Tempatnya Ilmu Internet

Cara Mengubah Warna dengan Hue /Saturation di Photoshop

Warna adalah salah satu komponen penting dalam sebuah desain. Bukan hanya warnanya saja, kemampuan dalam memadukan warna juga wajib dikuasai oleh para desainer dalam mendesain. Jadi bisa dikatakan kalau warna adalah element yang bisa membuat suatu desain menjadi lebih hidup dan membuat pesan dalam desain mudah tersampaikan. Cara mengubah warna dengan Hue/Saturation di photoshop bisa kamu lakukan sendiri ya.

Kali ini saya akan membagikan ilmu desain yang berhubungan erat dengan warna nih guys. Kamu tentu pernah melihat foto yang memiliki nuansa kebiruan atau nuansa pastel di postingan instagram bukan? Awalnya pasti kita penasaran kok bisa gitu sih? Nah, teknik tersebut memang banyak disediakan oleh aplikasi edit foto yang populer yang bisa didownload secara gratis. Tapi tahukan kamu jika teknik mengubah warna tersebut terisnpirasi dari aplikasi desain Photoshop.

Yap, ngomongin Photoshop memang gak ada habisnya, karena hampir semua aplikasi edit foto di smartphone terinspirasi dari fungsi yang dimiliki software besutan Adobe ini. Sebenarnya teknik mengubah warna ini merupakan permainan dalam mengatur Hue/ Saturation. Teknik semacam ini juga banyak digunakan oleh online shop dalam memposting dagangannya. Misalnya foto produk kaos yang terdiri dari berbagai warna, nah macam-macam warna ini biasanya diedit menggunakan teknik tadi untuk meringkas proses pemotretan produk.

Selain itu, teknik untuk mengganti warna gambar dengan Hue/ Saturation juga bisa kamu gunakan untuk mengedit foto hitam putih menjadi foto berwarna. Misalnya kamu memiliki foto jadul milik kakek saat masih muda. Dengan teknik ini, kamu bisa mengubahnya menjadi berwarna dan terlihat lebih hidup.

Cara Mengubah Warna dengan Hue/Saturation di Photoshop

So, kamu sudah mengerti dasar dari Hue/ Saturation bukan? Sekarang langsung saja kita praktekan tutorial mengubah warna dengan Hue/Saturation di photoshop berikut ini.

Langkah 1

Pertama-tama siapkan photoshop dan sebuah foto yang ingin kamu ubah warnanya. Jika sudah, bukalah photoshop dan buka foto yang telah kamu siapkan tadi dengan klik File> Open, atau cukup drag dari tempat penyimpanan ke lembar kerja.

Langkah 2

Langkah berikutnya yaitu menyeleksi bagian yang ingin diubah warnanya. Disini saya mencontohkan mengganti warna baju. Caranya klik Polygonal Lasso Tool pada toolbox.

Kemudian seleksi bagian baju dan terakhir tekan enter. Kurang lebih hasil seleksinya akan seperti gambar berikut. Jika ingin menambah seleksi, cukup tekan SHIFT+Seleksi bagian yang ingin ditambahkan.

Langkah selanjutnya yaitu memperhalus area seleksi. Caranya klik kanan > Feather.

Lalu akan muncul dialog, isi dengan angka 2.

Langkah 3

Langkah selanjutnya yaitu mengubah warnanya. Caranya pada menu bar klik Image > Adjustments > Hue/ Saturation (CTRL + U).

Setelah muncul dialog seperti gambar dibawah ini, kamu bisa mengubah warnanya dengan menggeser skala Hue, Saturation dan Lightness. Saat memilih warna sebaiknya jangan gunakan warna yang terlalu terang dan mencolok karena gambar akan terlihat tidak natural. Setelah menemukan warna yang diinginkan, tekan OK.

Langkah selanjutnya yaitu menghilangkan garis seleksi dengan tekan CTRL+D. Hasil akhirnya kurang lebih akan seperti gambar berikut.

Baca Juga : Cara Membuat Karikatur Wisuda dengan Photoshop

Itulah tadi cara untuk mengganti warna foto di photoshop. Walaupun terlihat simpel, tutorial diatas akan sangat sering kamu gunakan dalam mengedit foto loh guys, jadi jangan sekali-kali menganggap remeh ya. Dengan memahami tutorial diatas, diharapkan kamu semakin mahir dalam menggunakannya photoshop dan tertarik mempelajari teknik lainnya.

Oke demikian artikel tentang mengubah warna dengan Hue /Saturation di photoshop. Semoga dapat menambah ilmu seputar desain dan bermanfaat. Selamat belajar!

Leave A Reply

Your email address will not be published.