Tempatnya Ilmu Internet

Pengertian, Cara Membedakan Wifi Indoor dan Outdoor

Access point atau orang lebih banyak menyebutnya Wifi, merupakan salah satu media untuk menghubungkan perangkat satu dengan lainnya, tanpa menggunakan kabel. secara umum, ada 2 jenis wifi atau access point yang ada dipasaran. Lalu bagaimana cara membedakan wifi indoor dan outdoor ? Secara pengertian harfiah, wifi indoor merupakan wifi yang dipasang dan cakupannya hanya satu ruangan, sedangkan wifi outdoor cakupannya lebih luas.

Meski sekarang ini penggunaan internet meluas dengan banyaknya bangunan yang sudah dipasang Wifi, baik yang bersifat rumahan atau gedung perkantoran, masih banyak orang yang belum mengerti beberapa seluk beluk mengenai Wifi itu sendiri. Seringkali banyak orang yang belum memahami mengapa tiap rumah atau bangunan memiliki perangkat jaringan yang berbeda. Perangkat wifi sendiri terpasang di berbagai macam tempat, mulai dari di dalam bangunan (indoor) hingga luar bangunan (outdoor).

Baik Wifi indoor maupun outdoor memiliki pengertian dan cara kerja dan prinsip yang sama yakni untuk memberikan akses internet dan pengiriman data kepada pengguna. Wifi (wireless fidelity) pada dasarnya memiliki pengertian media komunikasi tanpa kabel yang dapat melakukan komunikasi, transfer data, dan keperluan lainnya untuk jaringan wireless local area network  (WLAN). Wifi bisa dibilang cukup mudah dan memiliki kemampuan yang cukup baik dan cepat karena wifi bekerja dengan menggunakan gelombang frekuensi radio.

Karena kemudahan inilah wifi sekarang banyak dipasang di berbagai tempat, yang mana dibagi dalam dua tipe yakni wifi indoor dan outdoor. Dikarenakan masih banyak orang yang belum memahami dan membedakan hal ini oleh sebab itu dalam tulisan ini kami memberikan penjelasan mengenai pengertian wifi indoor dan outdoor serta bagaimana cara membedakannya.

Pengertian

Pengertian Wifi Indoor dan cirinya

access point indoor

Wifi Indoor sesuai namanya memiliki pengertian sebuah perangkat wifi yang berfungsi untuk menghubungkan suatu komputer/perangkat sejenis ke internet yang dipasang di dalam ruangan.Wifi indoor memiliki ciri cakupan yang cukup kecil dan memiliki sinyal yang tidak terlalu kuat karena terhalang oleh dinding bangunan dan jarak tertentu. Untuk mengakses internet biasanya access point (atau dikenal dengan wifi hotspot) dipasang di lokasi strategis dalam bangunnan yang memungkinkan orang menjangkau wifi hotspot tersebut dengan mudah dan nyaman.

Pengertian Wifi Outdoor dan cirinya

access point outdoor

Pengertian wifi outdoor sendiri ialah perangkat wifi yang dipasang di area terbuka dan luas dengan tujuan untuk menyebarkan akses internet pada jangkauan yang luas. Jika wifi indoor dipasang di dalam bangunan atau dekat bangunan maka wifi indoor memiliki ciri berbeda dengan pemasangannya yang berada di tempat tinggi, terbuka, dan menggunakan perangkat tambahan seperti tower untuk pemasangannya.

Baca Juga : Pengertian Modem, Cara Kerja dan Fungsinya

Perbedaan Wifi Indoor dan Outdoor

Berdasarkan kedua pengertian dan ciri di atas, ada beberapa perbedaan yang dapat diketahui dari wifi indoor dan outdoor, untuk membedakan wifi indoor dan outdoor anda dapat memahami dalam beberapa kriteria berikut :

  • Jarak Wifi

Perbedaan mendasar dari wifi indoor dan outdoor adalah jarak jangkauan wifi. Wifi indoor memiliki jarak jangkauan yang cukup kecil dibandingkan wifi outdoor, jika anda menemui wifi yang memiliki jarak hanya satu bangunan itu saja sudah dipastikan itu wifi indoor. Sedangkan wifi outdoor memiliki jangkauan cukup luas bahkan dalam hitungan KM.

  • Alat Yang Digunakan dan Bentuknya

Dikarenakan jarak jangkauan yang berbeda tentu alat yang digunakan berbeda dan memiliki bentuk yang berbeda. Wifi Indoor memiliki peralatan yang cukup sederhana (hanya aceess point dan kabel) dan tidak banyak dibandingkan wifi outdoor yang memiliki bentuk yang berbeda dan diberi tambahan alat lainnya.

  • Adanya Bangunan dan Alat Tambahan

Sesuai poin sebelumnya, bahwa wifi indoor yang hanya dipasang di dalam ruangan tidak memerlukan bangunan atau alat tambahan, hanya berupa kotak access point dan kabel sudah cukup untuk mengakses internet. Sedangkan wifi outdoor memiliki perbedaan adanya tambahan bangunan berupa tower dan alat seperti antena dan penangkal petir untuk dapat mengakses internet dengan aman dan nyaman.

  • Biaya Pemasangan

Semakin rumit pemasangan, semakin mahal harga pemasangan. Biasanya pemasangan wifi indoor (di rumah atau bangunan) memiliki biaya lebih murah dibandingkan wifi outdoor yang lebih mahal.

Jika di rupiahkan, mungkin untuk biaya pemasangan access point (Wifi) indoor mulai dari 300 ribu/pcs, sedangkan access point outdoor biasanya mempunyai harga diatas 1 juta.

Baca Juga: Cara Mengetahui Password Wifi di Laptop yang Terhubung dengan Wifi

Demikian tulisan kami mengenai pengertian wifi indoor dan outdoor beserta cara membedakannya, semoga dengan tulisan kami membuat anda dapat membedakan dalam membedakan mana wifi indoor dan outdoor.

Leave A Reply

Your email address will not be published.