Tempatnya Ilmu Internet

Cara Membuat Karikatur Wisuda dengan Photoshop

Cara membuat karikatur wisuda dengan photoshop – Siapa sih yang tidak tahu tentang karikatur? Gambar yang identik dengan ukuran kepala yang lebih besar daripada badan memang sudah populer dari dulu hingga sekarang. Kalau dulu mungkin kita sering melihat karikatur pada kolom Koran bukan?. Biasanya kolom karikatur ini mengandung pesan kehidupan yang diselingi humor, bahkan sering pula karikatur yang memiliki pesan politik.

Nah, kini jaman sudah semakin modern dan sudah banyak koran  yang beralih ke digital. Walaupun jaman sudah semakin berkembang, karya seni karikatur masih tetap populer seperti dulu, hanya saja fungsinya yang sedikit berubah. Jika dulu karikatur digunakan untuk menyampaikan aspirasi secara humor, kini karikatur lebih dinikmati sebagai karya seni seperti layaknya lukisan dan sketsa.

Karya seni karikatur biasanya dibuat secara manual dan sudah banyak penyedia jasa menggambar karikatur dari foto yang kita inginkan. Bahkan ditempat wisata juga banyak jasa pembuatan karikatur yang bisa kamu bawa pulang langsung hasilnya. Biasanya sih karikatur ini dijadikan hadiah ulang tahun atau bahkan wisuda. Keterampilan membuat karikatur memang tidak dimiliki semua orang. Ada yang bisa karena memang sudah berbakat dan ada pula yang mempelajarinya dengan tekun. Jika kamu ingin belajar membuat karikatur tapi tidak memiliki waktu banyak, kamu bisa loh membuatnya dengan photoshop.

CARA MEMBUAT KARIKATUR WISUDA DENGAN PHOTOSHOP

Kali ini saya akan membagikan ilmu tentang bagaimana cara membuat karikatur wisuda dengan photoshop. Yuk langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini.

LANGKAH 1

Langkah pertama yaitu pastikan Adobe Photoshop sudah terinstall di laptop kamu ya guys. Kemudian siapkan juga foto yang akan kamu buat karikatur. Jika semua sudah siap, langsung saja buka photoshop seperti biasa, kemudian buka foto yang sudah kamu siapkan dengan klik pada menu bar File > Open, atau cukup drag foto tersebut dari tempat penyimpanan ke photoshop.

Kemudian pada panel layers, hilangkan gambar gembok pada layer Background dengan cara klik dua kali > Klik OK ketika ada dialog muncul.

LANGKAH 2

Langkah selanjutnya yaitu menghilangkan background. Pertama-tama pilih Polygonal Lasso Tool pada toolbox.

Kemudian seleksi foto dan akhiri dengan enter. Hasil seleksi akan seperti gambar berikut.

Kemudian klik kanan > Select Inverse.

Dengan begitu kini area yang diseleksi adalah bagian background. Selanjutnya buat seleksi menjadi lebih halus dengan klik kanan > Feather, ketika muncul dialog isi dengan angka 1 lalu OK.

           Kemudian tekan Delete untuk menghilangkan background.

LANGKAH 3

Langkah selanjutnya yaitu memisahkan gambar kepala. Caranya seleksi bagian kepala dengan Polygonal Lasso Tool.

Kemudian tekan CTRL + SHIFT + J, maka bagian kepala akan menjadi layer sendiri. Untuk memudahkan, ubah nama layer menjadi kepala dan badan.

LANGKAH 4

Selanjutnya kecilkan bagian badan dengan cara CTRL+T, kemudian kecilkan sambil menekan SHIFT, lalu Enter.

Besarkan juga bagian kepala dengan cara yang sama.

Baca Juga : Panduan Menambahkan Lens Flare atau Kilauan Cahaya di Photoshop

LANGKAH 5

Langkah berikutnya yaitu aktifkan layer Kepala dan tekan CTRL+T.

Kemudian klik Edit > Puppet Warp.

Buatlah titik pada 5 bagian berikut dengan cara mengkliknya.

Kemudian geser titik-titik itu hingga bentuknya menjaid seperti ini dengan ciri khas karikatur yang memiliki pipi bawah yang lebih lebar.

Untuk menyempurnakannya bisa kita gunakan liquify. Klik Filter > Liquify.

Kemudian drag pada bagian yang ingin ditarik. Jika sudah klik OK

Nah, hasilnya kan seperti ini guys.

Baca Juga : Tutorial Cara Membuat Tulisan 3D di Photoshop

LANGKAH 6

Langkah terakhir adalah menambahkan background dan hasil akhirnya akan terlihat seperti ini.

hasil karikatur wisuda dengan photoshopItulah tadi cara membuat karikatur wisuda dengan photoshop. Mudah kan? Dengan memahami tutorial photoshop diatas, diharapkan kamu jadi lebih tahu tentang fungsi tools pada photoshop. Jika sudah mahir membuat karikatur seperti diatas, kamu bisa loh menjadikannya sebagai usaha pembuatan karikatur wisuda. Lumayan kan bisa menambah uang jajan?

Demikian artikel tentang cara membuat karikatur wisuda dengan photoshop. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi kamu dalam memulai usaha jasa desain. Selamat belajar!

Leave A Reply

Your email address will not be published.