Tempatnya Ilmu Internet

Tutorial Membuat Foto Efek Komik di Photoshop

Apakah kamu salah satu penggemar komik? Tutorial membuat foto efek komik di photoshop bisa lho kamu ciptakan sendiri. Komik memang menjadi bacaan favorit anak-anak bahkan orang dewasa. Komik juga sudah populer sejak dulu dan sampai sekarang komik masih tetap eksis seiring berkembangnya teknologi. Bahkan kini komis juga sudah bisa dinikmati dalam versi digital. Bisa dibilang komik adalah karya seni yang diminati oleh banyak kalangan dari dulu hingga sekarang.

Jika memperhatikan gambar dalam komik, pasti kita dapat dengan mudah melihat ciri khas dari setiap komik. Masing-masing pembuat komik pasti memiliki keunikan tersendiri dalam menggambar karyanya dan membuat pembaca semakin terkesan. Saking populernya, kini banyak orang yang menyediakan jasa gambar ala komik dan tentu saja banyak orang yang berminat memakai jasa tersebut. Bahkan banyak pula yang menjadikannya kado untuk orang tersayang.

So, apakah kamu juga tertarik tutorial desain membuat foto efek komik untuk dijadikan kado? Dengan membuatnya sendiri, tentu akan membuat kado tersebut menjadi lebih eksklusif. Untuk membuat foto efek komik ini kamu tidak wajib memiliki keahlian menggambar komik kok guys, karena kita akan membuatnya menggunakan Adobe Photoshop.

Tutorial Membuat Foto Efek Komik di Photoshop

Jika belum terlalu ahli dengan software desain photoshop ini, kamu tidak perlu khawatir karena tutorial ini pasti mudah untuk kamu pahami. Yuk langsung saja kita eksekusi!

Langkah 1

Langkah pertama yaitu persiapkan photoshop yang sudah diinstall di laptop kamu dengan versi apa saja. Kemudian siapkan juga foto yang ingin dibuat efek komik. Sebaiknya gunakan foto dengan kualitas HD agar hasilnya lebih bagus. Jika sudah, langsung saja buka photoshop seperti biasa, kemudian buka foto yang sudah kamu siapkan dengan klik File > Open.

Langkah 2

Langkah selanjutnya yaitu pada menu bar klik Filter > Artistic > Poster Edges.

Kemudian akan muncul dialog seperti ini, isi Edge Thickness 10, Edge Intensity 4, Posterization 1. Jika hasilnya kurang jelas, kamu bisa menyesuaikannya hingga dirasa pas. Lalu OK.

Kemudian foto tadi akan menjadi seperti ini guys.

Langkah 3

Langkah selanjutnya klik Filter > Artistic > Film Grain.

Kemudian pada dialog yang muncul isi Grain 0, Highlight area 11, Intensity 10, kemudian klik OK.

Hasilnya menjadi seperti ini. Sudah mulai terlihat bukan?

Baca Juga : Cara Mengubah Warna dengan Hue /Saturation di Photoshop

Langkah 4

Langkah selanjutnya klik Filter > Artistic > Cutout.

Kemudian isi Number of levels 3, Edge simplicity 6, Edge fidelity 3. Kamu juga bisa mengubah skalanya menyesuaikan foto kamu hingga dirasa cukup.

Hasilnya foto akan terlihat mirip dengan gambar pada komik, hanya saja ada beberapa yang harus dirapikan.

Langkah 5

Langkah terakhir adalah merapikan gambar tadi agar menajadi lebih bersih dan bagus. Caranya pada toolbox klik Brush Tool.

Kemudian copy warna yang ingin digunakan sebagai brush dengan menekan ALT + Klik warna yang diinginkan. Kemudian sapukan kursor pada bagian yang ingin dihilangkan.

Jika sudah, hasilnya akan seperti ini. Terlihat lebih rapi bukan?

Dan hasilnya akhirnya akan seperti ini guys.

Hasil Membuat Foto Efek Komik di PhotoshopItulah tadi tutorial membuat foto efek komik di photoshop. Oke, sekarang kamu sudah bisa membuat efek foto komik dalam beberapa menit. Dengan menguasai tutorial tadi, kamu bisa menghemat budget jika ingin memberi kado ke orang terdekat dan bahkan bisa membuka usaha jasa pembuatan foto komik.

Demikian artikel tentang tutorial membuat foto efek komik di photoshop. Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan dan membuatmu semangat dalam belajar teknik desain lainnya. Selamat belajar!

Leave A Reply

Your email address will not be published.