Tempatnya Ilmu Internet

Panduan Menambahkan Lens Flare atau Kilauan Cahaya di Photoshop

Pernahkah kamu memperhatikan sebuah foto atau video dengan seksama? Bila kamu melihanya dengan teliti, biasanya terdapat kilauan cahaya didalamnya. Biasanya kilauan cahaya ini berasal dari pantulan datangnya cahaya ke lensa kamera. Jika terdapat kilauan cahaya atau lens flare, biasanya gambar akan lebih artistik dan terlihat bagus. Lalu sebenarnya cara menambahkan lens flare atau kilauan cahaya di photoshop lho, dengan efek ini kamu bisa membuat efek foto terkesan lebih menarik.

Tapi tahukah kamu kalau efek kilauan cahaya yang biasa kamu lihat kebanyakan juga berasal dari proses editing terlebih dahulu. Software yang digunakan untuk menambahkan efek lens flare tentu saja Adobe Photoshop.  Seperti yang kita tahu bahwa photoshop memang aplikasi wajib bagi para fotografer untuk membuat foto menjadi lebih menarik.

Eits, siapa bilang hanya fotografer profesional saja yang bisa membuat  foto dengan efek lens flare, kamu juga bisa loh membuatnya sendiri dirumah. Kebetulan kali ini saya akan membagikan tutorial desain menambahkan lens flare atau kilauan cahaya di photoshop. Tidak perlu khawatir jika kamu masih belum begitu memahami photoshop, karena tutorial yang akan saya bagikan berikut ini akan mudah dipahami bahkan oleh orang awam sekalipun. Yuk langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini!

CARA MENAMBAHKAN LENS FLARE ATAU KILAUAN CAHAYA DI PHOTOSHOP

Cara menambahkan kilauan cahaya di photoshop bisa kamu lakukan sendiri lho, berikut caranya.

LANGKAH 1

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah persiapkan laptop atau komputer yang didalamnya sudah terinstall Adobe Photoshop. Kemudian siapkan juga foto yang akan kamu beri efek lens flare. Jika semua sudah siap, buka photoshop seperti biasa. Lalu buka foto tadi sudah disiapkan dengan cara klik File > Open, atau cukup drag saja dari tempat penyimpanan ke photoshop.

LANGKAH 2

Langkah berikutnya yaitu menambahkan lens flare. Caranya pada menu bar klik Filter > Render > Lens Flare.

Kemudian akan muncul dialog seperti gambar berikut. Disana ada beberapa jenis lens flare yang bisa kamu pilih sesuai selera. Masing-masing lens flare memiliki perbedaan bentuk dan persebaran cahayanya. Disini saya menggunakan yang pertama yaitu 50 – 300 mm Zoom. Lens flare yang saya pilih ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan biasan warnanya agak merah muda. Kamu juga bisa mengatur letak lens flare dengan klik pada area yang diinginkan pada dialog. Kemudian atur juga tingkat brightness secukupnya agar terkesan alami dan tidak berlebihan.

membuat efek pantulan cahaya di photoshop

Kemudian hasilnya akan seperti gambar berikut ini. Terlihat jelas perbedaannya bukan? Sebelum diberi lens flare, foto terlihat biasa saja dan terkesan polos. Setelah diberi efek lens flare, foto menjadi terlihat lebih manis, apalagi kilauan cahayanya terlihat sangat alami dan sangat menambah suasana pada foto. Nah, begitulah fungsi editing pada foto sob. Walaupun kita hanya menambahkan sedikit polesan, gambar yang dihasilkan bisa lebih menarik.

Baca Juga : Cara Membuat Poster dengan Photoshop

Itulah tadi menambahkan lens flare atau kilauan cahaya di photoshop. Mudah bukan? Teknik menambahkan lens flare tadi adalah sebagian kecil teknik editing yang photoshop sediakan untuk para penggunanya. Terhitung ada banyak sekali teknik serupa yang bisa membuat fotomu menjadi lebih menarik dan wajib kamu pelajari satu persatu. Dengan begitu, kamu akan semakin terbiasa dalam menggunakan aplikasi photoshop ini dan makin penasaran untuk belajar teknik desain lain.

Demikian artikel tentang tips mudah membuat kilauan cahaya di photoshop. Jika ilmu tadi bermanfaat, kamu bisa share artikel ini melalui akun sosial mediamu agar lebih banyak orang yang membacanya. Semoga artikel tadi dapat manambah wawasan dan bermanfaat. Selamat belajar desain!

Leave A Reply

Your email address will not be published.