Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Cara Menghapus / Menguninstall WordPress dari cPanel Softaculous

Bila kita sebelumnya sudah mempunyai blog wordpress yang ingin di hapus / di unsinstall dari cPanel Softaculous sebenarnya cukup mudah dan simple, tapi buat blogger pemula seperti saya ini mungkin agak kebingungan bagaimana caranya menghapus wordpress yang sudah kita install agar baru lagi, atau mungkin blog wordpress yang lama banyak bugg dan error, males untuk memperbaiki langsung di install ulang aja (kayak windows aja ya.. :D). atau untuk keperluan laen seperti ingin boyongan ganti hosting baru, secara otomatis blog yang lama harus di hapus dulu.

Untuk menghapus atau bahasa kerennya menguninsall CMS WordPress berikut penjelasannya.

1. Silahkan masuk ke halaman cPanel anda, kemudian di bagian bawah pada bagian Software /Services sobat pilih software yang dulu di pake install wordpress pada saat pertama (biasanya kalau ndak pake Fantastico De Luxe ya Softaculous) disini saya contohin menggunakan Softaculous jadi sobat pilih Softaculous

cpanel wordpress

2. Pada menu awal tampilan Softaculous di bagian kanan atas, sobat pilih menu All Instalations.

3. Tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan alamat blog wordpress yang sudah kita gunakan (jika tidak ada URL alamat blog yg kita maksud berarti kemungkinan sobat dulu nginstallnya pake yang Fantastico De Luxe) kemudian pilih Remove (X) di alamat URL blog sobat.

cara menghapus alamat blog wordpress

4. Maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, anda centang semua dan pilih button Remove Instalations

cara menghapus instalasi wordpress

5. Tunggu beberapa saat dan jika behasil maka akan muncul pesan “The Instalations was removed succesfully

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

52 Replies to “Cara Menghapus / Menguninstall WordPress dari cPanel Softaculous”

  1. wah ini yg saya cari…hihi maklum lum mahir di wordpress banyak error pengen hapus dan ganti web lagi. thx ya gan infonya!!!

  2. thaks ya gan infonya.. sangat bermanfaat buat saya dan org lain yg ingin menegtahui tentang seputeran WordPress.. Mmapir juga yuk ke blog saya, saya juga prnah menulis ttg WordPress, MySQL dll

  3. boss, saat aku install dulu pake fantastico tapi sekarang udah gak pake lagi cuman ada SOFT aja. terus gimana cara uninstall wordpressnya ya. sorry OOT…hehe…

    1. @grookh : hampir sama kayak di cara diatas sob, cumak pas di cPanelnya pilih yg Fantastico, utk hapus databasenya dll sama kayak cara diatas.

  4. Makasih banget infonya. Barusan sukses menghapus blog WP mengikuti cara ini, tapi konten ikut hilang semua. Untung baru blog baru sebulan. Gara2 salah setting theme. Sekalian tanya bagaimana cara menyelamatkan konten saat menghapus WP. Trims.

    1. @Olvie : whehehe, sama2 sob.
      sangat di sayangkan klo kontentnya ikut dihapus, buat pembelajaran kedepannya sebelum remove blog / web sebaiknya di backup dulu contentnya dgn meng extract+mendownload (wp-content + database) dr cPanel, kemudian baru dihapus.
      untuk detailnya silahkan di lihat sob
      https://ilmuonline.net/cara-pindah-hosting/

    1. @Malum : ndak ada fantastico, masih ada softacolous bro.. jadi ndak masalah.. 😀
      fungsinya sama.

  5. ma kasih gan infonya, ane udah terbiasa pake fantastico, pas nyoba pake softaculous trus error, bingung gmna uninstalnya.. .

    1. @Tantan : sama2 sob, utk penjelasannya udah ada di artikel atas. Thanks juga udah mampir

  6. maaf gan mau tanya kalo misal saya udah uninstall wordpress di softaculous trus mau install di softaculous lagi tapi domainnya sama bisa ga ya ?? maaf masih newbie soal web

  7. Kebetulan saya lagi mau pindah hosting, ternyata harus di uninstall dulu di hosting yang lama ya? baru tau saya, maklum masih belajar, dan terimakasih untuk artikel nya mas cukup membantu

    1. @pratama : sebenarnya ndak harus di uninstall dulu, cuman kan klo di hosting lama ndak di uninstall eman2 space bandwithnya, jadi dari pada ndak kepake (krn sdh pindah di host baru) maka alangkah baiknya di uninstall.
      seperti itu.

    1. @Wira Merahh : Selagi sub domain tidak menggunakan cara-cara “black/agc/spamming” saya kira baik-baik saja, tidak masalah dengan domain utamanya.

  8. Thanks sudah berbagi. Softaculous memang mempermudah install pre swoftare yg sudah ada di cpanel. Sebelumnya tanpa ini kita harus upload dan bikin database manual. Tapi sebelum menginstal cms nya pastikan disk masih cukup.

  9. pingin unistall wp lagi tp databasenya tetep pakai yang lama. Jika nama database lamanya tidak berhuruf awal wp_** apakah bisa direstore setelah reinstal worpress-nya gan?

    1. @badrun : nama database ndak harus di awali wp_**, sy sendiri untuk alasan keamanan ndak pernah nginstall WP dengan nama awalan db wp_

  10. Terimakasih pak Ilmunya sangat bermanfaat. Saya lagi browsing terkait dengan cara menghapus domain permanen. Eh nemu punya bapak. Tipsnya luar biasa mantab pak.

  11. Selamat pagi. Terimakasih artikel cara menghapus/menguninslal ulang wordpressnya Gan. website wordpress saya error kena galat plugin. Pusing cari artikel cara menguninstal . ada tapi pada ribet ikutin panduannya. Tapi untung temukan artikel ini. artikelnya simple tapi manjur. Se x saya praktekan langsung tokcer alias sukses. Terimakasih banyak Gan.

    1. @hadziq : Agar bisa tersambung dgn blogspot, setting DNSnya..
      di domain copykan DNSnya, di blogspot masukkan DNS dr menu setting >> redirect..
      Utk lebih jelasnya googling aja, “cara redirect blogspot ke domain”
      Sudah banyak yg njelasin

  12. terimakasih atas panduannya ya gan, saya akan coba ikuti mudah2an berhasil, soalnya saya punya website yang entah kena retas atau apa? title dan desc, berganti ke bahasa jepang padahal website saya itu sudah halaman pertama urutan ke 2, sayang sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *