKAH 2

Langkah selanjutnya yaitu menampilkan grid untuk memudahkan dalam pembuatan tabel. Caranya klik View > Show > Grid pada menubar.

Maka lembar kerja akan muncul garis kotak-kotak seperti ini.

LANGKAH 3

Langkah selanjutnya yaitu membuat kotak tabel. Pertama-tama pada toolbox klik Rectangular Marquee Tool.

Kemudian tentukan besarnya tabel dengan membuat kotak luarnya terlebih dahulu. Kamu bisa mengatur jarak kanan dan kiri dengan menghitung jumlah grid agar tampak sama. Nah, disinilah peran grid akan membantumu dalam menyeleksi bagian lembar kerja karena kursor cenderung akan mengikuti grid.

Baca Juga : Cara Mengubah Ukuran Foto di Photoshop (Memperbesar dan Mengecilkan)

Kemudian klik kanan > Stroke.

Lalu akan muncul dialog seperti berikut. Isi Width dengan angka 5 px, Location pilih Center, Mode Normal dan Opacity 100%.  Kemudian OK.

Hasilnya akan tampak garis kotak luar tabel. Nah, kini kamu bisa menambahkan kolom dan baris dengan cara yang sama, tidak masalah jika garisnya tertimpa. Jika sudah, maka lembar kerja akan terlihat seperti ini.

proses buat tabel di photoshop

Sekarang hilangkan grid pada lembar kerja, caranya sama seperti saat memunculkannya yaitu dengan klik View > Show > Grid.

Jika grid sudah hilang, tabelmu akan terlihat jelas seperti berikut.

hasil dari cara membuat tabel di photoshop

LANGKAH 4

Langkah terakhir adalah menambahkan teks. Carnya pada toolbox klik Horizontal Type Tool, kemudian beri tulisan sesuai kebutuhanmu. Hasil akhirnya akan tampak seperti ini guys.

cara membuat tabel di photoshop

Baca Juga : Cara Membuat Bayangan di Photoshop

Itulah tadi cara membuat tabel di photoshop. Tidak sesulit yang kita pikirkan bukan? Dengan mempraktekan tutorial diatas, diharapkan kamu sudah paham tentang bagaimana cara membuat tabel dan bisa terus berlatih. Kamu bahkan bisa membuka usaha jasa desain kecil-kecilan untuk teman dan kerabatmu sebagai sarana berlatih dan dapat uang saku tambahan tentunya.

Demikian artikel tentang cara membuat tabel di photoshop. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menginspirasi kamu ya sob. Jangan pernah menyerah dalam berlatih dan tetap semangat ya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.