Tempatnya Ilmu Internet

Cara Membuat Efek Foto Arsiran di Photoshop

Bagaimana sih cara membuat efek foto arsiran di photoshop itu ? Kamu tentu pernah melihat karya seni gambar yang dibuat secara manual seperti lukisan atau sketsa arsiran bukan? Karya seni sejenis itu memang sedang populer kembali saat ini. Gambarnya yang unik dan eksklusif menjadikan alasan banyak orang menjadikan karya seni tersebut sebagai hadiah. Penggemarnya pun tidak berasal dari kalangan anak muda saja, tapi kalangan orang dewasa juga menyukai jenis hadiah semacam ini.

Kadang tak jarang pula seniman yang memperlihatkan keahliannya dalam menggambar foto menjadi sebuah arsiran dan biasanya kita temukan di tempat-tempat ramai seperti objek wisata. Jika diperhatikan dengan seksama, mengubah gambar foto menjadi sketsa arsiran memang membutuhkan keahlian khusus yang tidak semua orang memilikinya. Jika ingin berlajar membuat sketsa arsiran juga pastinya diperlukan waktu yang tidak singkat.

Jadi kesimpulannya memang susah membuatnya, tapi itu secara manual. Kalau secara digital bagaimana? Nah, jika kamu tidak begitu memiliki kemampuan menggambar secara manual, tidak perlu khawatir guys. Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, kita juga bisa membuat efek foto arsiran di photoshop. Belum mahir menggunakan photoshop? Tenang saja, karena tutorial yang akan saya bagikan ini mudah untuk kamu pahami.

CARA MEMBUAT EFEK FOTO ARSIRAN DI PHOTOSHOP

Yuk langsung saja perhatikan dan praktekan langsung setiap langkah-langkahnya.

LANGKAH 1

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan segala sesuatu yang kamu butuhkan seperti laptop atau komputer yang sudah terinstall Adobe Photoshop. Siapkan juga foto yang akan kita jadikan efek arsiran. Usahakan kualitas foto cukup bagus dengan gambar wajah yang jelas. Jika semua siap, langsung saja buka photoshop seperti biasa. Kemudian buka foto yang tadi sudah disiapkan dengan cara klik File > Open. Bisa juga dengan drag foto langsung dari tempat penyimpanan ke photoshop.

LANGKAH 2

Langkah selanjutnya yaitu membuat duplikat layer Background dengan menekan CTRL+J, maka akan muncul layer duplikat yaitu Layer 1.

Buat layer duplikat menjadi hitam putih dengan menekan CTRL+SHIFT+U.

Jika sudah, duplikat kembali Layer 1 dengan tekan CTRL+J.

membuat efek foto arsiran di photoshopHasil duplikatnya kita buat menjadi negatif dengan tekan CTRL+I.

proses membuat efek foto arsiran di photoshopKemudian ubah blending mode menjadi Color Dodge.

Selanjutnya klik pada Filter > Blur > Gaussian blur.

Lalu akan muncul dialog. Isi Radius dengan 2 pixels.

cara buat efek foto arsiran di photoshopLANGKAH 3

Langkah selanjutnya yaitu kembali ke Layer 1. Aktifkan kemudian duplikat dengan tekan CTRL+J.

Letakkan layer duplikat barusan pada bagian paling atas Layer seperti gambar berikut.

LANGKAH 4

Kemudian buat noise dari layer duplikat tersebut dengan klik Filter > Noise > Add Noise.

Sesuaikan dengan dialog berikut, lalu OK.

LANGKAH 5

Kemudian buat efek arsiran. Caranya klik Filter > Brush Strokes > Angled Strokes.

Kemudian akan muncul dialog, isi seperti gambar berikut atau kamu juga bisa menentukan sendiri skalanya sesuai selera.

Kemudian ubah blending mode menjadi Multiply dan ubah Opacity sesuai selera.

Hasilnya akhirnya kurang lebih akan seperti gambar berikut ini.

hasil dari cara membuat efek foto arsiran di photoshopBaca Juga : Tutorial Membuat Foto Efek Komik di Photoshop

Itulah tadi cara membuat efek foto arsiran di photoshop. Mudah kan? Kini kamu tidak perlu pusing latihan menggambar sketsa arsiran secara manual karena membutuhkan waktu yang cukup lama. Dengan bantuan software photoshop, kamu juga bisa langsung mahir membuatnya. Setelah memahami artikel diatas diharapkan kamu menjadi semakin rajin belajar teknik-teknik yang bisa photoshop lakukan ya. Lebih bagus lagi jika keahlianmu bisa kamu jadikan sebagai modal mata pencaharian dibidang desain grafis.

Demikian artikel tentang membuat efek foto arsiran di photoshop. Semoga bisa menambah semangat belajar desain dan bisa bermanfaat tentunya. Jangan patah semangat dan terus belajar desain!.

Leave A Reply

Your email address will not be published.